Apa itu GPS Asset Tracking? Ini Pengertian, Manfaat & Cara Kerjanya

Salah satu tantangan dalam menjalankan bisnis adalah pelacakan aset. Baik itu untuk melacak peralatan, perlengkapan, atau armada angkut, asset tracking bisa menjadi pekerjaan yang kompleks. Namun, dengan kemajuan teknologi, melacak aset kini menjadi lebih mudah, misalnya dengan menggunakan GPS Asset Tracking.

Bagi orang-orang yang menjalankan bisnis dan memiliki aset yang perlu dilacak, GPS tracker service ini akan sangat membantu kerja Anda. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu perangkat ini, pahami dulu apa saja manfaatnya dan bagaimana cara kerjanya.

Mengenal GPS Asset Tracking

GPS Asset Tracking adalah

GPS Asset Tracking adalah perangkat yang menggunakan teknologi GPS untuk pemantauan secara real-time, seperti barang dan kendaraan. Teknologi ini sangat cocok untuk industri logistik, transportasi, teknik, manajemen armada, dan bidang lainnya.

Penggunaan alat ini memungkinkan Anda dalam pengelolaan dan perlindungan aset, serta meningkatkan keselamatan hingga efisiensi.

Pemantauan aset penting karena berbagai alasan, terutama karena memungkinkan perusahaan mengetahui dan memastikan bahwa aset tersebut digunakan secara efisien dan efektif. Misalnya, memantau pergerakan truk pengiriman dan memastikan sesuai jadwal.

Dalam konstruksi, perangkat ini dapat berguna untuk memantau penggunaan dan lokasi peralatan, sehingga mengurangi risiko pencurian atau kerusakan. Jika Anda tidak memiliki sistem terpusat untuk melacak barang Anda, ada kemungkinan besar terjadi penggunaan yang tidak tepat dan penanganan buruk.

Sistem pelacakan dapat Anda gunakan untuk membantu mengumpulkan dan menyimpan data tentang item nilai apa saja yang dimiliki perusahaan Anda. Data ini mencakup laporan pemeliharaan, penggunaan, lokasi fisik, serta waktu henti dan biaya terkait.

Untuk kebutuhan informasi secara langsung, Anda juga bisa menggunakan GPS live location tracker untuk data secara real time. Terutama mengenai lokasi secara akurat.

Elemen Inti GPS Asset Tracking

Elemen Inti GPS Asset Tracking

Secara umum, ada empat elemen inti pada sebagian besar asset tracking device ini, yaitu:

Alat Pelacak

Alat pelacak mengumpulkan data tentang lokasi barang, penggunaan dan informasi penting lainnya. Pelacak mengirimkan data ini ke perangkat lunak, kemudian pengguna dapat menilai informasi dan mengambil tindakan jika perlu.

Perangkat ini menggunakan berbagai teknologi berbeda. Namun yang paling umum adalah GPS tracker, yang menggunakan jaringan satelit untuk menunjukkan dengan tepat lokasi alat pemantauan.

Teknologi lainnya termasuk RFID, yang menggunakan gelombang radio untuk melacak barang, kode batang, dan triangulasi seluler. Umumnya menggunakan menara telepon seluler untuk memperkirakan lokasi perangkat pemantauan.

Ada pula perangkat berupa wireless tracking yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penelusuran. Alat ini tidak menggunakan kabel.

Perangkat Lunak

Ini adalah platform yang berguna untuk melihat informasi tentang barang, termasuk data lokasi, riwayat pergerakan dan banyak lagi. Akses perangkat lunak pemantauan umumnya melalui portal berbasis web atau aplikasi seluler.

Alat Analisis dan Pelaporan

Fitur-fitur ini memberi kemampuan untuk menghasilkan laporan tentang barang, mengidentifikasi pola dan tren, dan membuat prediksi tentang penggunaan di masa depan.

Integrasi

Banyak platform pemantauan menawarkan integrasi dengan perangkat lunak bisnis lainnya, seperti sistem manajemen hubungan pelanggan dan platform akuntansi. Hal ini dapat memudahkan untuk melacak data serta informasi penting lainnya.

Manfaat GPS Asset Tracking

Manfaat GPS Asset Tracking

Ketika bisnis sudah memiliki sistem terpusat untuk melacak asetnya, maka Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk melacak informasi tersebut secara manual. Manfaat sistem pemantauan sangat banyak dan dapat meningkatkan efisiensi aktivitas bisnis Anda secara signifikan.

Berikut adalah beberapa fungsi GPS asset tracking yang sangat bermanfaat pada bisnis Anda:

1. Mencegah Pencurian

Jika seseorang mencoba mencuri salah satu barang Anda yang berharga, mereka akan segera terlacak. Anda akan mengetahui lokasi mereka berada setiap saat, sehingga Anda dapat segera mengirimkan bantuan.

2. Mencegah Kerusakan

Aset dapat rusak dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun dengan GPS asset tracking, alat ini akan segera memberitahu Anda. Hasilnya, Anda bisa memperbaikinya sebelum terlambat.

3. Mencegah Hilangnya Data

Jika terjadi sesuatu, misalnya saat karyawan sedang mengerjakan suatu barang kemudian rusak, maka GPS akan secara otomatis menyimpan semua informasi relevan tentang apa yang terjadi. Ini akan mencegah hilangnya data penting perusahaan Anda.

4. Penghematan Biaya

Perangkat ini juga dapat membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang. Dengan mencatat apa saja aset bisnis Anda dan mendapat peringatan ketika ada kerusakan, Anda punya kesempatan untuk memperbaikinya, mengurangi risiko kehilangan, sekaligus menghemat uang.

Anda juga dapat mengoptimalkan penggunaan peralatan dan perkakas Anda, yang dapat memperpanjang masa pakainya dan mengurangi biaya pemeliharaan.

5. Meningkatkan Produktivitas

Salah satu manfaat paling signifikan menggunakan perangkat ini adalah peningkatan produktivitas karyawan dan standardisasi proses. Ketika pekerja mampu fokus pada tugas, mereka dapat bekerja lebih efisien dan menghemat waktu.

Ini bisa sangat berguna ketika Anda memiliki karyawan yang bekerja jarak jauh karena perangkat ini memungkinkan melacak lokasi mereka setiap saat. Sebab, perangkat ini memungkinkan Anda memantau berapa banyak waktu yang dihabiskan setiap karyawan untuk pekerjaan berbeda sepanjang hari.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui secara pasti di mana terdapat kesenjangan dalam produktivitas sehingga Anda dapat melakukan perubahan sebagaimana mestinya.

6. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Alat ini dapat meningkatkan layanan pelanggan. Dengan melacak aset, Anda dapat memberikan waktu pengiriman yang akurat kepada pelanggan dan terus memberi tahu mereka tentang lokasi barang mereka.

Hal ini dapat membantu Anda membangun kepercayaan dengan pelanggan dan meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan bisnis Anda.

Cara Kerja GPS Asset Tracking

cara kerja GPS Asset Tracking

Prinsip dasar asset tracker adalah menggunakan penerima GPS untuk menerima sinyal GPS dari satelit. Kemudian, dengan memproses dan menghitung sinyal, lokasi dan status pergerakan barang dapat ditentukan. Penerima GPS biasanya berisi antena, chip penerima dan prosesor.

Antena berguna untuk menerima sinyal dari satelit, chip penerima bertanggung jawab untuk mengubah sinyal menjadi sinyal digital. Sementara, prosesor menghitung sinyal digital ini serta menghitung posisi dan kecepatan aset.

Meskipun pemantauan memakan waktu dan mahal, ada metode pemantauan yang dapat menghemat waktu dan uang perusahaan Anda. Oleh karena itu, tujuan dari setiap sistem ini adalah untuk memaksimalkan efisiensi pengendalian dan meminimalkan kehilangan peralatan.

Melalui penggunaan komputer seluler, label kode batang, pemindai kode batang genggam, dan perangkat lunak manajemen aset, Anda dapat melacak barang Anda secara langsung. Sehingga menghasilkan perencanaan produksi yang lebih efisien dan mengurangi waktu terbuang.

Barcode adalah standar untuk pengumpulan data dan pemantauan aset, memberikan setiap barang pengenal sehingga dapat dikenali dan dilacak secara individual.

Di dalamnya mencakup informasi yang penting bagi bisnis, seperti nama proyek, kategori, dan banyak lagi. Pemindai kode batang membaca setiap kode, sehingga organisasi dapat menghitung dengan lebih cepat dan akurat tanpa risiko terjadinya kesalahan manusia.

Itulah informasi seputar GPS Asset Tracking. Pelacakan sangat penting untuk aktivitas bisnis. Dengan memahami cara kerjanya, Anda dapat menentukan pilihan perangkat apa yang tepat untuk bisnis Anda.

Nah, Anda bisa mendapatkan perangkat terbaik untuk pelacak dengan mengakses situs GPSKU. Tersedia berbagai pilihan unit sesuai dengan kebutuhan Anda. Klik situs di atas untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Copyright © 2008 - 2024 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | PT.GPSKU Karya Indonesia