logo mobile 2024

Bisnis Rental Mobil Tambang: Keuntungan hingga Tantangannya

Menyewakan kendaraan pribadi untuk perusahaan kini sudah menjadi hal yang umum. Termasuk untuk perusahaan yang bergerak di bidang tambang. Lantas, apa sebenarnya keuntungan dan tantangan bisnis rental mobil tambang?

Banyak perusahaan, termasuk tambang, yang mencari layanan penyewaan armada roda empat untuk kebutuhan operasional. Hal ini tentu saja bisa menjadi peluang Anda untuk memperoleh keuntungan. Terutama jika Anda memiliki armada sendiri, yang tentunya sesuai dengan spesifikasi kebutuhan perusahaan tersebut.

Nah, ketimbang armada Anda tidak banyak terpakai, alangkah baiknya Anda memanfaatkannya untuk layanan sewa. Namun, bagaimanapun juga Anda tetap perlu mempertimbangkan untung ruginya. Simak penjelasannya berikut ini.

Keuntungan Bisnis Rental Mobil Tambang

Keuntungan Bisnis Sewa Mobil Tambang

Ada beberapa alasan mengapa pebisnis tambang mempercayakan sarana penyewaan untuk kebutuhan armada operasional mereka. Pertimbangannya adalah sebagai berikut:

1. Terhindar dari Depresiasi Nilai Aset

Ini menjadi alasan mengapa mereka mempertimbangkan membeli mobil operasional tambang sendiri. Sebab, unit yang dipakai dalam area proyek tersebut umumnya memiliki durasi pakai yang lebih singkat. Armada tersebut hampir selalu beroperasi dan bekerja lebih keras.

Paling tidak, butuh peremajaan setiap 5 tahun agar menjadi produktivitas di dalam proyek. Apabila armada tersebut menjadi milik perusahaan, maka wajib untuk segera menjual sesuai harga pasaran saat itu juga.

Hal ini bisa menjadi sangat merugikan. Pasalnya, nilai aset dari unit tersebut menyusut. Terlebih jika kondisinya sudah terpakai dengan kondisi yang keras. Apalagi, proses penjualan tidak jarang juga butuh waktu yang lama.

Banyak aktivitas tambang yang kesulitan menyediakan armada roda empat karena berbagai alasan. Nah, Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan menyediakan armada khusus sewa untuk para pelaku usaha proyek tersebut.

2. Bebas Biaya Perawatan

Perawatan untuk unit yang bekerja di lokasi proyek tentu tidak bisa sama dengan perawan kendaraan biasa pada umumnya. Apalagi armada ini bekerja lebih keras. Artinya harus ada perawatan ekstra agar memastikannya tetap dapat digunakan. Sehingga produktivitasnya tidak terganggu.

Ketika Anda menggunakan sarana sewa, Anda tidak perlu pusing memikirkan urusan tersebut. Sebab, Anda hanya perlu membayar biaya penyewaan. Anda akan berhemat dari biaya perawatan rutin armada.

3. Ketersediaan Unit Pengganti

Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah ketersediaan armada pengganti saat tengah dalam proses perbaikan. Anda tentunya tidak ingin aktivitas terhenti. Jika Anda memanfaatkan sarana sewa, maka proses pekerjaan di proyek akan dapat terus berjalan.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus pada produktivitas secara efisien dan efektif. Fakta di atas bisa menjadi peluang Anda dalam mendapatkan keuntungan dari menyediakan jasa pinjam bayar armada.

Setelah memahami hal-hal di atas, selanjutnya Anda harus memikirkan cara rental mobil ke perusahaan. Misalnya dengan melakukan pendekatan ke perusahaan, menjalin kemitraan atau menyebarkan informasi serta promo sarana ke target pasar Anda.

Tantangan Bisnis Rental Mobil Tambang

cara mulai bisnis rental mobil tambang

Meski menjanjikan keuntungan, namun bagaimanapun juga setiap aktivitas niaga memiliki resiko masing-masing. Demikian juga dengan usaha rental mobil di tambang ini. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja yang bisa menjadi resiko di dalamnya.

Yang kerap terjadi adalah kemungkinan kerusakan pada armada. Apalagi, jika armada tersebut digunakan dalam kondisi medan yang kurang bersahabat. Hal ini tentunya akan membuat penyedia jasa harus mengeluarkan dana lebih untuk kebutuhan perawatan.

Anda bisa saja memberikan syarat tertentu kepada klien jika terjadi kondisi kerusakan parah. Maka, Anda harus mengetahui cara membuat surat perjanjian rental mobil, dimana di dalamnya terdapat klausul tertentu dengan dasar kesepakatan semua pihak. Misalnya poin tentang pembayaran, biaya kerusakan melebihi level tertentu atau sanksi jika terjadi sesuatu.

Cara lain untuk mengatasi kondisi yang tidak diinginkan, ada baiknya menggunakan asuransi untuk memberikan proteksi terhadap armada. Sehingga, Anda lebih tenang dalam memberikan sarana kepada klien, karena perlindungan yang sudah melekat pada armada.

Memulai Bisnis Rental Mobil Tambang

Memulai Bisnis Rental Mobil Tambang

Armada roda empat operasional menjadi salah satu kebutuhan penting bagi pelaku usaha tambang. Namun, tidak jarang mereka dihadapkan pada pilihan sulit. Yakni memiliki armada sendiri dengan membelinya, atau memanfaatkan bisnis mobil rental.

Hal tersebut bisa sangat dimengerti lantaran pertimbangan kondisi medan di lokasi proyek yang tidak jarang kurang bersahabat. Sehingga, butuh roda empat dengan spesifikasi khusus dan perawatan yang berbeda.

Salah satunya, dengan memiliki kendaraan macam Four Wheel Drive (4WD) yang mampu melibas kondisi jalan atau akses yang jauh dari kata mulus. Kemudian, armada dengan bak terbuka yang berguna untuk mengangkut barang.

Untuk menyediakan armada tersebut, tentu butuh anggaran yang cukup besar. Tidak semua pebisnis mampu menyediakannya. Oleh karena itu, ini bisa menjadi peluang usaha untuk Anda dengan menyediakan armada sesuai kebutuhan mereka.

Jika Anda tertarik membuka layanan tersebut, tentunya saatnya untuk mengetahui cara memulai usaha rental mobil yang baik. Anda bisa mempersiapkan armada, mengantongi izin resmi operasional, strategi promosi hingga mengasuransikan armada Anda.

Yang pertama, siapkan armada yang sesuai dengan kebutuhan operasional di area proyek. Unit seperti 4WD, pick up tentunya menjadi pilihan. Selanjutnya, buatlah perizinan agar memastikan layanan Anda mendapatkan legalitas.

Setelah Anda mengantongi izin, saatnya memulai usaha dengan melakukan strategi promosi, termasuk membidik calon klien. Jika perlu, lakukan perkenalkan sembari memberikan penawaran. Yang tidak kalah penting, asuransikan unit Anda demi menghindari persoalan di kemudian hari.

Seperti dalam ulasan di atas, setiap unit usaha butuh adanya kendaraan untuk keperluan operasional. Baik untuk manajemen, karyawan, logistik hingga proyek lapangan.

Hal ini menjadi salah satu bentuk investasi yang membutuhkan anggaran cukup besar. Sehingga membutuhkan hitung-hitungan agar tidak membuat keuangan membengkak lantaran memenuhi hal tersebut.

Hanya saja, tidak semua sanggup menyediakannya lantaran kondisi finansial atau pertimbangan lainnya. Nah, untuk menjawab hal tersebut, opsi penggunaan sarana lewat penyedia sewa armada menjadi solusi terbaik. Seperti pemanfaatan sarana dari bisnis rental mobil tambang di atas.

Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuat layanan sendiri. Jika Anda tertarik menjalankannya, Anda perlu mempersiapkan diri dan mengantisipasi segala untung ruginya agar dapat berjalan semestinya.

Selain itu, memberikan proteksi terhadap unit roda empat untuk rental seperti GPS patut menjadi pertimbangan. GPSKU bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin menambahkan elemen proteksi pada unit Anda.

Tersedia berbagai pilihan jenis produk dengan harga terjangkau. Anda bisa menghubungi Customer Care 24 jam di nomor atau via email di hello@gpsku.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU