logo mobile 2024

5 Penyebab Setir Mobil Tidak Lurus & Cara Memperbaiki

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa saat berkendara di jalan raya, setir mobil Anda sepertinya tidak berada di posisi tengah? Ini bisa menjadi masalah yang membuat frustasi dan berpotensi berbahaya jika tidak segera Anda atasi. Nah, ketahui penyebab setir mobil tidak lurus dan cara mengatasinya berikut.

Penyebab Setir Mobil Tidak Lurus

Penyebab setir mobil tidak lurus

Memiliki kemudi yang berada di tengah dengan benar sangat penting untuk pengalaman mengemudi yang lebih aman, mulus dan efisien. Jika Anda menyadari posisi setir mobil tidak lurus saat melaju, mungkin ada berbagai alasan yang menyebabkan masalah ini.

Yang paling sering terjadi adalah masalah spooring, keausan ban yang tidak rata, kegagalan teknis, penanganan, getaran roda dan modifikasi ketinggian berkendara. Sangat penting untuk mengatasi masalah ini dengan cepat agar kendaraan Anda tetap berjalan lancar dan menghindari kerusakan pada bagian lain.

“Setir mobil tidak lurus disebabkan oleh banyak faktor seperti suspensi yang buruk hingga dampak dari benturan keras. Jika tidak diperbaiki, kondisi ini bisa membahayakan aktivitas berkendara.”

Berikut adalah hal yang menyebabkan setir tidak lurus, beserta aspek terkait lainnya. Ketahui hal-hal berikut ini :

1. Benturan Keras

Benturan keras saat mengemudi dapat menyebabkan roda menjadi tidak sejajar. Jika Anda menginjak rem secara tiba-tiba dan mobil menabrak tepi jalan, lubang, atau pohon secara tiba-tiba, hal ini dapat mengganggu sistem suspensi roda komponen tersebut.

Kondisi tersebut bisa membuat kendaraan Anda mulai mengarahkan komponen tersebut ke satu arah. Hal yang sama juga mungkin terjadi setelah kecelakaan.

2. Suku Cadang Aus

Seiring waktu, suku cadang kendaraan Anda mungkin aus dan mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Suku cadang seperti pegas suspensi menjadi kendor dan aus, sehingga pelurusan roda mungkin tertarik ke satu sisi. Alhasil, kendaraan Anda akan mulai melaju secara tidak normal.

Untuk mencegah keausan yang berlebihan, bawalah kendaraan Anda untuk pemeriksaan servis rutin, dan kencangkan bautnya kapanpun diperlukan.

3. Modifikasi Ketinggian

Modifikasi ketinggian bisa menjadi salah satu penyebab lingkar komponen tersebut tidak lurus. Saat Anda memodifikasi ketinggian kendaraan Anda, sistem suspensi juga perlu Anda benahi agar sesuai dengan perubahan tersebut.

Sistem suspensi dirancang khusus untuk bekerja pada ketinggian tertentu. Jika Anda memodifikasi ketinggian kendaraan tanpa memodifikasi suspensinya juga, maka roda kendaraan Anda mungkin mengalami ketidaksejajaran yang serius.

4. Pegas Suspensi Buruk

Penyebab umum lainnya adalah pegas suspensi yang buruk. Pegas inilah yang menahan suspensi kendaraan Anda, dan jika sudah aus atau rusak maka dapat menyebabkan suspensi melorot. Suspensi yang kendur ini dapat membuat roda mengarah ke arah yang berbeda dan menyebabkan komponen tersebut menjadi tidak sejajar.

5. Salah Pasang Kemudi

Dalam beberapa kasus, komponen tersebut dapat Anda lepas dan pasang kembali karena alasan tertentu. Pada proses ini, ada kemungkinan seorang mekanik melakukan kesalahan dalam pemasangan sehingga menyebabkan komponen tersebut tidak berada di tengah saat melaju lurus. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati saat menyelaraskan komponen tersebut kembali ke posisi tengahnya.

Cara Memperbaiki Setir Mobil Tidak Lurus

Cara Memperbaiki Setir Tidak Lurus

Jika komponen tersebut sudah tidak lurus, penting untuk memperbaikinya sesegera mungkin. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki setir tidak lurus dengan ban.

1. Periksa Ban 

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan jika setir Anda tidak lurus adalah memeriksa ban Anda. Keausan yang tidak merata pada ban Anda bisa menjadi tanda keselarasan ban yang buruk. Dan jika Anda melihat ban Anda mengalami keausan yang tidak merata, ada baiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel untuk memeriksanya.

2. Cek Suspensi 

Hal lain yang harus Anda lakukan jika setir Anda tidak lurus adalah memeriksa suspensi Anda, termasuk memeriksa pegas, shock dan struts. Jika salah satu komponen tersebut aus atau rusak, hal ini dapat menyebabkan komponen tersebut menjadi tidak sejajar.

3. Spooring

Pemasangan roda kemudi yang buruk membuatnya tidak berada di tengah. Jika kendaraan Anda mengalami masalah terkait penyelarasan roda, maka kendaraan tersebut harus dilepas dan dipasang oleh spesialis penyelarasan roda profesional sesuai spesifikasi pabrikan.

Mereka menggunakan peralatan khusus untuk mengukur dan mengatur sudut kesejajaran roda kendaraan tanpa merusak unit kantung udara.

Apabila spooring komponen tersebut berjalan dengan benar, maka akan memberikan kontrol dan kemampuan manuver yang presisi. Sehingga dapat meningkatkan penanganan secara keseluruhan dan meningkatkan keselamatan pengemudi.

4. Ganti Bagian yang Aus

Terakhir, jika Anda memiliki suku cadang yang aus pada sistem komponen tersebut, maka sangat penting untuk menggantinya. Bagian-bagian tersebut antara lain kemudi, kolom dan rak dan pinion. Mengganti suku cadang ini mungkin mahal, tetapi penting jika Anda ingin sistem kemudi mobil Anda tetap berfungsi dengan benar.

Saat mengemudi di jalur lurus, masalah yang umum terjadi adalah pengemudi merasa setir mobil tidak lurus. Artinya, meskipun Anda melaju lurus, roda kemudi mungkin terlihat tidak berada di tengah.

Masalah ini dapat muncul karena berbagai faktor yang berkaitan dengan kesejajaran dan sistem suspensi kendaraan Anda. Dengan mengetahui penyebab utama di balik ketidaksejajaran tersebut, maka akan sangat penting untuk menjaga kondisi berkendara yang aman dan optimal.

Menjaga komponen kendaraan Anda tentu menjadi sebuah keharusan. Untuk memastikan Anda tidak terlewat jadwal perawatan, ada baiknya Anda memasang GPS Tracker Mobil dari GPSKU.

Salah satu fiturnya adalah untuk jadwal perawatan kendaraan. Jadi, Anda bisa tahu kapan harus pergi ke bengkel atau tidaknya. Yuk pasang GPS Tracker Mobil sekarang juga.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU