Tips Aman Berkendara di Jalan Tol Bagi Pemula

Berkendara di jalan tol – Baru-Baru ini terjadi kecelakaan Di Tol jombang-Surabaya KM 672 dan menewaskan 2 orang pnumpang. Yang mana kendaraan ini teridentifikasi di miliki oleh artis indonesia yaitu Vanessa Angel dan Suaminya.

Diketahui Vanessa Angel dan Suaminya mengalami kecelakaan menggunakan mobil Mitsubishi pajero Sport Dakar Ultimate generasi kedua berwarna Putih dengan nopol Polisi B 1264 BJU.

Kedua korban tewas ditempat yang mana yang merupakan pemilik dari mobil tersebut yaitu Vanessa Angel dan suaminya. Hal ini pun di perkuat oleh kata kasat lantas Polresta jombang AKP Rudi puerwanto yang di kutip dari Detikcom (4/11/21).

Mobil yang di tumpangi Artis ini merupakanmobil Mitsubishi Pajero Sport Generasi kedua, yang memiliki spesifikas dilengkapi mesin bertenaga Diesel yang cukup bertenaga 181 PS serta torsi bisa mencapai 43Nm dengan transmisi otomatik 8 percepatan,

mobil yang satu ini di lengkapi dengan fitur yang cukup cangih seperti fitur radar seprti foreard Collision Mitigation, Ultrasonix Misacceleration mitigation sistem, blind Spor warning , dan real Cross traffic Alert.

Pajero Sport ini hadri dengan keunggulan fitur keselamatan seperti anti-lock braking System (ABS) dan electronic Brake force Distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, Serta Immobilizer.

Fitur keselamatan yang terdapat pada kendaraan memang tidak menjami suatu keselamatan saat berkendara, semua ini menjadi pelajaran bagi kita saat berkendara di jalan Tol dengan memacuh kecepatan yang tinggi di jalan tol.

Sesuai dengan fungsinya jalan tol dirancang sebagai jalan yang bebas hambatan. Sehinga pengendara pun lupa akan keselamatan yang harus di waspadai ketika memacu kendaraan di jalan tol, dan hal ini menjadi momok yang begitu menakutkan dimana banyak kendataan yang melaju kencang seperti yang di alami artis indonesia ini.

Terlepas Dari itu semua, bahwa sebetulnya banyak aturan yang berlaku saat berkendara di jaln Tol. Dan ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat berkendaraa di jalan bebas hambatan terutama bagi para pengemudi.

4 Hal yang harus di perhatikan saat berkendara

tips berkendara di jalan tol

1. Menjaga Kecepatan di jalan Tol

Menjaga kecepatan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting bagi pengendara di jalan yang bebas hambatan, sebab berbeda debfab jalan umumnya yang mana kecepatan berkendata di jalan tol relatif konstan.

Hal ini membuat pengemudi kerap lepas kendali dengan memacu mobil dengan cepat. Padahal ada aturan batas kecepatan maksimal dan minimal yang wajib di patuhi.

3. Pilih Jalur yang Sesuai

Jalan tol memiliki beberapa jalur dmana tiap lajur didesain untuk mengakomodir pengunaan jalan tol dari kecepatan lambat hingga kencang.

Pengemudi harus memahami hal ini  sebab hal ini merupakan hal yang penting, di mana pada umumnya jalan tol terdapat tiga lajur, lajur paling kanan untuk mendahului, tengah untuk kendaraan norma, dan lajur kiri diperuntukan truk dan bus.

3. Jaga jarak Aman

Kasus kecelakaan di jalan tol sering kali terjadi kecelakaan beruntun, kondisi ini terjadi karena pengendara tidak menjaga jarak aman. Yang mana dalam aturan nya pengendara memberi jara tiga detik dengan mobil depan, yang mana cara ini menjadi jarak aman pengendara untuk bisa reflek menghidari jika terjadi sesuatu di depannya.

Baca Juga Membersihkan Mesin Mobil, 8 Cara Mudahnya!

4. Keadaan Darurat

Gunakan bahu jalan untuk darurat, yang patut di ingat bahu jalan tidak di peruntukan untuk menyalip atau mendahului kendaraan di depan nya.

Yang mana bahau jalan di gunakan untuk lalu lintas pada kendaran darurat, di bertujuan untuk kendaraan yang berhenti darurat serta tidak mendahului kendaraan lain, hal ini diatur soal bahu jalan tol termasuk dalam peraturan pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang jalan tol pasal 41 ayat 2.

Kejadian seperti ini semoga menjadi pelajaran bagi kita semua yang sering mengunakan jalan tol, keselamatan, ke hati-hatian saat berkendara sangatlah penting sekali, jika tidak ingin terjadi pada kita, bukan itu saja yang harus kita pahami dalam berkendara,

menjaga setamina saat sebelum mengendarai mobil pun sangatlah penting,ketika lelah beristirahatlah ketika dalam menempuh perjalanan jauh. selain keselamatan dan tips di atas ada baiknya kita juga harus menutamakan keamanan kendaraan kita dengan memasang gps tracker pada mobil agar menghindari hal – hal yang tidak di inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia