6 Fungsi Spoiler Mobil Berdasarkan Bentuk & Jenisnya

Spoiler adalah salah satu aksesori umum yang tidak hanya ada pada mobil sport, tetapi juga sedan dan roadster. Bahkan, komponen tambahan ini sudah banyak ditemukan di tepi atap belakang unit hatchback dan SUV. Jadi, apa fungsi spoiler mobil dan bagaimana cara kerjanya?

Mengenal Komponen Spoiler

Mengenal Komponen Spoiler pada Mobil

Jika Anda berpikir bahwa aksesoris ini hanya bertujuan untuk mempercantik tampilan saja, hal tersebut salah. Komponen ini sebenarnya berperan penting dalam aerodinamis dan efisiensi performa kendaraan.

Spoiler adalah komponen aerodinamis yang digunakan pada unit roda empat untuk mengurangi hambatan. Komponen ini akan mengurangi pergerakan udara di seluruh bodi kendaraan yang sedang melaju. Gerakan udara yang dimaksud adalah turbulensi atau tarikan.

Komponen ini umumnya terpasang pada bagian belakang unit roda empat. Materialnya menggunakan bahan yang terbuat dari plastik atau serat ringan dan tahan seperti karbon hingga magnesium.

Sebelumnya, komponen ini banyak terpasang pada sport car untuk tujuan aerodinamis. Namun belakangan ini, komponen tersebut juga terpasang pada berbagai jenis kendaraan agar terlihat lebih sporty.

Baca Juga: Tips Modifikasi Mobil Menggunakan Spoiler

Manfaat Spoiler 

Manfaat Spoiler 

Apa fungsi spoiler pada mobil? Fungsi utamanya adalah berkaitan dengan aerodinamis unit roda empat dan mengatur aliran udara di sekitarnya seiring pergerakan mobil. Komponen ini mengalihkan aliran udara alami saat kendaraan melaju.

Komponen ini juga memberikan peningkatan cengkeraman pada poros belakang mobil. Kemudian membantu stabilitas pengereman kendaraan, karena lebih mudah mengerem pada kecepatan tinggi.

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, terutama jika unit roda empat Anda juga memiliki komponen ini di bagian depan atau penahan udara. Pasalnya, komponen tersebut menggerakkan udara di sekitar kendaraan dan mengurangi hambatan.

Jenis dan Fungsi Spoiler

Jenis Spoiler dan Fungsinya

Fungsi komponen ini adalah memberikan kontrol terhadap pergerakan udara yang berada di atas unit roda empat. Kemudian, mengaturnya sebelum terjadi adanya turbulensi atau guncangan. Komponen ini akan mampu menghadapi gaya angkat saat melaju dengan kecepatan tinggi apabila rancangannya sesuai. Kemudian menjaga bagian belakang tetap menempel kuat ke jalan.

Ada banyak jenis dengan fungsi yang berbeda. Ada pengguna yang mengoptimalkan fungsinya, ada pula yang hanya bertujuan ingin mempercantik desain kendaraan.

Berikut adalah jenis dan fungsi spoiler pada mobil :

1. Pedestal 

Ini adalah jenis yang paling umum untuk membantu meningkatkan performa peningkatan pada banyak unit roda empat. Namun, desainnya juga dapat berguna untuk mempercantik tampilan. Umumnya, akan terpasang di bagian belakang.

Bentuknya menyerupai sayap yang memanjang melintasi bagian belakang unit roda empat. Tumpuannya menggunakan pilar khusus. Beberapa pabrikan tidak jarang memasang fitur tambahan ini pada unit yang mereka produksi.

Kegunaan spoiler mobil ini adalah untuk mengubah aliran udara yang keluar dari bagian belakang kendaraan dan meningkatkan gaya ke bawah pada roda belakang. Hal ini meningkatkan traksi pada berpenggerak roda belakang dan meningkatkan penghematan bahan bakar.

2. Front 

Jenis ini berfungsi untuk mengimbangi komponen yang ada di bagian belakang. Tujuannya adalah memberikan keseimbangan ketika unit roda empat Anda melaju dalam kecepatan yang tinggi.

Umumnya, komponen ini berada di sisi bawah bumper depan, sehingga akan mendekatkan jarak antara unit roda empat dengan permukaan jalan. Ini akan membuat aliran udara mengecil dari bawah, yang kemudian mengurangi potensi unit roda empat oleng, saat sedikit terangkat dalam posisi melaju kencang.

Komponen ini menjadi titik kontak antara kendaraan dengan benda di jalanan, sehingga akan membantu Anda agar terhindar dari objek berbahaya.

Kesimpulannya, sangat penting memberikan keseimbangan dengan memasang komponen tersebut, tidak hanya pada bagian belakang saja namun juga depan. Dengan begitu, Anda bisa tancap gas lebih stabil ketika masuk kecepatan tinggi.

3. Lip 

Komponen ini bertujuan untuk meningkatkan aerodinamika dan stabilitas aliran udara, meningkatkan performa, serta mengurangi hambatan saat udara melewati bagian belakang unit roda empat. Selain itu, lip juga bisa menambah kesan stylish pada bagian belakang dan mempercantik tampilan desain agar lebih sporty.

Jenis spoiler mobil ini punya desain yang cukup simpel tapi elegan, sekaligus dapat mengurangi gaya angkat untuk bagian belakang.

Umumnya, ini menjadi spoiler mobil sedan, namun, sebagian besar hanya untuk fungsi estetika saja. Jenis spoiler ini cocok untuk Anda yang ingin tampil lebih sporty namun tidak terlalu mencolok.

4. Wing 

Jenis ini umumnya banyak terpasang pada jenis kendaraan balap. Ukurannya lebih besar dibandingkan jenis pada umumnya dan memiliki desain yang terbilang biasa.

Anda sebaiknya tidak menggunakan jenis satu ini karena memang bukan menjadi tambahan yang cocok unit roda empat harian. Bentuknya berbeda dari yang biasa karena menyesuaikan dengan desain unit balap. Apalagi ukuran sayapnya juga besar, sehingga lebih cocok untuk tunggangan balap dengan performa tinggi.

5. Side Skirt 

Spoiler side skirt mirip dengan spoiler depan karena terpasang di bodi bagian bawah. Jenis ini biasanya terpasang bersamaan dengan spoiler depan karena keduanya saling berkesinambungan, yaitu untuk mengatur aliran udara di bawah kendaraan.

Side skirt juga biasa terpasang di sepanjang sisi unit roda empat untuk mengurangi ground clearance di atas permukaan jalan. Desain ini menciptakan tekanan udara yang lebih rendah. Singkatnya, jenis ini mampu meningkatkan daya tahan kendaraan di jalan dan memungkinkan untuk melewati tikungan dengan kecepatan lebih tinggi.

6. Roof 

Roof merupakan komponen tambahan yang umumnya terpasang pada jenis wagon, SUV atau hatchback. Tanpa tambahan komponen ini, unit berukuran besar akan mengalami turbulensi pada aliran udara di bagian atas kaca belakang.

Kondisi tersebut menciptakan udara dengan tekanan rendah, yang dapat menghambat unit roda empat untuk melaju lebih cepat. Sehingga, tarikan akan terasa lebih berat.

Jika Anda mengemudi cukup cepat atau menyukai balapan, memiliki komponen ini akan sangat bermanfaat. Karena dapat membantu stabilitas pengereman pada kecepatan tinggi.

Komponen ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, terutama jika unit roda empat Anda memiliki komponen di bagian depan atau penahan udara. Sehingga dapat menggerakkan udara di sekitar kendaraan dan mengurangi hambatan.

Nah, itulah penjelasan tentang fungsi spoiler mobil. Memiliki aksesoris ini memang membuat kendaraan Anda semakin keren. Selain aksesoris, Anda juga butuh alat lain yang tak kalah penting, yaitu GPS Tracker. Dapatkan alat pelacak multifungsi ini hanya di GPSKU, yang akan membuat aktivitas berkendara Anda akan semakin nyaman dan menyenangkan.

Copyright © 2008 - 2024 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | PT.GPSKU Karya Indonesia