Cara Merawat Aki Mobil Lebih Awet dan Tidak Cepat Soak

Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet – Salah satu komponen penting dalam mobil adalah Aki ( Accu ) yang memiliki fungsi ataupun prinsip kerja nya untuk menyuplai daya listrik terhadap komponen-komponen mobil lainnya. Seperti yang kita ketahui, aki mobil ataupun motor mempunyai dua jenis yaitu basah dan kering.

Namun banyak yang belum mengetahui bagaimana supaya aki tersebut tidak tekor ataupun soak. Umur aki mobil dapat kita maksimalkan agar tetap awet apabila kita mengetahui cara perawatan nya.

cara merawat aki agar tetap awet

Lalu bagaimana cara merawat aki agar awet dalam jangka waktu yang panjang? Berikut ulasannya :

Cara Merawat Aki Supaya Lebih Awet dan Tidak Cepat Soak

  1. Pilihlah Aki Sesuai Kendaraan Anda

Untuk mobil Avanza usahakan menggunakan aki basah karena sistem sirkulasi pada aki kering belum cukup untuk diterapkan pada suhu yang tinggi. Aki basah bisa menguap dengan sempurna. Jika level air aki kurang, Anda bisa tambahkan sendiri sampai batas maksimal. Minimal sebulan sekali, lakukan pengecekan air aki.

  1. Bersihkan Aki Secara Rutin

Aki yang jarang dibersihkan akan berdampak pada terminal aki. Terminal aki akan lebih sering tertutup debu dan kotoran. Dengan demikian, aki sulit menghantarkan listrik ke komponen mobil lainnya.

sikat aki secara berkala

Gunakan bantuan sikat kawat atau sikat plastik untuk membersihkannya. Akan lebih baik lagi jika sisa air aki dan jamur pada container ikut dibersihkan agar aki dan komponennya lebih awet.

  1. Panaskan Mobil Secara Berkala

Mobil yang jarang dipakai dan lama terparkir di garasi, bisa sangat berdampak pada kelistrikan. Mobil yang jarang mendapatkan perhatian dan tidak pernah dipanaskan mesinnya secara berkala akan membawa dampak buruk. Aki akan lebih cepat soak walaupun sering menggantinya.

Tetapi tidak awet dan tahan lama. Sehingga, walaupun tidak sedang berpergian menggunakan mobil, anda wajib memanaskan mesin mobil minimal dengan durasi 10 menit. Jika memanaskan mesin mobil sebanyak 2 kali sehari, maka itu akan lebih baik lagi.

  1. Periksa Ketersediaan Listrik Di Dalam Aki

Ketersediaan listrik pada aki sangat perlu untuk selalu diperiksa. Air aki yang sudah sedikit sudah pasti membuat mobil anda sulit untuk dinyalakan. Jika sudah seperti itu, segeralah isi ulang aki mobil Anda.

Baca Juga : GPS Mobil Yang Tidak Bikin Boros Aki Mobil

cara cek aki soak

Sedangkan untuk jenis mobil seperti Nissan Serena, menggunakan aki kering akan jauh lebih baik. Intinya, jenis aki bergantung pada tipe mobil Anda. Sehingga Anda harus pintar untuk memiliki pengetahuan seputar mobil Anda.

Mobil seperti Nissan Serena adalah produk dengan keunggulan aki yang tidak cepat soak. Biarpun seperti itu, Anda harus tetap melakukan perawatan aki secara rutin untuk tipe mobil jenis lainnya.

Demikian beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga dengan tips ini, pengetahuan anda menjadi bertambah dananda bisa lebih pintar dalam merawat aki mobil agar tidak cepat tekor dan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2020 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia