8 Cara Menghemat Bensin Motor Mio Agar Tidak Boros, Dijamin Ampuh!

Bagi pengendara motor, terutama motor matic, seringkali mengeluhkan borosnya penggunaan bensin. Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana cara menghemat bensin motor Mio dan motor matic lainnya agar tidak terlalu boros dalam menggunakan bensin.

Saat ini, sudah banyak keluaran motor matic dan mio jenis terbaru menggunakan teknologi agar tidak terlalu boros bensin. Lalu, bagaimana dengan motor keluaran lama? Hal ini cukup membuat pengendara motor matic keluaran lama kesulitan.

Simak 8 cara menghemat bensin motor mio agar tidak semakin boros berikut ini:

1. Perhatikan Jenis Bahan Bakar

Jenis bahan bakar adalah hal penting pertama untuk diperhatikan pengguna motor mio jika ingin menghemat bensin. Dari berbagai jenis bensin, pilih bensin dengan kualitas terbaik.

Sebagai contoh, gunakan BBM dengan oktan tinggi seperti pertamax. Hal ini akan membantu menghemat bensin motor mio. Usahakan juga konsisten dalam penggunaan bahan bakar.

2. Perhatikan Kecepatan Berkendara

Pada saat mengendarai motor, perlu diperhatikan kecepatan berkendara. Jangan terlalu sering mengerem mendadak atau mengegas terlalu tinggi.

Penggunaan Rem dan gas ini dapat mempengaruhi pengeluaran bensin pada motor. Usahakan untuk berkendara dalam kecepatan normal dan konstan untuk mengurangi bensin boros.

3. Perhatikan Filter Udara

Motor matic seperti Mio menggunakan filter udara untuk menjaga sirkulasi udara pada motor tetap terjaga dengan baik. Untuk mengurangi tingkat keborosan, cara menghemat bensin motor mio salah satunya adalah dengan membersihkan filter udara. Jika filter udara kotor, maka akan berimbas kepada penggunaan bensin.

4. Perhatikan Waktu Memanaskan Motor

Sebelum berkendara, seringkali pengendara memanaskan motor terlebih dahulu. Bensin akan lebih cepat boros jika pengendara memanaskan motor dalam waktu lama.

Usahakan memanaskan motor tidak lebih dari 5 menit. Hal ini dilakukan agar bensin tidak semakin terkuras hanya untuk memanaskan motor.

5. Perhatikan Tekanan Udara Pada Ban

Tekanan udara pada ban ternyata berpengaruh pada pemborosan mesin. Mesin akan bekerja 2x lipat lebih keras jika ban motor tidak memiliki cukup tekanan udara.

Untuk menghindari hal ini, cara menghemat bensin motor mio dapat dilakukan dengan memperhatikan secara berkala tekanan udara pada ban motor.

6. Service Motor Secara Berkala

Melakukan service motor adalah salah satu langkah untuk membantu menghemat penggunaan bensin pada motor Mio.

Jika motor diservis secara teratur, kondisi motor akan lebih stabil dan prima ketika digunakan. Mesin motor akan tetap terjaga performanya sehingga tidak bisa bekerja dengan baik dan normal.

7. Perhatikan Pengapian Pada Motor

Poin ini penting untuk diperhatikan jika motor masih menggunakan karburator. Pengendara harus mampu untuk terus melihat jika ada masalah terjadi dan menjaga agar pengapian tetap berjalan dengan baik.

Jika terjadi masalah dengan perapian, imbas besarnya adalah penggunaan bensin semakin boros. Sistem pengapian dengan kondisi terjaga  akan membuat pemakaian bahan bakar lebih efektif.

8. Perhatikan Kelistrikan Pada Motor

Untuk motor matic seperti Mio, terutama motor dengan injeksi, sistem listrik pada motor harus benar-benar diperhatikan.

Kelistrikan motor jika terkena gangguan akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak dari biasanya. Jadi, bensin motor Mio akan jauh lebih hemat jika pengendara memperhatikan dan menjaga kelistrikan motor ini.

Itulah 8 cara menghemat bensin motor mio agar tidak semakin boros ketika digunakan sehari-hari. Cara di atas dapat dilakukan oleh semua orang jika ingin menekan biaya bensin motor menjadi tidak terlalu besar. Cara-cara di atas sudah banyak dipraktikkan oleh orang-orang dan terbukti ampuh.

Semoga informasinya bermanfaat dan mencoba yaa

Simak artikel menarik lainnya tentang otomotif

Jangan lupa, kunjungi GPSKU GPS Tracker dan temukan alat pelacak kendaraan yang terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia