Tips Cara Pasang GPS Mobil di Avanza Lengkap dengan Video

Apakah bro n sis sudah punya GPS mobil namun bingung cara memasangnya? Bila ya, bro n sis sedang membaca artikel yang tepat. Pasalnya, di sini akan diberi tahu bagaimana cara pasang GPS mobil terutama di Avanza

Kalau bro n sis tertarik, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Bagaimana Cara Memasang GPS di Mobil Avanza:

Sebetulnya bro n sis bisa lihat bagaimana cara memasang GPS di mobil lewat buku panduan GPS. Namun, secara umum, GPS biasanya dipasang dengan langkah-langkah berikut.

  1. Ambil Kabel GPS

GPS biasanya memiliki dua jenis kabel, yaitu kabel plus dan minus. Kabel plus mempunyai ciri khas berupa warnanya yang merah. Kabel ini biasanya dinamai dengan sebutan kabel power langsung. Adapun kabel minum punya ciri khas berupa warnanya yang hitam, serta lazim disebut kabel ground.

  1. Sambungkan Kabel Plus GPS

Setelah mengambil dan mengetahui dua kabel GPS, bro n sis harus langsung pasang kabel plus-nya ke sekering GPS. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya konsleting arus pendek pada GPS dan mobil. Kalau itu sampai terjadi, maka GPS dan mobil bro n sis tidak akan berfungsi secara maksimal.

  1. Pasang GPS Pada Bagian Mobil

Ini adalah cara terakhir yang harus dilakukan bro n sis yang hendak pasang GPS. Pasanglah semua komponen yang ada pada GPS ke dalam bagian mobil yang hendak dipasang.

Bagian Mobil Yang Cocok Untuk Dipasangi GPS

GPS tidak bisa dipasang di sembarang tempat. Hanya beberapa bagian mobil tertentu saja yang cocok untuk dipasangi GPS. Satu di antaranya yang sering direkomendasikan adalah bagian dashboard mobil. Bagian ini direkomendasikan karena selain aman, juga bisa bikin sinyal GPS terpancar dengan kuat.

Bro n sis pun sebetulnya bisa memasang GPS di bagian mobil lainnya. Namun, dengan catatan bagian tersebut bisa bikin sinyal GPS tetap kuat, serta membuat GPS tidak bisa diketahui oleh maling. Jangan sekalipun memasang GPS ke bagian mobil yang sering kena air. Tentu bro n sis tak ingin kan kalau GPS yang telah bro n sis rusak karena cipratan air?

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang GPS Di Mobil

Ada sejumlah hal yang patut bro n sis perhatikan, bila bro n sis hendak memasang GPS di dalam mobil. Hal-hal itu perlu diperhatikan agar GPS bisa terpasang dan berfungsi dengan baik. Adapun hal-hal yang dimaksud adalah:

  1. Komponen GPS

GPS punya banyak komponen di dalamnya. Kabel plus dan minus adalah dua di antaranya. Pastikan bro n sis sudah kenal betul perangkat-perangkat tersebut, mulai dari bentuk hingga cara memasangkannya. Hal itu tentu demi berfungsinya GPS pada mobil bro n sis sekalian.

  1. Server GPS

Setiap GPS pasti punya server-nya sendiri-sendiri. Untuk soal ini, pastikan agar server GPS bro n sis merupakan server bawaan dari GPS tersebut. Hal ini penting diperhatikan, agar bro n sis nantinya nggak bingung untuk menentukan mana server dari GPS kepunyaan bro n sis.

GPS yang sudah punya server sendiri juga bikin bro n sis lebih mudah dalam mengoperasikan GPS bro n sis. Jadi, sekali lagi tolong pastikan kalau GPS kepunyaan bro n sis sudah punya server sendiri.

Tips Mengatur Setting-an GPS Di Mobil

Selain memerhatikan sejumlah hal penting, kami juga bakal ngasih bro n sis beberapa tips penting dalam mengatur setting-an GPS yang udah terpasang di mobil. Tips-tips tersebut adalah:

  1. Pastikan Sistem GPS-nya Sudah Ter-Install

Sebelum mengatur setting-an GPS, bro n sis harus pastikan kalau sistem GPS-nya udah ter-install dengan benar. Bro n sis bisa mengikuti panduan yang telah tertera dalam manual book GPS untuk melakukannya. Pastikan pula agar tips ini dilakukan saat bro n sis masih berada di dalam rumah. Bila sudah dilakukan, cobalah untuk memeriksa GPS beberapa kali untuk memastikan sistem GPS sudah ter-install.

