Mengenal Lebih Jauh Tentang GPS Mobil Tracker Terbaik

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia. Khususnya dalam membantu memberikan kemudahan, keefisienan, realtime dan up to date informasi. Tanpa terkecuali pada kendaraan seperti GPS mobil tracker terbaik dari https://gpsku.co.id dalam mendeteksi lokasi dengan akurat.

Sekilas Tentang GPS Mobil Tracker

Sebuah sistem yang mampu melacak keberadaan kendaraan secara realtime dan up to date. Hampir setiap tipe mobil keluaran terbaru dipasangkan alat pelacak berukuran mini di dashboard atau bagian interior mobil. Pengendara merasa terbantu dengan hadirnya sistem location based service tersebut.

gps mobil tracker terbaik

Sebuah sistem agar dapat dipahami oleh orang awam maka perlu penerapan User Interface, termasuk dalam hal ini ada dua pendekatan teknologi GPS mobil tracker antara lain teknologi berbasis web dan mobile based secara terpadu. Bila diamati, tampilan UI di antara keduanya tidak jauh berbeda.

User Interface GPS mobil tracker berbasis web memberikan gambaran informasi lebih lengkap mencakup garis lintang dan garis bujur secara realtime, lokasi terkini dan riwayat pelacakan dalam rentang waktu tertentu. Tampilan latitude dan longitude umumnya menggunakan Google maps.

Rekomendasi Sistem GPS Mobil Tracker Terbaik   

Jika mengacu pada suatu produk maka pengguna setidaknya memahami siapa produsen yang membuatnya. Khususnya sistem pelacakan pada kendaraan roda empat. Ada banyak sekali pihak penyedia GPS mobil tracker dengan mengedepankan kualitas terbaik dan manfaat yang diberikan.

Salah satu penyedia sistem GPS mobil tracker terbaik adalah gpsku dengan alamat situs https://gpsku.co.id/. Produknya memiliki banyak peminat karena disertai kualitas dan harga bersahabat. Mendukung interval data 10 sekon dan perangkatnya anti air serta bergaransi selama 2 tahun.

Dari segi kinerja, sistem pelacakan lokasi dapat aktif selama 24 jam tanpa henti dengan disertai dengan data asli. Terdapat notifikasi waktu serta kemampuan menyimpan seluruh history perjalanan. Memiliki server yang dapat terintegrasi dengan aplikasi melalui metode application programming interface.

Perbedaan Antara GPS Tracker dengan GPS Navigator

Global Positioning System bekerja dengan menentukan posisi suatu objek di permukaan bumi melalui sinkronisasi sinyal satelit. Pada umumnya membutuhkann 24 satelit kemudian mentransfer gelombang mikro. Sinyal yang dihasilkan gelombang itu nantinya akan dideteksi oleh media penerima.

Media GPS yang dikenal saat ini adalah Navigator dan Tracker. Keduanya memiliki fungsi berbeda karena salah satunya berfungsi sebagai penuntun perjalanan dari satu lokasi hingga lokasi lainnya dengan menggunakan peta digital yang umumnya berasal dari Google Maps.

Sedangkan GPS tracker memilki fungsi dalam melacak keberadaan mobil atau motor karena dukungan teknologi Automated Vehicle Locator. Sistem pelacakan ini merupakan perpaduan antara sistem GPS dan GSM ketika mendeteksi koordinat suatu objek kemudian diterjemahkan dalam tampilan peta virtual.

Cara Kerja GPS Mobil Tracker

Diterapkannya GPS tracker pada mobil merupakan suatu elemen penting dari segi keamanan otomotif dengan dukungan teknologi canggih. Sifatnya yang realtime dan mampu beroperasi selama 24 jam penuh akan memudahkan pemilik mobil dalam memantau kondisi dan lokasi terkini dari kendaraannya.

Ketika alat pelacak dipasang pada mobil, komponen receiver akan menerima sinyal lokasi koordinat mengenai keberadaan mobil. Dalam sepersekian detik kartu SIM yang tertaut di dalam GPS tracker akan mengirim koordinat garis lintang dan garis bujur ke server database pelacakan melalui jaringan GSM.

Data tersebut selanjutnya akan diterjemahkan dalam tampilan peta virtual supaya mudah dimengerti pemilik kendaraan. Rute perjalanan hingga lokasi terakhir mobil tersebut berada dapat diketahui. Peta virtual dapat diakses via website pelacakan yang disediakan khusus dari pihak penyedia GPS tracker.

Fitur-Fitur Bermanfaat yang Terdapat Pada GPS Mobil Tracker

GPS mobil tracker bukan hanya sekedar alat pendeteksi yang terpasang pada mobil. Melainkan ada banyak fitur dapat dimanfaatkan oleh pemilik mobil bila sewaktu-waktu ingin mengetahui kondisi dan lokasi kendaraannya. Kegunaan lainnya juga termasuk dalam upaya mengamankan dari pencurian.

