7 Cara Membuat Surat Perjanjian Rental Mobil Beserta Contohnya

Mengetahui cara membuat surat perjanjian rental mobil sangatlah penting. Terutama, bagi Anda yang baru mau mulai atau sudah menjadi pemilik bisnis sewa kendaraan, memiliki surat perjanjian sewa merupakan suatu keharusan.

Dengan kepemilikan dokumen tersebut, memberikan keamanan bagi kedua belah pihak, baik penyewa maupun pemilik. Surat ini harus dibuat dengan jelas dan lengkap juga detail agar tidak memicu masalah. Bagaimana cara membuat surat perjanjian rental mobil? Mari simak pada artikel berikut!

Cara Membuat Surat Perjanjian Rental Mobil

cara membuat surat perjanjian rental mobil

Berikut adalah cara membuat surat perjanjian rental mobil yang bisa Anda terapkan untuk berbagai bisnis sewa kendaraan. Termasuk bisnis rental mobil tambang.

1. Judul

Pertama, awali dengan judul yang jelas. Contoh “Surat Perjanjian Sewa Mobil”.

2. Identifikasi Identitas Para Pihak

Kemudian, cantumkan identitas lengkap para pihak yang terkait di dalam surat perjanjian.

Identitas tersebut meliputi nama lengkap, nomor induk kependudukan, alamat, dan nomor yang aktif juga dapat dihubungi.

3. Deskripsi Mobil Sewaan

Selain identitas lengkap, cantumkan juga spesifikasi mobil yang akan penyewa gunakan. Deskripsi mobil meliputi merek, tipe, warna, nomor polisi, kapasitas, dan lain-lain.

4. Harga Sewa

Selanjutnya tuliskan jumlah harga sewa mobil yang sudah disepakati. Harga sewa yang tercantum sudah termasuk pajak dan biaya lainnya.

5. Jangka Waktu Sewa

Setelahnya, tuliskan dengan jelas jangka waktu sewa mobil. Durasi sewa harus tercantum agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Juga menjadi penentu jika mengalami keterlambatan pengembalian untuk landasan penerapan biaya overtime.

6. Jaminan

Cara membuat surat perjanjian rental mobil juga berguna untuk menjamin kelancaran dan keamanan, surat perjanjian harus menyediakan kolom untuk jaminan yang penyewa serahkan ke jasa rental mobil. Jaminan bisa berwujud uang tunai, kartu kredit, atau dokumen berharga lainnya.

7. Ketentuan lain

Dalam ketentuan lain perlu mencantumkan beberapa hal, seperti

  • Aturan pemakaian kendaraan, seperti penggunaan untuk tujuan pribadi atau bisnis, penggunaan di luar kota, juga penggunaan di luar jam operasional;
  • Pelimpahan tanggung jawab atas kerusakan mobil; dan
  • Ketentuan pembatalan;
  • Juga aturan penyelesaian sengketa.

Contoh Surat Perjanjian Rental Mobil

surat perjanjian kontrak sewa mobil

Salah satu cara membuat surat perjanjian rental mobil akan menentukan kelangsungan bisnis rental Anda. Dokumen ini harus dibuat dengan teliti karena nantinya surat ini akan menjadi landasan hukum ketika terjadi hal di luar kendali masing-masing pihak.

Untuk memudahkan, berikut template cara membuat surat perjanjian rental mobil ke perusahaan.

[Perusahaan Jasa Sewa Mobil]

[Alamat Jasa Sewa Mobil]

[Kontak Informasi Jasa Sewa Mobil]

————————————————

SURAT PERJANJIAN SEWA-MENYEWA MOBIL TAMBANG

Pada hari ini, [Tanggal/Bulan/Tahun], yang bertanda tangan di bawah ini:

Pihak Pertama:

Nama: [Nama Pemilik Mobil]

NIK: [Nomor KTP Pemilik Mobil]

Alamat: [Alamat Pemilik Mobil]

Pihak Kedua:

Nama: [Nama Penyewa]

NIK: [Nomor KTP Penyewa]

Alamat: [Alamat Penyewa]

Kedua belah pihak dengan ini telah sepakat untuk mengadakan perjanjian sewa-menyewa mobil dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

Pasal 1

Objek Sewa

Objek sewa dalam perjanjian ini adalah mobil dengan spesifikasi sebagai berikut:

 

Merek: [Merek Mobil]

Tipe: [Tipe Mobil]

Warna: [Warna Mobil]

Nomor Polisi: [Nomor Polisi Mobil]

Tahun Pembuatan: [Tahun Pembuatan Mobil]

Pasal 2

Harga Sewa

Harga sewa mobil yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak adalah sebesar [Jumlah Harga] rupiah per hari (per minggu/per bulan).

Pasal 3

Jangka Waktu Sewa

Jangka waktu sewa mobil yang disepakati oleh kedua belah pihak adalah selama [Jumlah Hari] hari, terhitung sejak tanggal [Tanggal Mulai] sampai dengan tanggal [Tanggal Berakhir].

Pasal 4

Jaminan

Penyewa wajib memberikan jaminan kepada pemilik mobil sebesar [Jumlah Jaminan] rupiah. Jaminan tersebut akan dikembalikan kepada penyewa setelah jangka waktu sewa berakhir dan mobil dalam kondisi baik.

Pasal 5

Ketentuan Penggunaan Mobil

Penyewa wajib menggunakan mobil sesuai dengan fungsinya sebagai kendaraan pribadi. Penyewa tidak diperkenankan menggunakan mobil untuk tujuan komersial, seperti untuk angkutan umum atau angkutan barang.

Pasal 6

Tanggung Jawab atas Kerusakan Mobil

Penyewa bertanggung jawab atas kerusakan mobil yang disebabkan oleh kelalaian atau kesalahannya. Jika terjadi kerusakan pada mobil, penyewa wajib mengganti kerugian kepada pemilik mobil.

Pasal 7

Penyelesaian Sengketa

Segala perselisihan yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian ini akan diselesaikan secara musyawarah. Jika musyawarah tidak berhasil, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui jalur hukum yang berlaku di Indonesia.

Demikian perjanjian ini dibuat dalam rangkap dua, masing-masing bermaterai Rp10.000 dan mempunyai kekuatan hukum yang sama.

[Materai Rp10.000]

Pihak PertamaPihak Kedua
[Nama Lengkap][Nama Lengkap]

Kesimpulan

Dalam membuat surat perjanjian membutuhkan perhatian yang detail dan jelas. Pastikan jika tidak ada satu pun yang terlewat dari informasi cara membuat surat perjanjian rental mobil di atas. Anda bisa menambahkan informasi lain yang relevan ke dalam surat perjanjian.

Untuk keamanan kendaraan Anda, Anda tidak perlu khawatir karena bisa pasang GPS Tracker dari GPSKU. Alat ini berguna untuk melacak pergerakan kendaraan dari mana ke mana secara mudah dan real time. Dengan GPS Tracker, Anda bisa melacak kendaraan dan terhindar dari aksi pencurian yang merugikan.

Artikel terkait :

CLAIM DISCOUNT NOW

Dapatkan promo special pembelian GPS Tracker untuk Pengguna Baru. Klik dibawah ini

claim promo pengguna baru