  1. Pastikan Setting-an GPS Sudah Tepat Dan Jangan Mengubahnya Lagi Saat Berada Di Tengah Jalan

Sesudah meng-install sistem GPS, bro n sis harus segera mengatur setting-an GPS-nya. Ada beberapa hal yang harus bro n sis atur dalam setting-an GPS bro n sis. Volume GPS, pemilihan rute, dan pencantuman lokasi yang hendak dituju adalah tiga di antaranya.

Pastikan untuk tidak mengubah setting-an yang telah bro n sis lakukan. Apalagi, jika sampai melakukannya ketika dalam perjalanan. Melakukan hal tersebut akan membuat bro n sis kebingungan dalam menentukan rute untuk sampai ke lokasi yang dituju. Kalaupun mau mengubah setting-an GPS bro n sis, bro n sis bisa melakukannya saat bro n sis udah sampai di lokasi tujuan.

  1. Selalu Bawa Charger Dan Baterai Cadangan GPS

Ada kalanya baterai GPS bro n sis kehabisan atau bahkan bocor dan tidak bisa dipakai lagi. Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, bro n sis harus selalu membawa charger dan baterai cadangan. Untungnya, saat ini sudah banyak GPS untuk mobil yang telah dilengkapi charger dan baterai cadangan.

Masalah-Masalah Dalam Pemasangan GPS Serta Solusinya

Sejumlah permasalahan mungkin bakal bro n sis alami saat bro n sis telah memasang GPS di dalam mobil. Walau begitu, bro n sis tak perlu khawator. Sejumlah permasalahan tersebut masih bisa ditangani dengan sejumlah solusi.

Adapun sejumlah masalah yang mungkin bakal dihadapi oleh bro n sis (tentu saja beserta solusinya) adalah sebagai berikut.

  1. GPS Tidak Kunjung Mati Bahkan Saat Aki Mobil Terlepas

Daya GPS sangat bergantung pada daya aki mobil. Bila aki mobil terlepas atau mati, maka GPS pun juga akan ikut mati. Namun, dalam beberapa kasus, ada saja GPS yang tidak kunjung mati sekalipun aki pada mobil sudah dilepas.

Untuk mengatasi masalah ini, bro n sis harus segera mengganti baterai GPS dengan baterai cadangan. Fungsi baterai cadangan sendiri adalah mampu membuat GPS tetap menyala, meski tanpa bantuan daya dari aki mobil. Baterai cadangan sendiri mampu membuat GPS tetap menyala selama kurang lebih 5 jam.

  1. GPS Tidak Dapat Melacak Lokasi Secara Akurat

Ada kalanya GPS yang bro n sis punya tak bisa melacak lokasi secara akurat. Ini tentu bikin bro n sis kesal jadinya. Bila itu sampai terjadi, mohon jangan terlarut dalam rasa kesal. Segeralah melakukan berbagai langkah solutif yang bisa bro n sis simak sebagai berikut:

  1. Lihat Kondisi Terkini Kendaraan Bro n Sis

Perhatikan kondisi terkini kendaraan bro n sis. Apakah dalam kondisi menyala atau justru sedang mati. Kalau kondisi kendaraan bro n sis mati dan GPS bro n sis nggak bisa ngelacaknya, maka itu adalah hal yang wajar. Soalnya, GPS memang tidak bisa melacak lokasi mobil secara akurat, bila mobil dalam Keadaan mati.

  1. Periksalah Sinyal Dan Jumlah Satelit GPS

GPS yang baik biasanya memiliki sinyal yang kuat, serta memiliki satelit minimal 3 buah atau lebih. Kalau sinyal dan jumlah satelitnya sudah ideal namun GPS tetap nggak bisa lacak lokasi bro n sis, maka perhatikan tempat di mana GPS bro n sis berada.

Jika GPS tersebut berada di daerah yang tak terjangkau sinyal GPS, maka itu adalah hal wajar. Soalnya, sinyal GPS tidak bisa menyala bila berada di daerah yang tak terjangkau sinyal GPS seperti hutan dan basement. Bila itu yang terjadi, segera pindahkan mobil beserta GPS ke daerah yang ramah untuk GPS mobil.

  1. Hubungi Pihak Penyedia GPS

Ini adalah solusi paling praktis dan aman bila GPS bro n sis tidak bisa melacak lokasi secara akurat. Lewat penyedia GPSKU nantinya bakal memeriksa kondisi GPS bro n sis, serta memberikan solusinya. Entah itu dengan memperbaiki GPS atau menggantinya dengan yang baru.

Itulah sejumlah pembahasan soal bagaimana cara memasang GPS di mobil. Semoga bro n sis jadi mengerti bagaimana cara memasang GPS di mobil. Bila ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Sampai berjumpa di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.