Cara perawatan Alat Berat Excavator

GPSKUAlat berat atau sering kita sebut dengan Excavator, yang mana cara keja dari alat ini memiliki waktu yang lebih jaul lebih tinggi di bandingkan kendaraan lainya, untuk alat ini bisa mencapai jam kerja hngga 10 jam lebih, hal terseut membuat resiko kerusakan pada kendaraan excavator jauh lebih rentan, maka pencegahan hal tersebut dengan adanya perawatan berkala Excavator,

Sebab ketika kendaraan yang berkerja lebih dari 10 jam dalam 1 hari membuat mesin cepat panas yang megakibatkan kerusakan pada mesin, oleh karena itu kami sedikit mengulas bagaimna cara perawatan yang harus di lakukan bagi pemilik atau operator untuk perawatan excavator.

4 Cara Merawat Alat Berat Excavator

cara perawatan excavator alat berat

1. Perhatika kebersihan oli 

Dalam merawat excavator. oli merupakan hal yang paling utama di perhatikan, sebab oli yang kotor akan mempengaruhi sistem kerja dari excavator tersebut, bahkan mesin membuat mesin akan cepat panas sehingga mempengaruhi performa excavator itu sendiri. Perawatan secara berkala pada  excavator.

2. Perhatikan Level Oli 

Pengecekan level oli harus rutin kita lihat sebelum menggunakan kendaraan alat berat ini. Jagan sampai level oli di bawa setandar yang mana akan membuat performa dari excavator mengalami tidak lancar yang membuat excavator tidak berfungsi dengan baik, mulai dari komponen- komponen yang ada pada excavator itu sendiri.

Baca Juga 3 Cara Menghilangkan Baret Mobil

3. Mengganti Saringan Air Cleaner ( Saringan Udara )

Saringan udara merupakan hal yang penting juga yang harus kita perhatikan untuk merawat excavator, yang mana membuat ydara yang masuk  selalu bersih tidak tercampur dengan debu yang mana jika saringan udara kotor akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada pada bagian tangki solar yang membuat pembakaran yang tidak sempurna.

4. Pastikan fuel fiter tertutup dengan kencang

Hal yang harus selalu operator cek tutup fuel filter, kadang operator hal yang sepele seperti ini selalu di abaikan padajal hal ini merupakan salah satu dari perawatan excavator yang akan berkerja berat, maka harus selalu pastikan fuel filter ini dalam keadaan tertutup dengan rapat dan kencang.  Bukan itu saja pastikan juga operator alat berat membuang air kotor yang di hasilkan dari endapan solar, supaya filter tersebut tidak penuh kotoran dari endapan.

Disini kami juga akan memberikan beberapa tabel service preventive dalam pergantian oli dan filter untuk unit excavator pada umumnya :

NO Item Replacement Intervar (Hours)
1 Engine Oil 500
2 Engine oil Filter 500
3 Fuel main filter 1000
4 Fuel Prefilter 500
5 Hydraulic Oli Filter 1000
6 Hydraulic Oil 5000
7 Hydraulic tnak Breather 500
8 Corrosion Resistor 1000
9 Fine Case oil 2000
10 Machinery Case Oil 1000
11 Gen Oil Change Filter Clean 1000
12 Swing Motor Oil Change 1000

Informasi ini begitu sangat penting bagi operator Excavator yang harus di ketahui, karena jika kita selalu memperhatikan perawatan pada kendaraan makan resiko akan kerusakan kendaraan pun tidak akan terlalu cepat, bahkan jika di perhatikan terkait perawatan, alat berat pun akan berumur panjang yang memberikan keuntungan bagi pemilik Excavator.

Dan jika terjadi kerusakan pun biaya yang harus di keluarkan tidak akan terlalu besar. Maka perawatan untuk kendaraan sangat lah penting jadi jagan sampai di sepelekan hal seperti ini bagi pembisnis kontruksi pada kendaraan alat berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia