Estimasi Biaya Service AC Mobil Tidak Dingin & Rinciannya

Danu Wibisono

biaya service ac mobil tidak dingin

Masalah AC mobil yang tidak dingin sering kali membuat pengendara kesal, terutama di cuaca panas. Namun, penyebabnya bisa bermacam-macam, dari kehabisan freon, kipas lemah, hingga kondensor bermasalah. 

Di sini kami akan membantu Anda memahami setiap kemungkinan kerusakan serta rincian biaya service AC mobil tidak dingin yang umumnya dikenakan di bengkel. Namun perlu diingat angka di bawah ini hanya berupa perkiraan karena setiap bengkel tentu memberlakukan kebijakan biaya yang berbeda-beda.

1. Kehabisan Freon 

harga freon AC mobil Avanza

Penyebab AC mobil tidak dingin yang paling sering terjadi adalah kehabisan freon. Harganya sendiri dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu jenis freon yang digunakan dan merek mobil. 

Misalnya:

  • Freon R134a untuk mobil keluaran lama: Rp150.000–Rp300.000 per kaleng. 
  • Freon R32 yang lebih ramah lingkungan: Rp200.000–Rp400.000 per kaleng.
  • Freon HFO-1234yf yang paling modern: Rp1 jutaan per kaleng. 

Selain itu, merek mobil seperti Toyota dan Daihatsu cenderung memiliki biaya standar, sedangkan Honda sedikit lebih mahal karena sistem pendinginnya lebih kompleks. 

Jadi untuk Anda yang mencari tahu harga freon AC mobil Avanza, dari informasi di atas paling tidak Anda perlu menyediakan bujet Rp200.000 hingga Rp400.000.

2. Evaporator Kotor dan Berdebu

Biaya service evaporator AC mobil

Faktor lain yang menentukan biaya service AC mobil tidak dingin adalah evaporator. Apabila bagian ini penuh debu, bukan hanya bikin AC tidak dingin, tapi kotoran juga masuk lewat sirkulasi udara. Kondisi akan lebih parah kalau filter AC sudah kotor atau rusak.

Akibatnya, permukaan evaporator tertutup kotoran sehingga udara dingin tidak bisa mengalir dengan optimal. Bahkan yang lebih buruk lagi AC mobil bisa keluar asap

Untuk mengatasinya teknisi akan melakukan cleaning evaporator serta pengecekan filter kabin. Biaya service evaporator AC mobil, umumnya mencapai: 

  • Pembersihan evaporator: Rp250.000 – Rp450.000
  • Ganti filter kabin (opsional): Rp100.000 – Rp200.000
  • Penggantian baru: Rp700.000 – Rp3.000.000 

3. Freon Bocor

Biaya Service AC Mobil Tidak Dingin

Freon yang bocor sering ditandai oleh selang AC yang tampak berdebu menempel atau berminyak. Kondisi ini sering terjadi di sambungan-sambungan pipa, dari kompresor menuju kondensor atau sebaliknya. 

Saat freon bocor, tekanan AC turun dan udara yang keluar dari blower jadi tidak dingin. Solusinya adalah mengganti selang atau o-ring yang bocor sebelum mengisi freon baru. Apabila ini adalah masalahnya, maka biaya service AC mobil tidak dingin berkisar: 

  • Ganti o-ring: Rp50.000 – Rp100.000 per titik
  • Ganti selang AC: Rp300.000 – Rp800.000 per unit
  • Isi ulang freon R134a: Rp150.000 – Rp300.000

4. Magnet Kompresor Lemah atau Rusak

harga service AC mobil

Magnet kompresor (magnetic clutch) berfungsi untuk menghubungkan dan memutus putaran kompresor. Ketika magnet melemah, kompresor tidak bisa bekerja maksimal terutama saat mesin panas. Dampaknya, AC terasa kurang dingin atau bahkan mati  sama sekali.

Pada situasi ini teknisi perlu mengganti komponen magnet agar kompresor kembali berfungsi normal lagi. 

Perkiraan harga service AC mobil untuk kerusakan ini, yakni:

  • Perbaikan ringan (bongkar-pasang dan pembersihan): Rp150.000 – Rp250.000
  • Ganti magnet kompresor: Rp600.000 – Rp2.000.000

5. Kompresor AC Lemah atau Tekanan Turun

biaya service AC mobil

Kompresor yang sudah aus tidak mampu menghasilkan tekanan optimal. Tekanan normal biasanya di atas 10–15 PSI pada sisi tekanan rendah. Kondisi tersebut akan mengganggu sirkulasi freon sehingga udara yang keluar tidak lagi terasa sejuk.

Di bengkel umumnya teknisi akan mengecek tekanan sistem AC menggunakan perangkat khusus manifold gauge. Jika tekanan lemah dan suara kompresor kasar, artinya kompresor perlu penggantian atau rekondisi. 

Beberapa pekerjaan yang diperlukan dan biaya service AC mobil untuk masalah ini:

  • Servis ringan kompresor (ganti seal, isi oli, dan pembersihan): Rp400.000 – Rp700.000
  • Ganti kompresor baru (OEM): Rp1.500.000 – Rp3.500.000
  • Isi freon dan oli kompresor: Rp250.000 – Rp400.000

Untuk mobil Eropa atau premium seperti BMW, Mercedes, dan sejenisnya, biaya service AC bisa di atas Rp5 jutaan.

6. Kondensor Kotor atau Bocor

biaya service AC tidak dingin

Kondensor berfungsi untuk melepaskan panas dari freon. Jadi jika komponen ini tersumbat debu, kotoran, atau mengalami kebocoran, maka proses pendinginan  tidak optimal.

Masalah lain yang sering terjadi pada kondensor adalah ketika ada udara (oksigen) terjebak dalam sistem, sehingga menimbulkan embun air di kondensor yang mempercepat korosi.

Sebelum memutuskan mengganti kondensor, biasanya teknisi akan membersihkan kondensor secara hati-hati. Tapi jika bocornya sudah terlalu parah atau rusak parah, Anda perlu ganti kondensor baru agar sirkulasi freon kembali lancar. 

Pekerjaan dan estimasi biaya service AC tidak dingin ini adalah:

  • Cuci kondensor: Rp150.000 – Rp250.000
  • Tambal bocor ringan: Rp200.000 – Rp350.000
  • Ganti kondensor baru: Rp800.000 – Rp3.000.000

7. Kipas Kondensor Lemah atau Tidak Berputar

service AC mobil berapa bulan sekali

Kipas kondensor berfungsi mendinginkan kondensor agar freon bisa berubah dari gas ke cair dengan baik. Jadi jika komponen tersebut lemah atau mati, tekanan pada sistem AC akan meningkat, sehingga udara yang keluar dari ventilasi terasa panas.

Gejala yang umum terjadi AC tidak dingin saat mobil berhenti, tapi jadi dingin saat mobil berjalan cepat.

Pada kondisi tersebut umumnya teknisi akan mengecek kelistrikan motor fan kondensor dan memastikan putarannya kencang. Penggantian motor fan harus dilakukan apabila motor hanya berfungsi pada kecepatan. Estimasi biaya service AC mobil tidak dingin karena masalah ini berkisar antara:

  • Pengecekan dan reparasi ringan kabel atau relay fan: Rp100.000 – Rp200.000
  • Mengganti motor fan kondensor: Rp400.000 – Rp1.200.000

Perlu Anda ketahui, beberapa mobil memiliki dua kipas dan jika salah satu rusak, suhu kondensor juga akan cepat naik.

Tips Mudah Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

biaya service AC mobil tidak dingin

Anda tentu sudah tahu jika servis rutin adalah cara terbaik menjaga AC mobil tetap dingin. Tapi sebaiknya service AC mobil berapa bulan sekali? 

Simak jawabannya di sini plus beberapa tips agar AC mobil tetap awet dan sejuk:

1. Rajin Membersihkan Filter Kabin

Filter kabin yang kotor akan menghambat aliran udara dingin. Bersihkan atau ganti filter setiap 10.000–15.000 km.

2. Cuci Kondensor dan Ganti Oli Kompresor secara Berkala

Kotoran di kondensor bisa menyebabkan tekanan freon tidak stabil. Sementara oli kompresor perlu diganti agar kinerja kompresor tetap optimal.

3. Gunakan Fan Tambahan saat Diperlukan

Menambahkan kipas tambahan bisa menjadi solusi cepat untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk, terutama saat mobil berhenti lama atau di tengah cuaca panas ekstrem. Namun, solusi jangka panjang tetap perlu diperhatikan.

Mengetahui penyebab dan biaya service AC mobil tidak dingin membantu Anda mengatur anggaran perawatan dengan lebih efisien. Agar perawatan tidak terlewat, manfaatkan fitur Vehicle Maintenance Management dari GPSKU.

Fitur ini mengatur otomatis berbagai keperluan perawatan, termasuk AC. Dengan begitu, kendaraan tetap prima dan biaya service AC mobil tidak dingin bisa ditekan secara optimal. 

Perangkat ini juga direkomendasikan untuk Anda pemilik bisnis transportasi dan logistik, termasuk jasa sewa truk. Salah satunya untuk mendapat gambaran biaya service truk setiap bulan.

Segera beralih ke GPS tracker mobil GPSKU dan nikmati kemudahan dalam memantau serta merawat armada Anda secara profesional!

CTA

Related Post

No comments