No Seri Ban Truk: Penjelasan & Cara Membaca

Saat membeli ban, termasuk untuk armada muatan besar macam truk, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah no seri ban truk tersebut. Dalam kode tersebut, memberikan informasi lebih banyak seputar indeks beban truk, peringkat kecepatan hingga ukurannya. 

Nah, informasi tentang berbagai sifat ban untuk aplikasi tertentu ditunjukkan pada setiap model dalam bentuk berbagai tanda pada dinding samping. Bagaimana cara membacanya? Simak informasinya berikut ini.

Cara Membaca Nomor Seri Ban Truk

Nomor Seri Ban Truk

Jika Anda mengamati ban dengan saksama, Anda akan menemukan banyak sekali informasi no seri ban. Mulai dari nama produsen hingga ukuran serta peringkat beban yang tertera di dinding samping. 

Pada dinding samping, Anda akan menemukan jenis, lebar, rasio aspek, konstruksi, peringkat roda, indeks beban, dan peringkat kecepatan. Anda dapat mengidentifikasi nilai-nilai tersebut berdasarkan posisi relatif satu sama lain dan berapa banyak angka atau huruf yang dimilikinya. 

Beberapa informasi mungkin juga merujuk pada informasi untuk tingkat traksi dan suhu. Misalnya, tingkat traksi AA berkinerja terbaik dalam kondisi basah, dan kelas-kelasnya menurun dalam kategori AA, A, B, dan C. Kategori suhu merujuk pada seberapa baik ban menghilangkan panas pada berbagai kecepatan. 

Komponen yang diberi peringkat A berkinerja baik pada kecepatan lebih dari 115 mph. Ban dengan peringkat B beroperasi paling baik antara 100 mph dan 115 mph. Sementara ban C menghilangkan panas paling baik pada kecepatan antara 85 mph dan 100 mph.

Bagian pertama yang harus dicari adalah rangkaian huruf dan angka yang mungkin dimulai dengan P, LT atau tanpa huruf. Misalnya, P235/75R15 atau LT215/65R15. Produsen memasukkan banyak informasi ke dalam kode alfanumerik ini. Yakni jenis ban, lebar, rasio aspek, konstruksi, dan diameter ban.

Di samping kode yang diperluas ini, Anda juga akan melihat indeks muatan dan peringkat kecepatan, yang keduanya harus Anda ketahui untuk menemukan ban yang tepat bagi truk kerja Anda yang bermuatan.

Misalnya nomor seri ban P215/60R16 94V. Maka, artinya adalah sebagai berikut: 

  • “P” berarti penumpang.
  • Huruf lain yang mungkin Anda lihat adalah:
  • LT: Truk Ringan
  • ST: Trailer Spesial
  • T: Sementara (ban serep)
  • Huruf NO di awal deskripsi ukuran menunjukkan bahwa ban tersebut adalah Euro-Metrik. Perbedaan terbesar pada ban Euro-Metrik adalah perbedaan dalam kapasitas menahan beban.
  • “215” merupakan lebar ban dari dinding samping ke dinding samping lainnya. Semakin besar angkanya, semakin lebar bannya.
  • “60” adalah rasio aspek. Ini adalah tinggi dinding samping resmi yang ditampilkan sebagai persentase lebar bagian.
  • “R” adalah konstruksi radial. Ini adalah standar industri untuk ban mobil penumpang dan truk.
  • “16” berarti ban ini dirancang agar pas pada velg dengan diameter 16 inci.
  • Angka ini penting jika Anda berencana untuk meningkatkan ukuran roda Anda. Jika diameter roda Anda berubah, Anda harus membeli satu set ban baru yang sesuai dengan diameter baru tersebut.
  • “94” adalah indeks beban ban. Ini adalah ukuran seberapa banyak beban yang dapat ditanggung setiap ban. “94” menunjukkan berat maksimum 1.477 pon per ban. Pastikan Anda mengalikan kapasitas beban Anda dengan 4 untuk mendapatkan total kapasitas untuk satu set ban yang lengkap.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Truck Monitoring System?

Penjelasan No Seri Ukuran Ban Truk

ukuran ban truk

Ukuran ban truk biasanya diawali dengan huruf yang menunjukkan jenisnya dan diakhiri dengan angka dua digit yang menunjukkan ukuran pelek. Di antara bagian-bagian ini, Anda akan melihat informasi tambahan tentang ukuran dan konstruksi ban. Simak masing-masing penjelasan ukuran ban truk berikut.

1. Jenis Ban untuk Kendaraan

Huruf pertama menunjukkan jenis kendaraan yang harus dipasangi ban. P menunjukkan kendaraan penumpang atau truk ringan. Umumnya, ban ini memerlukan tekanan yang lebih rendah daripada yang lainnya. LT menunjukkan truk tugas ringan, tetapi ban ini sering kali menyertai truk pikap 3/4 dan satu ton yang lebih besar. 

Jika tidak ada huruf di awal, ban tersebut adalah ban Euro-Metrik, yang biasanya digunakan pada kendaraan penumpang. Dalam contoh P235/75R15, P berarti ban ini cocok untuk kendaraan penumpang.

2. Lebar Dinding Samping

Perhatikan tiga angka setelah huruf atau tiga angka pertama di depan tanda garis miring jika ban Anda tidak memiliki huruf di awal. Angka-angka ini menunjukkan ukuran lebar dari dinding samping ke dinding samping dalam satuan milimeter.

Sebagian besar ukuran berasal dari sistem metrik, terlepas dari perusahaan pembuat produk tersebut. Contoh P235/75R15 memiliki lebar 235 milimeter antara dinding samping.

3. Rasio Aspek

Setelah tanda garis miring, Anda akan melihat angka dua digit. Nilai ini mengacu pada rasio aspek, yang merupakan persentase tinggi dinding samping terhadap lebarnya. Pada contoh P235/75R15, angka 75 adalah rasio aspek. Tinggi dinding samping ban ini diukur sebesar 75% dari lebar dinding samping.

4. Konstruksi 

Setelah rasio aspek, Anda akan melihat salah satu dari tiga huruf — R, B atau D. Huruf ini memberitahu Anda tentang konstruksi ban. Huruf R menunjukkan radial, yang memiliki kabel internal terletak pada sudut 90 derajat terhadap garis tengah ban .

Ban berikat memiliki huruf B untuk menunjukkan formatnya. Ban ini memadukan desain diagonal bias-ply dengan sabuk tambahan di dalam konstruksinya. Meskipun jarang, ban ini memiliki aplikasi pada beberapa truk off-road, trailer, dan kendaraan antik.

Untuk contoh yang digunakan, P235/75R15, R berarti konstruksinya radial.

5. Diameter Roda

Sementara lebar dinding samping menggunakan milimeter, diameter roda, digit terakhir setelah huruf konstruksi,  menggunakan inci. Semakin besar angka di sini, semakin besar ukuran roda.

Jika Anda mengganti pelek, Anda juga perlu mengganti ban agar pas. Berhati-hatilah saat mengganti ukuran roda karena roda yang lebih besar memengaruhi pengendalian kendaraan.

Pada contoh P235/75R15, angka 15 di akhir berarti Anda harus memasangnya pada roda berdiameter 15 inci.

6. Indeks Beban dan Peringkat Kecepatan

Setelah informasi ukuran ban truk, Anda akan melihat dua angka dan satu huruf. Angka-angka tersebut menunjukkan peringkat beban, sedangkan huruf menunjukkan peringkat kecepatan.

Menggunakan P215/65R15 85H sebagai contoh, angka 85 menunjukkan indeks beban, yang juga disebut peringkat lapis ban, dan H adalah peringkat kecepatan, yang menunjukkan kecepatan maksimum yang harus Anda gunakan untuk ban tersebut. Kecepatan ini berkisar antara 3 mph hingga 186 mph.

Nah, itulah penjelasan seputar no seri ban truk. Setelah memastikan memilih ukuran yang tepat, Anda perlu menjaga agar komponen tersebut tahan lama. Salah satunya memanfaatkan perangkat GPS tracker agar memberikan koordinat jalur dengan medan lebih baik.

Dapatkan perangkat GPS tracker lewat situs GPSKU. Kunjungi websitenya sekarang juga untuk temukan penawaran menarik dan informasi lebih lengkap.

Artikel terkait :

claim promo pengguna baru

Special PRICE!

CLAIM DISCOUNT NOW

Dapatkan promo special pembelian GPS Tracker untuk Pengguna Baru. Klik dibawah ini