Cara Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

Merawat Kelistrikan Pada Mobil – Kelistrikan pada mobil perlu difahami betul-betul ya sobat, dari banyaknya kasus matinya mobil secara total disebabkan karena sistem kelistrikan yang bermasalah, hal ini juga dapat berdampak pada fungsi dari komponen mobil lainnya, perlu diketahui cara merawat yang benar terhadap sistem kelistrikan mobil kesayangan sobat.

Tujuan melakukan perawatan sistem kelistrikan secara berkala agar komponen beserta fungsi nya dapat berjalan dengan baik, contoh nya ketika mobil distarter maka fungsi kelistrikan lah yang berperan penting untuk mengalirkan listrik pada komponen lainnya, jantung dari mobil adalah sistem kelistrikan.

Untuk menghindari mobil mati total, perlu pemahaman secara mandiri tentang merawat sistem kelistrikan, selalu lakukan perawatan sistem kelistrikan secara berkala agar tidak ada yang konslet, lalu bagaimana cara merawat sistem kelistrikan secara berkala sih? Jawabannya ada dibawah ini.

5 Cara Ampuh Merawat Sistem Kelistrikan Mobil Secara Bekala

cara merawat sistem kelistrikan mobil accu

1. Perhatikan Kabel serta Soket

Semacam pada kabel belukut, kabel agen serta kabel yang lain di zona ruang mesin, paling utama kabel aki yang sangat berat tugasnya. Susunan kabel yang tersobek ataupun robek amat berpotensi menciptakan ikatan arus pendek( korsleting) sampai membuat mobil dapat terbakar sendiri.

Sebaliknya situasi soket yang kotor ataupun longgar hendak mengusik kegiatan kelistrikan. Bilas soket bila nampak kotor dengan larutan penetran supaya tidak terdapat penimbunan karat serta lapisan. Janganlah lupa buat mengencangkan soket buat menghindari kemampuan loncatan bunga api yang dapat mencetuskan kebakaran.

2. Jaga Aki Mobil

Dengan cara teratur, cek serta bilas aki ataupun baterai, tercantum kabel aki karena karat hendak menumpuk di kabel aki mobil. Lihat aki serta kabel sebulan sekali buat membenarkan tidak terdapat penumpukan lapisan serta karat.

Cek tingkat larutan aki dengan cara teratur buat aki berair. Janganlah hingga air aki di dasar tingkat minimun ataupun low tingkat sebab hendak membuat sel aki cepat cacat serta tidak dapat menaruh energi listrik.

Memuat air juga tidak bisa melampaui tingkat atas sebab, pada dikala aki panas, air dapat tepercik pergi berbarengan uap yang amat korosif.

Baca Juga 3 Penyebab Mesin Mobil Mati Total

3. Hati- hati Modifikasi Kelistrikan

Sebab seluruh kabel serta sistem kelistrikan kendaraan silih tersambung satu serupa lain, kekeliruan pada satu titik hendak berakibat besar pada semua sistem.

Tidak terdapat salahnya bila kalian mau melaksanakan modifikasi yang berkaitan dengan kelistrikan mobil, semacam upgrade audio ataupun lampu, yakinkan buat memberikan pekerjaan pada ahlinya.

Tidak hanya itu, janganlah asal pasang perlengkapan yang dapat berdampak parah kepada sistem kelistrikan mesin serta kendaraan. Bila mau melaksanakan pergantian, janganlah ragu buat menghadiri bengkel resmi buat diskusi.

4. Pasang Fitur Elektronik

Salah satu pengganti buat mendongkrak daya mesin merupakan dengan memasang fitur elektronik bonus berbentuk chip microcomputer ataupun lazim diucap piggyback.

Tetapi sistem kegiatan piggyback yang mengganti pola kegiatan engine control bagian( ECU) berakibat lumayan besar untuk mesin. Pemasangan pigyback itu membuat ECU dituntut berkerja ekstra keras.

Memanglah daya mobil hendak lebih responsif dibanding setingan standar pabrikan, tetapi dampak sisi dari pemakaian pigyback itu dapat membuat ECU mobil cacat, apalagi jebol. ECU yang cacat harga serta biaya gantinya mahal.

5. Jauhi Kebocoran Cairan

Piket bagian kelistrikan supaya bebas dari rembesan pelumas serta larutan lain sebab hendak memunculkan karat serta korsleting. Tidak hanya itu, terdapat resiko hawa panas dari percikan larutan dapat menimbulkan kabel terbakar.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka sistem kelistrikan akan terjaga dengan baik yang berdampak pada Kesehatan mobil tetap terjaga, jangan lupa selain menjaga mobil dengan baik, tingkatkan keamanan mobil anda dengan memasang sistem alat pelacak atau gps mobil yang akurat, tekan tombol chat dibawah ini ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia