Menemukan ukuran ban truk yang tepat sangat penting. Pasalnya, ukuran yang tepat akan bergantung pada beban rata-rata pada angkutan unit Anda. Komponen yang tepat akan memberi Anda keamanan selama perjalanan. Simak lebih lanjut ulasannya di bawah ini!
Jenis Ban Truk Berdasarkan Posisi
Ada berbagai jenis ban armada untuk posisi poros yang berbeda. Jenis ini adalah kemudi, penggerak, dan gandengan. Komponen ini dirancang untuk bekerja secara optimal pada posisi poros tertentu.
1. Ban Poros Kemudi
Seperti yang disebutkan sebelumnya, ban armada kemudi dirancang untuk as roda depan armada Anda. Komponen ini menahan semua tekanan dan tekanan saat membelokkan kendaraan Anda.
Komponen ini dirancang khusus untuk as roda depan unit Anda. Pada posisi ini, mereka menahan semua tekanan dan tekanan saat membelokkan kendaraan Anda. Kemudian, akan menjadi komponen pertama yang Anda gunakan untuk melewati jalan basah, sehingga harus mampu menyebarkan air secara efektif.
Terakhir, komponen ini juga akan memiliki dampak terbesar pada kenyamanan di dalam kabin. Untuk memaksimalkan kenyamanan, ban poros kemudi Anda harus meminimalkan kebisingan dan getaran eksternal. Ini akan memastikan pengemudi Anda memiliki perjalanan yang tenang dan nyaman.
2. Ban Poros Penggerak
Ban poros penggerak bertugas mengubah tenaga mesin menjadi gerakan maju. Pola tapak komponen yang optimal memungkinkan komponen ini mencapai tujuan tersebut. Karena, komponen ini dirancang untuk memaksimalkan traksi. Komponen ini juga memerlukan cengkraman kuat untuk memperkecil jarak pengereman.
Komponen ini berada di tengah atau dekat mesin armada. Lalu, mengatur keluaran mesin, menggerakkan armada maju atau mundur. Komponen ini tidak dirancang untuk berbelok seperti komponen kemudi depan, tetapi hanya untuk berputar maju atau mundur.
3. Ban Gandengan
Komponen ini dibuat untuk memaksimalkan jarak tempuh dan efisiensi bahan bakar sekaligus menghadapi tantangan bobot statis dan dinamis.
Selain itu, komponen ini harus dilindungi dari gesekan, yang dapat menyebabkannya cepat aus dan tidak merata. Jika ini terjadi, Anda mungkin perlu mengganti lebih cepat.
Komponen ini dirancang untuk menghadapi tantangan bobot statis dan dinamis, sekaligus memaksimalkan jarak tempuh dan efisiensi bahan bakar.
Daftar Ukuran Ban Truk
Komponen armada ini punya desain untuk menahan bobot yang lebih besar daripada jenis untuk mobil penumpang, sehingga memiliki tampilan yang lebih masif. Kemudian, lebih tinggi, tapak dalam dan alur tapak besar.
Jadi, tidak mengherankan jika komponen ini memiliki ketinggian dan rangka multilapis kaku. Berikut adalah macam-macam ukuran ban truk:
Ukuran 200
- 205 / 65R17,5
- 215 / 75R17,5
- 225 / 75R17,5
- 235 / 75R17,5
- 245 / 70R17,5
- 245 / 70R19,5
- 265 / 70R19,5
- 275 / 70R22,5
- 285 / 70R19,5
- 295 / 55R22,5
- 295 / 60R22,5
- 295 / 80R22,5
Ukuran 300
- 305 / 70R19
- 305 / 70R22,5
- 315 / 60R22,5
- 315 / 70R22,5
- 315 / 80R22,5
- 355 / 50R22,5
- 385 / 55R22,5
- 385 / 65R22,5
Ukuran 400
- 425 / 65R22,5
- 435 / 50R19,5
- 445 / 45R19,5
- 445 / 65R22,5
Cara Memilih Ukuran Ban yang Tepat
Berikut adalah faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih komponen tepat untuk unit Anda.
1. Memahami Kode Produksi Ban Truk
Pada dinding samping, Anda akan menemukan no seri ban truk berupa jenis, lebar, rasio aspek, konstruksi, peringkat roda, indeks bobot dan peringkat kecepatan. Bagian pertama yang harus dicari adalah rangkaian huruf dan angka yang mungkin dimulai dengan P, LT atau tanpa huruf.
Misalnya, P235/75R15 atau LT215/65R15. Produsen memasukkan banyak informasi ke dalam kode alfanumerik ini. Sebagai contoh adalah P215/60R16 94V. Ketahui cara baca ukuran ban truk sebagai berikut:
- “P” berarti penumpang.
Huruf lain yang mungkin Anda lihat adalah:
- LT: Truk Ringan
- ST: Trailer Spesial
- T: Sementara (serep)
Huruf NO di awal deskripsi ukuran menunjukkan bahwa komponen tersebut adalah Euro-Metrik. Perbedaan terbesar pada Euro-Metrik adalah perbedaan dalam kapasitas menahan bobot.
- “215” merupakan lebar dari dinding samping ke dinding samping lainnya. Semakin besar angkanya, maka semakin lebar.
- “60” adalah rasio aspek. Ini adalah tinggi dinding samping resmi yang ditampilkan sebagai persentase lebar bagian.
- “R” adalah konstruksi radial. Ini adalah standar industri untuk mobil penumpang dan armada berat.
- “16” berarti dirancang agar pas pada velg dengan diameter 16 inci.
- “94” adalah indeks bobot.
2. Ketahui Kapasitas Beban
Setiap komponen diberi indeks bobot dan peringkat kecepatan. Indeks ini menunjukkan kapasitas bobot maksimum. Misalnya, indeks 100 dapat menahan bobot 1764 pon (atau 800 kilogram).
Sangat penting untuk memilih dengan indeks bobot yang memadai untuk menahan bobot unit Anda, termasuk penumpang, kargo dan penarik apapun.
3. Cari Tahu Jenis Medan yang akan Dilalui
Jenis medan yang akan dilalui unit Anda juga akan memengaruhi pilihan Anda. Jenis segala musim bersifat serbaguna dan berkinerja cukup baik dalam berbagai kondisi.
Namun, Anda juga bisa menggunakan truck monitoring system untuk memilih jalur lebih baik agar memastikan komponen lebih awet.
4. Pertimbangkan Ukuran Pelek
Diameter roda, atau ukuran pelek, merupakan faktor penting dalam memilih jenis yang tepat. Sangat penting untuk memilih ukuran yang sesuai dengan diameter pelek armada Anda.
5. Pertimbangkan Pola dan Desain Tapak
Desain tapak merupakan pertimbangan penting lainnya. Pola tapak yang berbeda dirancang untuk tujuan tertentu. Misalnya, tapak yang dalam dengan pola yang agresif sangat cocok untuk berkendara di medan offroad, memberikan daya tarik yang lebih baik di medan yang kasar.
Nah, itulah informasi seputar ukuran ban truk dan cara untuk menentukannya. Satu hal penting lainnya adalah memastikan kondisinya optimal. Yakni, dengan menggunakan fitur GPS tracker. Dapatkan perangkat terbaik GPS tracker hanya di GPSKU. Kunjungi websitenya sekarang untuk informasi lebih lanjut.