logo mobile 2024

Baterai Remote Mobil Habis: Tanda dan Penyebab Boros

Dunia otomotif tidak hanya berputar pada mesin dan kecepatan saja, akan tetapi juga pada efisiensi dan inovasi. Salah satu aspek yang sering terlewatkan adalah penggunaan baterai remote mobil. Meski efisien dan punya banyak manfaat, namun jika tidak dirawat, bisa saja baterai remote mobil habis.

Nah, apa saja tanda-tanda baterai remote mobil habis dan penyebabnya? Mari kita selami artikelnya!

Mengapa Baterai Remot Mobil Cepat Habis?

baterai remote mobil

Baterai remote kendaraan, seperti halnya perangkat baterai pada umumnya, memiliki batas usia dan kapasitas. Namun, ada kalanya perangkat ini terasa boros, seakan-akan ‘haus’ energi lebih cepat dari yang seharusnya.

Terdapat ragam penyebab baterai remote mobil cepat habis dan mengapa hal ini dapat terjadi. Beberapa di antaranya, mungkin saja terjadi pada baterai kendaraan Anda.

1. Penggunaan Berlebihan

Seperti manusia yang lelah setelah beraktivitas seharian, baterai juga bisa ‘lelah’ jika terlalu sering Anda gunakan. Penggunaan remote yang berlebihan, seperti bermain-main dengan tombol secara tidak perlu, dapat mempercepat penurunan daya baterai.

2. Kualitas Baterai Rendah

Tidak semua baterai memiliki kualitas yang sama. Terkadang, ada baterai dengan kualitas rendah yang mungkin tidak memiliki daya tahan yang baik. Hal ini juga dapat menjadi faktor penting yang membuat daya baterai cepat kosong meskipun tidak terlalu sering Anda gunakan.

3. Paparan Suhu Ekstrem

Setiap perangkat elektronik tentu memiliki kondisi dan situasi ideal dalam penggunaannya. Begitu juga dengan baterai yang memiliki ‘zona nyaman’ suhu operasi.

Ketika suhu di sekitar perangkat ini terlalu ekstrem, seperti terlalu panas atau dingin, maka hal ini dapat mengganggu kinerja dan mengurangi umur optimal baterai yang diharapkan.

4. Kebocoran Energi

Terkadang masalah teknis tidak berasal dari faktor luar, namun ada kalanya terjadi karena faktor dalam seperti pada sirkuit dalam remote, yang mengalami kebocoran energi.

Sama halnya seperti memiliki keran yang bocor; perlahan tapi pasti, namun lama kelamaan energi akan terkuras hingga habis.

5. Gangguan Sinyal

Di era digital saat ini, gelombang elektromagnetik ada di mana-mana. Interferensi atau gangguan dari sinyal lain ini bisa membuat perangkat remote bekerja lebih keras untuk ‘diterima’ oleh kendaraan Anda.

Kinerja yang lebih keras ini pada akhirnya akan meningkatkan konsumsi energi daya pada remote kendaraan.

Tanda-Tanda Baterai Remote Mobil Habis

baterai remote

Ada beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui kondisi baterai pada kendaraan. Selalu waspadai jika terjadi kondisi seperti beberapa hal berikut ini:

1. Jarak Operasi Berkurang

Jika Anda perlu mendekatkan remote lebih dekat ke mobil daripada jarak biasanya untuk membuka atau mengunci pintu, ini bisa menjadi tanda awal bahwa daya remote melemah.

Biasanya, remote mobil yang sehat memiliki jangkauan tangkap dan mengirim sinyal hingga 20 meter.

2. Tidak Responsif

Ketika tombol pada remote Anda tekan, respon yang lambat atau tidak ada merespon sama sekali, ini bisa menunjukkan bahwa daya remote tidak memiliki cukup energi untuk bekerja dengan semestinya.

3. Indikator pada Dashboard

Pada beberapa jenis mobil modern, biasanya terdapat indikator pada dashboard yang dapat menginformasikan Anda tentang status daya pada remote. Jika indikator ini tidak menyala atau menunjukkan ikon peringatan, hal ini bisa berarti daya remote yang mulai menipis atau habis.

4. Lampu pada Remot Tidak Menyala

Pada kebanyakan perangkat remot mobil, terdapat lampu kecil yang menyala ketika tombolnya pengguna tekan. Jika lampu ini redup atau tidak menyala sama sekali, bisa jadi hal ini merupakan tanda baterai remote mobil habis atau menipis.

Dengan memperhatikan tanda-tanda ini, Anda dapat ganti baterai kunci mobil pada kendaraan Anda sebelum benar-benar habis untuk menghindari kerepotan yang tidak perlu.

Untuk cara ganti baterai remote mobil, Anda dapat menghubungi teknisi atau mendatangi tempat maintenance yang Anda percayai.

Tips Merawat Baterai Remote Mobil

baterai remote mobil habis

Untuk menghindari kejutan daya remot yang tiba-tiba habis, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil sebagai langkah preventif:

1. Gunakan Perangkat Baterai yang Berkualitas

Memilih baterai yang berkualitas baik sangat penting karena biasanya akan memiliki usia yang lebih panjang dan memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap fluktuasi suhu ekstrem.

Baterai dengan standar kualitas tinggi juga cenderung memiliki daya yang lebih stabil dan baik, sehingga dapat memperpanjang umur baterai.

2. Simpan di Tempat Bersuhu Stabil

Menyimpan remote di tempat yang suhunya tidak berubah-ubah akan membantu menjaga kinerja baterai. Lokasi yang ideal adalah tempat yang kering dan sejuk, jauh dari terpaan sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya.

Suhu yang sangat tinggi atau rendah dapat memengaruhi kinerja dan umur baterai dengan cukup signifikan. Karena itu, sebaiknya Anda menyimpan perangkat remote di tempat yang stabil.

3. Pemakaian Bijak

Menggunakan remote dengan bijak dapat membantu menghemat baterai. Misalnya, tidak menekan tombol secara berlebihan atau untuk waktu yang lama.

Karena setiap kali tombol ditekan, baterai mengirimkan daya ke sirkuit remot untuk mengirimkan sinyal. Dengan menggunakan secara bijak, Anda akan mengurangi jumlah siklus pengisian dan pemakaian baterai, sehingga memperpanjang umur baterai.

Kondisi baterai remote mobil habis memang cukup mengesalkan, namun setelah mengetahui sebab dan tanda yang menjadi faktor kendala ini, kini Anda dapat lebih baik dalam mengantisipasinya.

Selain merawat kondisi perangkat remote, gunakan juga GPS Tracker untuk menambah layer keamanan pada kendaraan Anda. Cek beragam produk dengan kualitas terbaik dan teknologi terkini di GPSKU untuk informasi yang lebih lengkap.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU