Geofence GPS: Pengertian dan Benefit untuk Bisnis

Dalam urusan manajemen armada, memiliki teknologi yang tepat adalah kunci demi mencapai operasional bisnis yang efisien. Penggunaan geofence GPS menawarkan banyak manfaat dalam pengelolaan bisnis Anda.

Penggunaan fitur ini akan memungkinkan Anda membuat dan memantau pembatasan khusus dalam rute armada. Geofence GPS membuat Anda bisa melacak unit armada beserta batas-batas yang Anda buat. Artinya, fitur ini bisa menjadi pengawas atas kepatuhan pengemudi terhadap persyaratan dan parameter rute tertentu.

Apa Itu GPS Tracking with Geofence?

Apa Itu Geofence GPS

Geofencing adalah batas imajiner yang ditarik di sekitar suatu titik oleh sistem pelacakan GPS. Ini adalah pembuatan zona virtual yang akan memberikan Anda notifikasi ketika salah satu unit Anda memasuki atau meninggalkan area tertentu.

Dengan membuat parameter ini, maka Anda dapat memeriksa kapan kendaraan telah memasuki atau meninggalkan area tertentu. Anda cukup memilih lokasi dan memutuskan seberapa luas area yang akan masuk ke dalam pagar imajiner.

Setelah pembatasan wilayah Anda buat, pembatasan tersebut dapat Anda gunakan untuk menyampaikan pemberitahuan. Misalnya, sistem pelacak dapat memberitahu Anda setiap kali salah satu unit Anda memasuki atau meninggalkan area tersebut.

Fitur ini dikembangkan untuk memastikan bahwa pengemudi tetap berada dalam batas-batas yang ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini memudahkan manajer untuk memantau pengemudi saat bekerja, sehingga dapat bekerja sesuai rute, dengan tujuan mendorong efisiensi serta keuntungan perusahaan.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk keperluan tertentu berkaitan dengan GPS fleet management. Berikut adalah beberapa contohnya :

  • Masuk dan meninggalkan tempat kerja
  • Keamanan
  • Menuju lokasi pengiriman barang
  • Memasuki kawasan rawan kemacetan
  • Melacak jumlah kunjungan ke satu lokasi
  • Mengukur waktu yang dihabiskan untuk operasional
  • Penagihan pelanggan

Manfaat GPS Geofence Location

Manfaat Geofence GPS

Fungsi pembatasan wilayah lebih dari sekadar untuk melacak keberadaan pekerja Anda. Cara ini sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis yang ingin meningkatkan produktivitas, menyederhanakan operasi bisnis, dan menciptakan pengalaman pelanggan lebih baik.

1. Mengamankan Aset

Fitur ini dapat melacak aset bernilai tinggi, seperti kendaraan atau peralatan perusahaan. Jika suatu aset meninggalkan area yang ditentukan, hal ini dapat memicu peringatan sehingga pemiliknya mengetahui di mana aset tersebut berada dan segera dapat mengambil tindakan yang tepat.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Tanpa teknologi ini, Anda tentu harus repot-repot untuk memanggil karyawan secara manual hanya demi mengetahui apakah mereka berhasil sampai ke lokasi kerja. Hal ini tentu saja buang-buang waktu dan tenaga.

Namun karena fitur ini akan mengirimkan peringatan setiap kali pekerja melewati batas yang telah ditentukan, Anda tidak perlu lagi membuang waktu menunggu. Anda tidak perlu lagi menunggu mereka membalas panggilan Anda atau menggunakan cara yang membuang waktu lainnya.

Fitur ini adalah salah satu cara paling efisien untuk mengontrol operasional bisnis. Anda akan mengetahui kapan petugas meninggalkan tempat tertentu, kapan mereka kembali, serta berapa lama mereka tinggal.

Anda kemudian dapat mengumpulkan data ini dan memastikan sistem pengupahan sesuai dengan yang petugas kerjakan. Efisiensi adalah segalanya.

3. Mencegah Penggunaan Alat Operasional yang Tidak Tepat

Meskipun Anda mungkin memiliki kebijakan penggunaan kendaraan yang jelas, karyawan bisa saja tidak selalu mengikuti aturan tersebut. Penggunaan unit yang tidak sah tentu saja akan merugikan bisnis Anda, bahkan memicu peningkatan risiko kerusakan aset, potensi kecelakaan, dan kemungkinan terburuk lainnya.

Untungnya, teknologi ini dapat membantu Anda menghentikan penyalahgunaan alat operasional. Karena Anda akan langsung mendapat peringatan saat salah satu karyawan Anda keluar dari area yang ditentukan. Anda akan mengetahui saat pengemudi menuju ke arah yang salah atau meninggalkan lokasi kerja.

