Manajemen Logistik: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat

Kemudahan berbelanja secara online, dewasa ini membuat permintaan pengiriman barang kian meningkat. Alhasil, pemilik usaha berlomba-lomba untuk meningkatkan efektivitas manajemen logistik mereka. Hal ini penting karena berpotensi meningkatkan kepuasan pelanggan yang pada akhirnya berdampak bagus bagi kelangsungan usaha mereka.

Masalahnya, meningkatkan efektifitas manajemen logistik era globalisasi tidak mudah terutama jika menggunakan cara-cara konvensional. Itulah sebabnya perlu adanya teknologi modern dan peran AI dalam logistik agar tercipta efektifitas logistik secara menyeluruh dan terintegrasi.

Mari kita perhatikan lebih lanjut mengenai manajemen logistik dan informasi penting lainnya di sini.

Pengertian Manajemen Logistik

Pengertian manajemen logistik

Secara sederhana Anda dapat mendefinisikan apa itu manajemen logistik sebagai serangkaian kegiatan mulai dari perencanaan hingga barang sampai ke alamat tujuan. Proses ini melibatkan banyak aktivitas manajemen logistik yang saling berhubungan.

Kegiatan seperti transportasi, fasilitas logistik yang berupa gudang penyimpanan, manajemen inventaris dan pengepakan barang adalah contoh manajemen logistik. Dengan mengoptimalkan semua aktivitas tersebut, maka diharapkan dapat mencapai tujuan utama manajemen logistik.

Tujuan Manajemen Logistik

Tujuan manajemen logistik

Tujuan manajemen logistik secara umum adalah memastikan produk sampai alamat tujuan dengan tepat waktu dan dalam kondisi baik sehingga pelanggan puas.

Tentu saja pelaksanaannya secara efektif dan efisien agar hasilnya optimal, termasuk dalam segi biaya. Selain itu, manajemen logistik juga bertujuan untuk memastikan ketersediaan barang.

Simak penjelasan singkat mengenai apa saja tujuan manajemen logistik berikut ini:

Tujuan Spesifik

Dalam pelaksanaannya, ada tiga tujuan khusus yang ingin dicapai yaitu:

1. Tujuan Keuangan

Melaksanakan operasional dengan biaya serendah mungkin namun mencapai hasil seoptimal mungkin. Dalam hal ini diperlukan perencanaan dan pengelolaan dana yang baik agar dapat mencapai tujuan tersebut. Perusahaan dapat melakukan beberapa hal berikut untuk efektifitas biaya:

  • Pemilihan kendaraan logistik yang tepat.
  • Memilih lokasi gudang penyimpanan yang strategis agar mendukung proses bongkar muat dan pengiriman barang dengan baik.
  • Menentukan ukuran gudang yang sesuai dengan stok barang sehingga setiap ruang yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.
  • Mengatur rute perjalanan sehingga dapat mempercepat pengiriman. Selain itu, rute terbaik juga dapat dapat menghemat bahan bakar agar tujuan operasional ini dapat tercapai.

2. Tujuan Operasional

Memastikan ketersediaan barang maupun bahan baku sesuai kebutuhan agar tidak kehabisan maupun menyimpan stok terlalu banyak. Selain memperhatikan kuantitas barang, perusahaan juga harus memperhatikan kualitas agar pelanggan puas.

3. Tujuan Keamanan

Memastikan pasokan barang aman, tidak mengalami kerusakan maupun penyusutan nilai, aman dari pencurian dan penggunaan oleh oknum agar dapat mencapai tujuan utama perusahaan.

Tujuan Umum

Secara umum, manajemen logistik bertujuan untuk melaksanakan semua kegiatan logistik secara efektif dan efisien sehingga menguntungkan perusahaan.

Peran dan Fungsi Manajemen Logistik

Fungsi manajemen logistik

Pemahaman tujuan manajemen logistik di atas penting, karena dapat membantu meningkatkan keuntungan perusahaan. Selain itu, pemahaman tersebut juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mereka tetap memilih produk perusahaan tersebut.

Jadi, penting bagi perusahaan untuk mengimplementasikan dan melakukan fungsi logistic management  yang efisien. Hal ini penting karena perusahaan akan mendapat banyak keuntungan dari hal tersebut.

Berikut beberapa fungsi dari manajemen logistik yang perlu Anda cermati:

1. Perencanaan

Perencanaan merupakan hal penting dalam segala termasuk dalam manajemen logistik. Dalam hal ini fungsi perencanaan adalah memperkirakan ketersediaan produk agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Perencanaan juga menyangkut rencana semua kegiatan manajemen logistik agar nantinya pelaksanaannya dapat seefektif mungkin. Tentu saja semua rencana tersebut tetap memperhatikan dana yang tersedia sehingga tidak melebihi dana tersebut.

