4PL Logistics: Pengertian, Manfaat, Fungsi, Keunggulan

Perkembangan di industri logistik sangat pesat dewasa ini sehingga membutuhkan penanganan yang lebih efektif, efisien dan lengkap. Terkait dengan kebutuhan logistik salah satu istilah yang akan Anda temui antara lain adalah 4PL logistics.

Fourth Party Logistics (4PL) penting karena merupakan sebuah solusi manajemen lengkap bagi suatu perusahaan. Solusi manajemen rantai pasokan 4PL logistik dilakukan dengan cara mengelola sumber daya internal perusahaan tersebut.

Layanan yang ditawarkan sangat lengkap karena meliputi kegiatan merencanakan, mengadakan, implementasi hingga mengendalikan keseluruhan proses logistik perusahaan tersebut.

Mari kita bahas mengenai 4PL logistik ini secara lebih detail termasuk definisi, fungsi, manfaat dan informasi penting lainnya berikut ini.

Pengertian 4PL Logistics

4PL logistics

Secara sederhana arti 4PL logistics adalah sebuah solusi manajemen rantai pasokan yang dikerjakan oleh sebuah jasa penyedia dalam mengelola dan mengatur rantai pasokan sebuah perusahaan. Jadi, jasa penyedia tersebut memiliki tanggung jawab penuh terhadap seluruh operasional logistik pelanggan mereka.

Jasa 4PL logistik bisa saja bekerjasama dengan mitra lain misalnya 3PL logistics agar rantai pasokan optimal dan terintegrasi dengan baik. 3PL adalah jasa penyedia layanan logistik secara outsourcing yang melakukan satu atau lebih fungsi di manajemen rantai pasokan terutama transportasi dan gudang.

Dalam hal ini 3PL lebih ke penyedia gudang dan pengangkutan secara end-to-end kepada sebuah perusahaan atau individu.

Sementara 4PL logistik memiliki tugas utama menyediakan solusi yang lengkap dan menyeluruh agar rantai pasokan pelanggan optimal. Alhasil, jasa penyedia ini umumnya tidak memiliki aset misalnya kendaraan logistik maupun gudang. Namun, mereka adalah pusat dari koordinasi, integrasi dan pengoptimalan berbagai komponen rantai pasokan.

Sebuah jasa penyedia 4PL harus memiliki karakteristik berikut ini:

  • Memahami usaha dan tujuan usaha pelanggan
  • Menggunakan teknologi terkini dalam mengambil keputusan berdasarkan data yang ada
  • Memiliki pemahaman dan manajemen strategis dari keseluruhan rantai pasokan
  • Fokus pada kemitraan dan kerjasama jangka panjang

Manfaat 4PL Logistics

Jika perusahaan Anda membutuhkan rekanan dalam mengelola seluruh rantai pasokan maka Anda dapat memilih jasa 4PL terpercaya. Ada banyak perusahaan 4PL ternama besar di Indonesia yang dapat Anda pilih agar efektivitas rantai pasokan Anda meningkat.

Pastikan bahwa Anda mempelajari rekam jejak dan layanan perusahaan tersebut agar dapat menentukan yang paling tepat untuk perusahaan Anda. Dengan layanan profesional mereka maka Anda sebagai pelanggan akan merasakan banyak manfaat.

Simak beberapa manfaat dan keuntungan 4PL logistics yang akan Anda peroleh sebagai berikut:

1. Kemudahan Komunikasi

manfaat 4PL logistics

Anda tidak perlu menghubungi banyak pihak ketika ingin mengetahui perkembangan rantai pasokan. Cukup menghubungi jasa penyedia yang sudah Anda pilih maka semua informasi akan segera Anda peroleh.

Hal ini berdampak positif bagi perusahaan Anda karena komunikasi jadi mudah, Anda juga akan lebih mudah dalam pengambilan keputusan penting karena semua data terpusat di penyedia 4PL tersebut.

2. Manajemen Vendor

manfaat 4PL logistics

Anda tidak perlu repot dan bingung karena jasa penyedia yang Anda pilih akan mengelola semua hubungan dengan para mitra termasuk penyedia 3PL. Alhasil, kualitas dan layanan yang mereka tawarkan tetap konsisten.

3. Manajemen dan Pengawasan Operasional yang Lebih Baik

manfaat 4PL logistics

Karena penyedia 4PL mengelola seluruh rantai pasokan Anda maka mereka juga mampu menemukan sesuatu yang kurang efektif lalu memperbaikinya.

4. Efisiensi Operasional Harian Meningkat

manfaat 4PL logistics

Penyedia akan berusaha untuk menyederhanakan operasional harian agar menjadi lebih efektif dan efisien. Alhasil, pelanggan memiliki lebih banyak waktu dan sumberdaya untuk fokus pada hal penting lainnya.

5. Solusi Rantai Pasokan yang Lebih Optimal

manfaat 4PL logistics

Penggunaan teknologi terkini akan memapukan penyedia 4PL menganalisa dan memproses data secara lebih optimal.

6. Hemat Biaya

manfaat 4PL logistics

4PL meningkatkan pengawasan dan transparansi terhadap rantai pasokan perusahaan Anda sehingga dapat menekan biaya dan meningkatkan keuntungan.

7. Meningkatkan Layanan Pelanggan

manfaat 4PL logistics

Dengan data analitik yang mereka gunakan, jasa yang Anda pilih memiliki kemampuan untuk memprediksi permintaan pelanggan. Alhasil, hal ini juga berarti memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Fungsi 4PL Logistics

fungsi 4PL Logistics

Perusahaan 4PL logistics di Indonesia berperan dalam mengatur dan mengawasi keseluruhan rantai pasokan pelanggan agar lebih efektif dan efisien. Alhasil, mereka menawarkan solusi kepada klien agar dapat mengelola dan membuat rantai pasokan pelanggan semakin optimal.

Simak fungsi dari jasa Fourth-Party Logistics berikut ini:

1. Solusi Manajemen Rantai Pasokan

Dalam hal ini jasa penyedia 4PL memiliki tanggung jawab dalam perancangan, pengaturan, implementasi serta pengelolaan keseluruhan rantai pasokan pelanggan. Fungsi ini sangat penting agar pelanggan memiliki siklus produksi yang lebih cepat dan efektivitas rantai pasokan mereka meningkat.

2. Transportasi

4PL mengelola dan mengkoordinir berbagai pilihan transportasi yang tersedia agar pengiriman produk efektif dan tepat waktu. Dalam hal ini mereka akan melakukan negosiasi dengan jasa penyedia 3PL agar tercapai efisiensi dalam pengangkutan dan mendapat biaya terbaik.

3. Manajemen Gudang

Jasa 4PL bertanggung jawab dalam keberhasilan seluruh proses rantai pasokan termasuk memastikan operasional gudang yang paling tepat. Mereka harus mepertibangkan segala sesuatunya baik dari segi lokasi, kapasitas dan manajemen pengelolaannya selain pengiriman barang.

Jika terjadi kendala maupun ada kebutuhan khusus dari pelanggan maka jasa 4PL bertanggungjawab untuk memberi solusi terbaiknya.

4. Inventarisasi

Inventarisasi yang dilakukan oleh 4PL logistik bagi pelanggan harus efektif dan efisien agar dapat mencapai hasil maksimal. Tentu saja mereka harus dapat memastikan ketersediaan stok produk serta memberi layanan manajemen dengan bujet rendah namun menawarkan efektivitas optimal.

5. Pengiriman

Adalah tugas jasa penyedia 4PL untuk memastikan pengiriman barang tepat waktu dan aman. Alhasil, mereka juga diminta untuk menyiapkan rute terbaik pengiriman serta meminimalisir biaya pengiriman untuk keuntungan pelanggan.

Keunggulan 4PL Logistics

keunggulan 4PL logistics

Memilih untuk mempercayakan rantai pasokan perusahaan Anda kepada jasa penyedia 4PL membawa dampak baik bagi usaha Anda. Ada beberapa keunggulan dari jasa penyedia 4PL yang perlu Anda pahami agar lebih mantap ketika harus memilih jasa ini.

Berikut ini adalah keunggulan 4PL logistics:

  • Membantu meningkatkan efektivitas serat efisiensi proses logistik pelanggan melalui pengelolaan sumber daya yang dimiliki.
  • Memberi solusi yang fleksibel dan inovatif untuk proses logistik sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan agar mencapai hasil terbaik
  • Meningkatkan daya saing pelanggan di pasar karena adanya solusi rantai pasokan yang lebih terintegrasi dan efektif
  • pelanggan tidak perlu pusing dengan urusan logistik mereka sehingga dapat lebih fokus dalam mengembangkan inti usaha mereka
  • Meningkatkan kualitas layanan pelanggan karena adanya solusi pelayanan yang aman, cepat dan tepat.

Namun, Anda juga perlu mengenal kekurangannya juga sehingga dapat mengantisipasi dan melakukan berbagai tindakan yang diperlukan.

Simak juga kekurangan menggunakan jasa 4PL logistics berikut ini:

  • Kurang memiliki kontrol terhadap proses logistik perusahaan karena semua ditangani oleh jasa penyedia
  • Harus mengeluarkan biaya ekstra karena menyewa jasa penyedia 4PL
  • Proses logistik seluruhnya dipegang oleh jasa 4PL sehingga pelanggan memiliki ketergantungan kepada jasa penyedia ini.
  • Reputasi perusahaan dipertaruhkan karena adanya kemungkinan layanan dari jasa penyedia 4PL yang Anda pakai tidak sesuai harapan.

Jasa layanan 4PL adalah memiliki berbagai keunggulan dan manfaat seperti tertulis di atas yang dapat Anda memaksimalkan sehingga dapat membantu mencapai tujuan usaha Anda. Jika memilih menggunakan jasa 4PL logistics maka usahakan untuk menggunakan jasa Fleet Management System terpercaya agar hasilnya maksimal. Bila Anda membutuhkan layanan profesional dari kami, silakan kunjungi kami di sini.

contact-us-donk