Hal ini mencegah perilaku tidak semestinya karena karyawan memahami bahwa Anda mengetahui semua pergerakan unit operasional.

Jika Anda gabungkan dengan pelacakan GPS live location tracker, fitur ini akan memberi Anda kemampuan untuk mengawasi unit operasional perusahaan. Sistem selanjutnya akan memastikan karyawan hanya mengemudikannya untuk tujuan ditentukan.

4. Meningkatkan produktivitas 

Apakah karyawan Anda menghabiskan waktu di luar padahal seharusnya mereka bekerja? Apakah mereka pernah berada di rumah atau tempat kerja terlalu lama sehingga membuat frustasi pelanggan yang seharusnya mendapatkan pelayanan?

Perilaku ini tentunya dapat merugikan bisnis Anda dalam banyak hal, termasuk hilangnya pendapatan dan menurunnya kepuasan pelanggan. Saat Anda berinvestasi dalam teknologi ini, maka Anda dapat dengan mudah melacak tren perilaku karyawan.

Dengan menggabungkan data geofencing dengan informasi lain seperti waktu perjalanan, rute dan jarak tempuh, Anda dapat mengetahui di mana dan bagaimana pekerja Anda mungkin membuang waktu. Selanjutnya, ini akan membantu mereka membuat rencana untuk mengelola hal-hal ini dengan lebih baik.

Baca juga: Mengenal GPS Fleet Management dan Benefitnya

Cara Kerja Geofence in GPS

Cara Kerja Geofence GPS

Fitur ini adalah berguna untuk menciptakan batas virtual yang dapat Anda tentukan pada sekitar lokasi geografis tertentu.

Agar pembatasan pada GPS tracker service tersebut berfungsi dengan baik, Anda memerlukan tiga hal, yakni :

  • Area geografis yang telah Anda tentukan sebelumnya seperti lokasi kerja atau lingkungan sekitar.
  • Alat pelacak berupa smartphone dengan data seluler.
  • Aplikasi navigasi.

Teknologi ini menggunakan data real time dari perangkat pelacak untuk memicu respons otomatis saat pengguna memasuki atau keluar dari batas virtual. Misalnya, saat pengemudi pengiriman Anda bekerja di area tertentu, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa mereka sudah keluar dari pembatasan wilayah yang disetujui.

Konfigurasi Geofencing GPS Tracker

Konfigurasi Geofencing GPS Tracker

Anda dapat mengonfigurasi fitur ini dengan dua cara, yaitu:

  1. Membuat radius tertentu pada sekitar titik utama wilayah layanan
  2. Membuat lokasi atau alamat tertentu untuk Anda batasi secara virtual

Sistem ini terhubung dengan jaringan seperti internet seluler untuk bertukar sinyal dengan perangkat lain. Jika perangkat menyiarkan lokasinya di dekat batas yang Anda buat, maka pembatasan wilayah mengidentifikasi apakah perangkat tersebut berada di dalam atau di luar koordinat. Kemudian memberinya sinyal.

Anda dapat memilih untuk mengaktifkan pemberitahuan dengan menginstal aplikasi khusus di perangkat ponsel Anda. Notifikasi geofencing for GPS tracking akan muncul di ponsel Anda ketika salah satu unit Anda memasuki atau meninggalkan zona virtual Anda

Meskipun GPS dapat menentukan lokasi Anda secara akurat, geofencing berfokus pada lokasi Anda yang dekat dengan batasan secara virtual.

Anda bisa mengombinasikannya sistem ini dengan data pelacakan lainnya, seperti perilaku pengemudi, kesehatan kendaraan, tingkat bahan bakar hingga waktu perjalanan. Ini akan memberi gambaran lebih lengkap tentang apa yang terjadi dalam bisnis Anda.

Nah, menerapkan teknologi Geofence GPS memungkinkan Anda membuat dan memantau pembatasan khusus sendiri dalam rute operasional bisnis. Fitur ini memungkinkan Anda melacak armada beserta batas-batas yang Anda buat untuk mengawasi pengemudi berkaitan dengan persyaratan dan parameter tertentu.

Fitur ini bisa Anda dapatkan pula lewat situs GPSKU. Kunjungi situs kami untuk mendapatkan informasi lanjut seputar perangkat yang Anda butuhkan untuk keperluan operasional bisnis Anda.

Copyright © 2008 - 2024 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | PT.GPSKU Karya Indonesia