Sistem pelacakan mobil membutuhkan dukungan aplikasi berbasis web atau mobile sebagai pengendali yang mengatur kinerja GPS tracker. Beberapa fitur yang tersedia di dalamnya antara lain:

  • Fitur live tracking (pelacakan langsung).
  • Riwayat perjalanan mobil pengguna dalam jangka waktu 100 hari.
  • Matikan mesin jarak jauh.
  • Interval up to date berkisar antar 10 detik hingga 30 detik.
  • Dukungan koneksi jaringan luas operator GSM.
  • Dukungan daya 9-24V hingga 12-36V.
  • Monitoring konsumsi bahan bakar.
  • Penyadap suara percakapan percakapan dalam kabin kendaraan.
  • Pemberitahuan lokasi terkini kendaraan.
  • Bunyi tanda bahaya.
  • Tersedia baterai cadangan.
  • Pemberitahuan untuk mengatur kondisi mesin.
  • Laporan lamanya waktu selama perjalanan.
  • Laporan status pintu membuka atau menutup.
  • Pemberitahuan bila mobil keluar jalur.
  • Pemberitahuan ketika aki dilepas.
  • Pemberitahuan bila kecepatan berada pada batas wajar.

Fitur-fitur di atas khusus disediakan pada sistem GPS tracker. Pada dasarnya menu-menu tersebut tertera pada aplikasi berbasis web maupun mobile dengan syarat perangkat yang digunakan harus terkoneksi dengan internet agar terhubung dengan server khusus disediakan dalam menyimpan data.

Karakteristik GPS Mobil Tracker Berbasis Web

Pendekatan teknologi GPS tracker umumnya disediakan dalam perangkat lunak berbasis web maupun mobile. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri namun tujuan penggunaan tetap sama. Fitur-fiturmya juga tidak jauh berbeda sehingga pengguna bebas memilih sesuai keinginannya.

  1. Diakses Melalui Browser

Jika sistem GPS tracker merupakan web based application, maka diperlukan browser sebagaimana syarat untuk mengunjungi alamat situs. Pihak penyedia sistem pelacakan mobil biasanya menyediakan panduan pengguna untuk mengunjungi alamat url yang diketikkan pada address bar browser.

Melalui pengetikan alamat url tersebut, pengguna akan diarahkan pada suatu web khusus. Biasanya pada awal pemakaian membutuhkan registrasi dengan mengisi data keanggotaan. Ketika proses pendaftaran berhasil, pengguna nantinya dapat melakukan login untuk menikmati fitur-fitur GPS Tracker.

  1. Resolusi Tampilan Layar Lebih Besar

Pada umumnya sistem berbasis web dapat diakses menggunakan perangkat komputer, laptop dan tablet yang tentunya memiliki ukuran layar lebih besar dari smartphone. Maka dari itu penyesuaian dilakukan demi menentukan resolusi perangkat agar fitur-fitur GPS tracker dapat dilihat dengan jelas.

Resolusi tampilan yang besar akan memperlihatkan titik koordinat lokasi mobil secara jelas, termasuk dengan memonitor kondisi bahan bakarnya, keadaan mesinnya dan lain-lain. GPS tracker versi web dapat juga diakses melalui smartphone, namun kurang efisien karena user perlu melakukan zoom.

  1. Tidak Membutuhkan Pemasangan di Perangkat

Konsep penggunaan aplikasi pada dasarnya harus melakukan install terlebih dahulu. Jika tersedia dalam bentuk aplikasi desktop dan mobile perlu pemasangan terhadap perangkat gadget. Hal ini tentu akan memakai kapasitas memori sehingga tidak lebih praktis bila dibandingkan versi web.

GPS tracker berbasis web tidak perlu install karena sistemnya tertanam pada sebuah situs. Pengguna cukup mengunjungi alamat url dan melakukan login agar dapat menggunakan fitur-fitur pelacakan. Selain itu untuk melakukan monitoring dan mematikan mesin dari jarak jauh dapat terlaksan dengan baik.

  1. Tidak Memerlukan Download

GPS mobil tracker berbasis web tidak perlu juga untuk diunduh karena sifatnya lebih terpusat. Berbeda dengan aplikasi mobile yang perlu melakukan download melalui Google Playstore atau App Store. Pengguna cukup dibekali dengan perangkat komputer, laptop atau gadget untuk menjalankan browser.

Melalui browser tersebut pengguna dapat memasukkan alamat url untuk mengunjungi website pelacakan lokasi mobil. Web tersebut berbeda-beda berdasarkan pihak penyedia sistem GPS mobil tracker terbaik mana yang digunakan oleh konsumennya.

  1. Update Sistem Secara Otomatis

Dalam upaya meningkatkan kinerja sistem, pihak penyedia web GPS tracker akan menerapkan pembaruan. Sifatnya berbeda dengan melakukan update pada aplikasi mobile karena perlu dilakukan secara manual, jika diatur pembaharuan otomatis tentunya akan memakan kuota data.

Hal tersebut tidak berlaku pada sistem pelacakan mobil berbasis web karena proses pembaruan dilakukan sendiri oleh pihak internal atau pengembang website. Pengguna cukup melakukan login sebagai member yang dapat menggunakan berbagai fitur di dalamnya.

