Apa Itu Distributor: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh

Dalam dunia bisnis, distribusi adalah salah satu proses penting yang menentukan keberhasilan suatu produk atau jasa. Salah satu pihak yang berperan dalam proses distribusi adalah distributor. Lalu, apa itu distributor? Bagaimana pengertian, fungsi, jenis, dan contoh distributor?

Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut secara lengkap dan mendalam. Mari kita simak!.

Dua orang pekerja gudang

Distributor adalah salah satu pihak dalam rantai distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Distributor berperan sebagai perantara antara produsen dan pengecer atau pedagang besar lainnya.

Peran distributor biasanya adalah membeli barang atau jasa dari produsen dengan jumlah besar dan menjualnya kembali dalam jumlah kecil kepada pengecer atau pedagang yang lainnya.

Fungsi Distributor

Gudang distributor

Distributor memiliki beberapa fungsi penting dalam proses distribusi barang atau jasa, antara lain:

Meningkatkan Efisiensi Distribusi

Distributor dapat mengurangi biaya transportasi, penyimpanan, dan administrasi yang harus produsen tanggung jika menjual langsung kepada banyak pengecer atau pedagang.

Distributor juga dapat membantu produsen dalam mengelola permintaan dan persediaan barang atau jasa.

Meningkatkan Jangkauan Pasar

Distributor dapat membantu produsen dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan beragam, baik secara geografis maupun demografis. Distributor biasanya memiliki jaringan distribusi yang luas dan mengenal karakteristik pasar lokal dengan baik.

Menyediakan Layanan Tambahan 

Distributor dapat menyediakan layanan tambahan kepada pengecer atau pedagang lainnya, seperti pemasaran, promosi, penjualan, pendidikan, konsultasi, dukungan teknis, garansi, servis, dan sebagainya.

Layanan tambahan ini dapat meningkatkan nilai tambah dan loyalitas pelanggan terhadap barang atau jasa yang didistribusikan.

Apa Itu Distributor? Apa saja Jenis-Jenisnya?

Pekerja distributor

Distributor dapat terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan beberapa kriteria, antara lain:

Berdasarkan Hubungan dengan Produsen

Ada dua jenis distributor berdasarkan hubungan dengan produsen, yaitu distributor eksklusif dan distributor non eksklusif.

Distributor eksklusif adalah distributor yang memiliki hak eksklusif untuk mendistribusikan barang atau jasa dari produsen tertentu di wilayah tertentu.

Distributor non eksklusif merupakan distributor yang tidak memiliki hak eksklusif dan dapat bersaing dengan distributor lain yang menjual barang atau jasa yang sama dari produsen yang sama.

Berdasarkan Jenis Barang atau Jasa

Ada dua jenis distributor berdasarkan jenis barang atau jasa yang didistribusikan, yaitu distributor spesialis dan distributor generalis.

Distributor spesialis adalah distributor yang hanya mendistribusikan barang atau jasa dari satu kategori atau segmen tertentu, seperti makanan, obat-obatan, elektronik, dan sebagainya.

Distributor generalis merupakan distributor yang mendistribusikan barang atau jasa dari berbagai kategori dan segmen, seperti supermarket, toko serba ada, dan sebagainya.

Berdasarkan Tingkat Integrasi

Ada tiga jenis distributor berdasarkan tingkat integrasi dengan produsen atau pengecer, yaitu distributor independen, distributor terafiliasidan distributor terintegrasi.

Distributor independen adalah distributor yang beroperasi secara mandiri dan tidak memiliki hubungan kepemilikan atau kemitraan dengan produsen atau pengecer.

Distributor terafiliasi adalah distributor yang memiliki hubungan kepemilikan atau kemitraan dengan produsen atau pengeler tertentu, seperti franchise, lisensi, joint venture, dan sebagainya.

Distributor terintegrasi adalah distributor yang merupakan bagian dari perusahaan produsen atau pengeler.

Contoh Distributor

2 Orang pekerja distributor

Berikut adalah beberapa contoh dan apa itu distributor di Indonesia:

PT Astra International Tbk. Perusahaan ini merupakan salah satu distributor terbesar di Indonesia yang mendistribusikan berbagai macam barang dan jasa dari berbagai sektor industri, seperti otomotif, alat berat, pertanian, perbankan, asuransi, teknologi informasi, infrastruktur, logistik, dan masih banyak lagi.

PT Kalbe Farma Tbk. Apa itu distributor adalah salah satu yang pertanyaan terbesar di Indonesia dalam mendistribusikan berbagai macam produk farmasi dan kesehatan, seperti obat resep, obat bebas, suplemen, nutrisi, alat kesehatan, dan sebagainya.