2. Menentukan Anggaran

Fungsi ini sangat berhubungan dengan perencanaan karena keduanya tidak dapat dipisahkan. Menentukan anggaran memerlukan pertimbangan yang matang agar nantinya pelaksanaan semua aktivitas manajemen logistik berjalan baik.

Apabila pelaksanaan tidak sesuai dengan dana yang sudah dianggarkan maka perusahaan dapat membuat beberapa perubahan atau penyesuaian.

3. Pengadaan Barang

Pengadaan barang harus sesuai dengan dana yang sudah dianggarkan agar semua dapat berjalan lancar. Dalam hal ini perusahaan perlu membuat skala prioritas agar fungsi ini tepat guna dan optimal.

4. Penyimpanan dan Inventaris

Fungsi ini penting karena berhubungan operasional harian dalam manajemen logistik. Pemilihan lokasi gudang penting karena berpengaruh terhadap waktu pengiriman barang. Hal ini juga berpengaruh terhadap proses bongkar muat barang agar lebih efektif dan efisien.

5. Pemeliharaan

Memilih gudang dengan kondisi prima juga penting agar keutuhan dan keamanan barang terjamin. Salah memilih gudang dapat berakibat data karena ada kemungkinan barang rusak karena faktor lingkungan.

6. Informasi dan Kontrol

Fungsi ini penting karena memungkinkan perusahaan mendapat data terkini dari proses rantai pasokan mereka. Dengan data tersebut mereka dapat melakukan analisa dan evaluasi agar menemukan metode terbaik dan paling efisien.

Disarankan untuk memanfaatkan teknologi terkini sehingga dapat mencapai tujuan dengan lebih optimal.

Manfaat Manajemen Logistik

Manfaat manajemen logistik

Menjalankan manajemen logistik yang efektif penting bagi perusahaan agar tetap dapat bersaing serta memastikan stabilitas perusahaan. Alhasil, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta meningkatkan kepuasan mereka.

Berikut beberapa manfaat manajemen logistik yang perlu Anda perhatikan:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan manajemen yang baik maka perusahaan dapat memberikan layanan secara efektif dan cepat. Alhasil, tingkat kepuasan pelanggan semakin meningkat. Pasalnya, masalah semacam pengiriman yang tertunda maupun kendala pada kendaraan dapat teratasi dengan baik.

Kepuasan pelanggan yang meningkat berakibat pada meningkatnya reputasi perusahaan sehingga membuka banyak peluang baru.

2. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Pelaksanaan manajemen yang efektif membuat operasional berjalan dengan baik sehingga setiap order dapat mereka selesaikan dengan optimal. Alhasil, kepuasan pelanggan meningkat yang berujung melakukan pemesanan berulang. Tentu saja hal ini bagus karena meningkatkan keuntungan perusahaan.

Manajemen yang baik juga memungkinkan pemilihan armada dan rute pengiriman terbaik sehingga dapat memangkas berbagai biaya yang tidak perlu.

3. Mengoptimalkan Biaya Operasional

Dengan manajemen yang baik maka seluruh operasional termonitor dengan baik termasuk dalam hal biaya. Perusahaan dapat memilih rute pengiriman terbaik dari data yang ada sehingga mengurangi biaya BBM.

Selain itu, perusahaan juga dapat memaksimalkan aset yang ada dan mengurangi biaya operasional dengan adanya pelaksanaan manajemen logistik yang efektif.

Biaya tersebut juga mencakup biaya dari kasus reverse logistics yaitu ketika pelanggan mengembalikan produk yang ia beli.

4. Proses Pengiriman Lebih Efektif

Manajemen yang baik akan membuat perusahaan mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan produktivitas pengiriman. Alhasil, produk yang terkirim tidak hanya tepat waktu tetapi juga aman.

5. Pemecahan Masalah Secara Efektif

Manajemen logistik yang baik akan membuat perusahaan dapat memecahkan berbagai masalah yang sering muncul. Pasalnya, semua kegiatan yang ada terdata dengan rapi sehingga memudahkan dalam merumuskan data dan mengantisipasinya.

Kesimpulan

Kesimpulannya, bahwa manajemen logistik adalah sebuah seluruh kegiatan yang terintegrasi dalam pengelolaan logistik sebuah perusahaan. Efektivitas pengelolaan manajemen tersebut penting agar perusahaan dapat berkembang dan maju pesat.

Namun, pengelolaan yang baik membutuhkan sarana dan alat yang memadai agar beroperasi secara optimal. Salah satunya Anda bisa memanfaatkan GPS Tracker dari GPSKU. Alat ini dapat membantu Anda melacak posisi mobil kendaraan saat melakukan pengiriman. Produk ini bisa Anda dapatkan di sini.

Itulah informasi lengkap mengenai manajemen logistik. Jangan lupa untuk optimalkan bisnis logistik Anda dengan menggunakan GPS Tracker ini.

contact-us-donk