Coating Mobil: Solusi Melindungi Cat Mobil dari Kerusakan

Coating mobil adalah salah satu solusi yang dapat Anda pilih untuk melindungi kendaraan Anda agar tidak tergores atau rusak. Selain melindungi, coating juga akan meningkatkan tampilan kendaraan Anda sehingga terlihat lebih bersih, mengkilap dan menutupi cat yang kusam.

Coating Mobil Adalah?

harga coating mobil

Pada dasarnya, coating mobil adalah proses melindungi kendaraan Anda sekaligus ‘menghiasnya’.

Material coating mobil adalah sejenis perlindungan yang ekstra dari ancaman cuaca atau lingkungan yang dapat memudarkan cat kendaraan seperti jamur atau air. Bahkan, ada jenis lapisan yang sudah memiliki bahan anti air dan anti gores.

Karena itu, Anda dapat memilih jenis lapisan kendaraan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Apakah Anda mencari yang berbahan dasar wax, nano atau ceramic.

Mungkin Anda bertanya sebenarnya, coating mobil adalah bertujuan untuk apa saja? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu Anda ketahui bahwa, proses pelapisan pada kendaraan Anda dengan lapisan khusus secara umumnya dapat melindungi kendaraan Anda dari berbagai macam lingkungan yang kurang bersahabat.

Apakah itu cuaca yang ekstrim, atau dari keadaan sekitar yang dapat menggores kendaraan Anda dengan mudah. Sehingga, dengan menggunakan lapisan mobil maka akan meminimalisir kerusakan pada cat asli kendaraan yang Anda miliki.

Manfaat Memasang Coating 

coating adalah

Terdapat berbagai manfaat ketika Anda memutuskan untuk memasang lapisan pada kendaraan Anda. Dengan memilih jenis dan merk coating mobil terbaik, maka Anda dapat merasakan beberapa benefit berikut ini:

Mencegah Lunturnya Cat Kendaraan

Manfaat pertama dari menggunakan lapisan pada kendaraan Anda adalah mencegah dari lunturnya warna cat. Penggunaan kendaraan dalam jangka panjang tanpa terlapisi coating akan membuat cat pada kendaraan Anda kusam, pudar bahkan luntur.

Karena itu, dengan menggunakan lapisan yang tepat, maka kendaraan Anda akan terhindar dari masalah tersebut sekaligus menghemat biaya perawatan.

Meminimalisir Goresan

Manfaat selanjutnya dari coating mobil adalah, dapat meminimalisir goresan atau kerusakan pada kendaraan karena pemakaian. Kondisi jalanan yang berubah-ubah sangat rentan untuk merusak cat pada permukaan kendaraan Anda.

Maka, menggunakan jenis lapisan kendaraan yang tepat akan meminimalisir kerusakan karena goresan pada cat kendaraan Anda

Anti Air dan Jamur

Selain dua keuntungan di atas, ternyata air dan jamur juga dapat membuat tampilan kendaraan Anda menjadi kusam. Terlebih jika kendaraan yang kebasahan tersebut tidak segera Anda keringkan.

Di sinilah peran lapisan kendaraan akan membantu agar tetap terlindungi. Beberapa jenis lapisan kendaraan mobil memiliki bahan yang anti air dan jamur sehingga tidak menempel.

Membuat Kendaraan Semakin Mengkilap

Selain manfaat di atas, memakai lapisan juga dapat membuat tampilan kendaraan Anda menjadi lebih mengkilap, namun ini tergantung pada jenis lapisan apa yang Anda gunakan.

Ada jenis lapisan yang membuat kendaraan Anda mengkilap, namun ada juga jenis lapisan kendaraan yang membuatnya terlihat lebih gelap karena bahannya yang tidak memantulkan cahaya.

Kembali lagi pada selera Anda dalam memilih jenis lapisan kendaraan seperti apa yang Anda sukai dan inginkan untuk terpasang pada mobil Anda.

Jenis Coating Mobil

jenis coating mobil

Setelah mengetahui manfaat menggunakan lapisan coating pada kendaraan Anda, sekarang saatnya Anda mengetahui jenis-jenisnya. Terdapat berbagai macam jenis lapisan kendaraan yang Anda pilih, namun berikut ini merupakan beberapa pilihan yang umum dan banyak orang-orang minati:

Nano Coating

Jenis yang pertama ini terkenal akan bahannya yang sangat tipis namun memiliki ketahanan yang sangat baik.

Ketika Anda memasang lapisan jenis Nano pada kendaraan Anda, maka kendaraan Anda akan terlindung dari cuaca ekstrim yang mampu merusak cat sekaligus mempertahankan warna asli cat kendaraan Anda karena telah terlindungi lapisan ini pada permukaannya

Jenis lapisan Nano memiliki karakteristik yang tipis dan memberikan efek kilap yang baik pada kendaraan Anda. Memasang lapisan jenis ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu menyemprotkannya pada permukaan kendaraan yang Anda kehendaki dan biarkan beberapa saat hingga mengering.

Ceramic Coating

Jenis lapisan yang kedua adalah Ceramic Coating. Berbeda sedikit dengan jenis yang pertama, lapisan Ceramic memiliki lapisan yang sedikit lebih tebal. Sehingga, jenis lapisan ini mampu melindungi kendaraan Anda dari goresan dengan lebih baik jika Anda bandingkan dengan jenis lapisan Nano.

Ceramic Coating juga mampu memberikan perlindungan terhadap cuaca yang kurang bersahabat yang dapat membuat warna cat asli kendaraan Anda memudar.

Jenis Ceramic Coating memerlukan teknik dan alat khusus untuk mengaplikasikannya pada kendaraan Anda. Karena itu, sebaiknya Anda memilih layanan jasa yang memiliki keahlian khusus dalam memasang lapisan Ceramic pada kendaraan Anda.

Wax Coating

Jenis lapisan yang terakhir pada artikel ini adalah Wax. Lapisan ini cocok bagi Anda pengguna kendaraan yang menginginkan tampilan kendaraan yang tidak terlalu mengkilap dan memantulkan cahaya berlebih.

Namun perlu Anda ketahui bahwa, jenis lapisan Wax memiliki kekurangan pada ketahanan yang tidak sebaik dua pilihan lapisan di atas. Meski Wax mampu melindungi kendaraan Anda dari goresan, namun jenis lapisan ini tidak dapat bertahan terlalu lama

Kelebihan dari lapisan Wax adalah cara pasangnya yang mudah, cepat dan harga yang relatif murah dari dua pilihan sebelumnya.

Harga Coating Mobil

harga coating mobil

Jika Anda ingin memasang coating pada kendaraan Anda, sebaiknya Anda mengetahui kisaran harga yang harus Anda persiapkan. Harga lapisan mobil pada dasarnya bervariasi dan tergantung pada beberapa faktor.

Faktor seperti merk, ukuran kendaraan, dan jenisnya akan sangat mempengaruhi biaya yang harus Anda keluarkan. Namun sebagai gambaran, berikut ini adalah kisaran harga dari masing-masing jenis lapisan untuk kendaraan Anda.

  • Jenis lapisan Nano coating mobil adalah: Rp1-3 juta
  • Jenis lapisan Ceramic coating mobil adalah: Rp3-10 juta
  • Jenis lapisan Wax coating mobil adalah: Rp100-500 ribu

Kemudian jika Anda ingin memasang coating kendaraan, sebaiknya Anda memilih salon yang sudah berpengalaman dan terjamin kualitasnya. Lalu jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor pendukung lainnya seperti kekurangan coating mobil dan biaya ongkos pasang lapisan yang Anda inginkan pada kendaraan Anda,

Kesimpulan

coating mobil

Proses pelapisan cat pada kendaraan Anda merupakan sebuah proses perlindungan tambahan dengan menggunakan bahan-bahan khusus yang dapat memberikan berbagai keuntungan pada kendaraan Anda.

Anda dapat merasakan manfaat seperti: kendaraan yang terlindungi lebih baik dari goresan atau cuaca ekstrim, meminimalisir pudarnya cat kendaraan Anda, dan memberikan nilai estetik yang cantik pada kendaraan Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan keamanan dan perlindungan terhadap kendaraan Anda, sebaiknya Anda menggunakan GPS Tracker dari GPSKU yang dapat melacak kendaraan secara realtime dengan akurat.

Jadi, coating mobil adalah solusi yang tepat untuk melindungi kendaraan dari berbagai kendala yang dapat merusak tampilan permukaan kendaraan Anda. Bahkan jika Anda menggunakan cat mobil terbaik sekalipun, ada baiknya Anda pertimbangkan menggunakan coating mobil adalah bertujuan untuk perlindungan ekstra.

contact-us-donk