  1. Pengaturan Server Lebih Mudah

Sistem pelacakan GPS tracker berbasis web menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, CSS, ASP, XML dan Javascript sehingga bersifat lebih terpusat. Aplikasi berbasis moble sifatnya terdistribusi sehingga pembaruan dilakukan dengan cara manual.

Cukup melalui perubahan kode program agar aplikasi bisa berjalan pada satu server saja. Seperti diketahui server GPS mobil tracker menangani berbagai akses informasi pengguna, titik koordinat lokasi, performa kendaraan, data bahan bakar dan lain sebagainya.

Tata Cara Singkat Dalam Menggunakan Sistem Pelacakan Mobil Berbasis Web

Ketika menggunakan sebuah sistem berbasis web, pengguna harus diberikan pemahaman terlebih dahulu ketika menggunakannya. Selain mempersiapkan perangkat dan koneksi jaringan, user dalam hal ini perlu mengikuti tahap-tahap sebagai berikut:

  • Buka browser yang ada pada perangkat komputer atau smartphone.
  • Kunjungi website penyedia GPS mobil tracker, sebagai contoh https://gpsku.co.id/.
  • Setelah halaman web terbuka, Silahkan memasukkan username dan password.
  • Jika belum memiliki akun login dan password, dapat melakukan klik button demo.
  • Pengguna akan diarahkan pada halaman yang menampilkan list kendaraan.
  • Tersedia juga tampilan peta dengan 3 opsi, Google Map, Hybrid dan Open Street Map.
  • Klik salah satu dari daftar kendaraan dengan nomor polisi tertera.
  • Pada tampilan Map di sebelah kanan akan diperlihatkan lokasi kendaraan.
  • Klik Street View untuk melihat lokasi secara jelas.

Akses berbagai fitur di atas masih dalam bentuk demo, sedangkan untuk pengguna aktif akan diberikan user login dan password bila melakukan pembelian. Sehingga khusus mengamati kondisi dan lokasi miliki pribadi atau instansi tertentu yang membutuhkan GPS tracker.

Cara Pemakaian Aplikasi GPS Pelacakan Mobil

GPSKU APP melakukan banyak perubahan perihal akses aplikasi gps tracking, update terbaru dengan engine golang yang sama dengan aplikasi marketplace seperti tokopedia dan juga sama dengan back end dari aplikasi gojek. Perubahan ini kami lalukan karena manfaat dari gps tidak hanya untuk lacak kendaraan, akan tetapi user akan sangat mudah mengetahui informasi terbaru dari dunia otomotif. Adapun Perubahan GPSKU App adalah :

  • Download Aplikasi GPSKU yang tersedia di Playstore ataupun Iphone
  • Dalam Tampilan Pertama Berupa OnScreen Board yaitu Informasi Fitur dalam GPSKU App
  • Icon pilihan Yaitu Tracker, Promo, Report, Geofance, Playback, Alarm, Payment dan Setup Device
  • Terdapat Konten Saat ini yaitu Banner Promosi ataupun Kerjasama B2B di bidang otomotif * Placement Content
  • Terdapat Juga Konten Otomotif Trend yang terdiri dari Tips, Motor, Modifikasi, Mobil, Berita Umum, Harga Kendaraan, dan Berita Umum
  • Pada Footer terdapat Home, Inbox, Help ( layanan pelanggan dan panduan pemakaian aplikasi ) dan Setting User.
  • Setting Notifikasi Ketika Masa Berlaku SIM, STNK, KIR dan Penggantian Oil

Penggemar Otomotif Bisa Akses ke GPSKU APP tanpa harus membeli GPS Tracker di tempat Kami. Informasi terhadap pengguna semua kendaraan sangat membantu dalam hal perawatan kendaraan secara interaktif.

Ruang Lingkup Pemanfaatan GPS Mobil Tracker

Ada banyak bidang bisnis memanfaatkan GPS tracker karena kegunaannya dalam mengetahui kondisi dan lokasi mobil secara realtime. Penggunaannya juga berlaku selama 24 jam penuh dan statusnya terus diperbarui. Maka tidak heran ada individu atau instansi terkait memanfaatkan GPS Mobil Tracker.

Salah satu Instansi yang memanfaatkan GPS mobil tracker adalah rental / sewa mobil, hal ini demi memantau jalannya pemakaian mobil oleh konsumen. Penyedia jasa rental dapat memantau lokasi dan kondisi kendaraan roda empat tersebut demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika untuk penggunaan pribadi maka produk teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk mengawasi kondisi mobil dari jauh bila terpaksa harus meninggalkan kendaraan di rumah. Misalnya ketika berada di luar kota atau luar negeri dalam rangka berwisata atau perjalanan bisnis.

Kurang lebih penjelasan di atas mencakup GPS mobil tracker terbaik, mengingat fungsinya begitu signifikan untuk diterapkan pada sistem keamanan dalam bidang otomotif maupun kepentingan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.