PT Electronic City Indonesia Tbk. Perusahaan ini adalah salah satu distributor terbesar di Indonesia yang mendistribusikan berbagai macam produk elektronik dan gadget, seperti televisi, kulkas, mesin cuci, laptop, smartphone, tablet, dan lain-lain.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Distributor ini merupakan salah satu distributor terbesar di Indonesia yang mendistribusikan berbagai macam produk konsumen, seperti makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, kecantikan, dan masih banyak lagi. Perusahaan ini juga mengoperasikan jaringan ritel Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia.

Manfaat Distributor

gudang distributor

Apa itu distributor? Distributor tidak hanya memberikan manfaat bagi produsen dan pengecer atau pedagang besar lainnya, tetapi juga bagi konsumen akhir. Berikut adalah beberapa manfaat distributor bagi berbagai pihak:

Bagi Produsen

Produsen dapat menghemat biaya dan waktu dalam proses distribusi barang atau jasa. Kemudian, produsen juga dapat meningkatkan pangsa pasar dan penjualan dengan memanfaatkan jaringan dan layanan distributor.

Terakhir, produsen juga dapat fokus pada aktivitas produksi dan pengembangan produk tanpa harus mengurus hal-hal yang berkaitan dengan distribusi.

Bagi Pengecer atau Pedagang Besar

Pengecer atau pedagang besar dapat memperoleh barang atau jasa dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih baik dari distributor.

Kemudian, mereka juga dapat memperoleh layanan tambahan dari distributor, seperti pemasaran, promosi, penjualan, pendidikan, konsultasi, dukungan teknis, garansi, servis, dan sebagainya.

Pengecer atau pedagang besar dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan menyediakan barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan selera yang mereka cari.

Bagi Konsumen Akhir

Konsumen akhir dapat memperoleh barang atau jasa dengan harga yang lebih terjangkau dan ketersediaan barang yang lebih tinggi dari pengecer atau pedagang besar.

Konsumen juga dapat memperoleh barang atau jasa dengan kualitas yang lebih baik dan layanan yang lebih lengkap. Terakhir, konsumen juga dapat menikmati berbagai macam pilihan barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tips Memilih Distributor

Serah terima barang

Jika Anda ingin memilih distributor bagi kelangsungan bisnis Anda, simak beberapa tips di bawah ini:

  • Pahami saluran distribusi. Anda harus mengetahui jenis distributor yang sesuai dengan bisnis Anda, apakah manufaktur, eksekutif, importir, regional, atau grosir.
  • Ketahui cakupan area distributor. Pastikan bahwa distributor dapat menjangkau pasar yang Anda targetkan dengan efektif dan efisien.
  • Periksa kondisi keuangan distributor. Pastikan sebisa mungkin, Anda memilih distributor yang memiliki keuangan yang sehat dan stabil, sehingga dapat menjamin ketersediaan dan kualitas produk yang Anda inginkan.
  • Evaluasi karyawan dan distributor. Anda harus memilih distributor yang memiliki karyawan yang profesional, terampil, dan berpengalaman,.
  • Pastikan kualitas produk distributor. Anda harus mengetahui distributor yang dapat menjaga kualitas produk Anda dari kerusakan, pencemaran, atau penurunan kualitas.
  • Nilai konsistensi distributor. Sebaiknya, Anda memilih distributor yang dapat memberikan layanan yang konsisten, tepat waktu, dan sesuai dengan standar yang Anda tentukan.

Dengan memilih apa itu distributor yang tepat, Anda dapat meningkatkan efisiensi, jangkauan, dan penjualan produk Anda di pasar.

Kesimpulan

apa itu distributor

Distributor adalah salah satu pihak dalam rantai manajemen distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Apa itu distributor juga sangat berperan sebagai perantara antara produsen dan pengecer atau pedagang lainnya.

Beberapa fungsi penting dan pengertian apa itu distributor dalam proses distribusi barang atau jasa adalah, meningkatkan efisiensi distribusi, meningkatkan jangkauan pasar, dan menyediakan layanan tambahan.

Beberapa contoh apa itu distributor di Indonesia adalah PT Astra International Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, PT Electronic City Indonesia Tbk, dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Distributor juga memberikan manfaat bagi produsen, pengecer atau pedagang besar lainnya, dan konsumen akhir.

Itulah artikel mengenai apa itu distributor? Lengkap dengan pengertian apa itu distributor, fungsi, jenis dan contohnya. Anda juga bisa mendapatkan informasi penawaran terbaru kami di sini.

Artikel terkait :

CLAIM DISCOUNT NOW

Dapatkan promo special pembelian GPS Tracker untuk Pengguna Baru. Klik dibawah ini

claim promo pengguna baru