Perihal GPS Motor Yang Murah dan Terbaik

Seperti halnya pada mobil, GPS motor juga sangat bermanfaat bagi motor bro n sis. GPS bisa membantu bro n sis untuk mengawasi dan melacak motor bro n sis. Apalagi, jika motor bro n sis dicuri oleh orang yang nggak bertanggung jawab.  Kalo bro n sis niat beli GPS motor. Jangan lewati artikel ini sekalipun. Soalnya, di sini kami bakal kasih tahu bro n sis serba-serbi GPS motor. Siapa tahu bisa nambah wawasan sekaligus menambah keyakinan buat beli GPS motor.

Berbagai Macam GPS Motor Terbaik – Murah Berkualitas

pasang gps motor beat

Cara Kerja GPS Motor

Mari kita mulai pembahasan dari cara kerja GPS motor. Seperti halnya GPS mobil, cara kerja GPS motor tidaklah terlalu rumit. Adapun cara kerja GPS motor sendiri bisa dirunut sebagai berikut:

  • GPS motor akan menerima lokasi motor via 3 satelit berbeda.
  • GPS motor bakal mengirimkan sinyal GPRS lewat tower power operator ke server GPS motor tersebut.
  • Setelah sampai, server GPS nantinya akan memproses informasi soal posisi motor berada. Hal itu dilakukan agar server GPS tak hanya mengetahui posisi motor saja. Tetapi informasi penting lainnya seperti kondisi motor dan lain sebagainya.
  • Jika sudah, server akan mengirimkan data kepada pemilik GPS. Data sendiri bisa diakses lewat ponsel maupun

Sebagaimana GPS mobil, GPS motor juga punya jenis GPS tracker. Jenis GPS motor ini punya cara kerjanya sendiri. Adapun cara kerjanya bisa dirunut sebagai berikut.

  • Motor bro n sis akan dipasangi dulu alat bernama Vehicle Tracking Device. Alat ini memiliki sensor GPS yang mampu mengetahui arah, posisi, dan kecepatan motor bro n sis.
  • Bila sudah terpasang, bro n sis bisa mengirim SMS ke Vehicle Tracking Device yang sudah terpasang di motor. Tunggu beberapa menit, dan alat tersebut bakal membalas SMS yang sudah bro n sis kirim. SMS balasan sendiri biasanya berisi informasi soal motor bro n sis. Mulai dari kecepatan, arah, dan lokasi di mana motor berada.
  • Informasi tersebut bisa bro n sis akses lewat aplikasi Google Map. Masukkan kode koordinat latitude dan longitude ke bagian atas menu Google Map. Tekan OK, dan bro n sis bakal langsung liat posisi motor bro n sis berada.

Cara Memasang GPS Motor

Setelah tau seperti apa cara kerja GPS motor, kini saatnya kita masuk ke cara memasang GPS motor. Cara memasang GPS motor sendiri bisa disimak sebagai berikut.

  1. Pasanglah Kartu SIM Pada Perangkat GPS

Seperti halnya ponsel, GPS motor juga perlu kartu SIM agar bisa bekerja dengan maksimal. Sebelum dipasang, pastikan kartu SIM sudah terisi paket data bulanan, serta memiliki sinyal yang kuat. Pastikan pula agar GPS motornya masih dalam keadaan mati, sebelum nantinya dipasang kartu SIM.

Baca Juga :  5 Tipe GPS Tracker untuk Mobil Yang Laris Terjual di Bukalapak

Memasukkan kartu SIM ke GPS sendiri tidaklah sulit. Bro n sis tinggal masukkan saja kartu SIM ke bagian penyimpanan kartu yang ada di GPS. Kalau sudah, nyalakan GPS dan cek apakah kartu SiM-nya berfungsi atau tidak.

  1. Pasang GPS Di Motor

Ada beberapa langkah untuk melakukan cara ini. Pertama, bro n sis ambil 2 kabel yang ada di GPS> dua kabel itu merupakan kabel plus dan minus. Kabel plus biasanya berwarna merah, sedangkan yang minus berwarna hitam.

Pasangkan kabel GPS minus ke kabel minus aki motor. Sebaliknya, pasangkanlah kabel GPS plus motor ke kabel plus aki motor. Bila sudah terpasang, bro n sis harus meletakkan GPS-nya agak jauh dari aki motor. Hal itu dilakukan agar GPS tidak mudah diketahui oleh siapa pun. Termasuk orang yang hendak mencuri motor bro n sis. Sebagai saran, letakkan saja GPS motor di bagian bagasi.

Cara memasang GPS motor di atas berlaku untuk semua jenis motor. Mulai dari motor sport, matic, hingga motor bebek.

Berapa Ya Harga GPS Motor Tracker ?

Motor Beat merupakan salah satu motor paling populer, serta rentan sekali dicuri. Bila bro n sis punya motor Beat, bro n sis wajib melindunginya dengan GPS motor. Untungnya, sekarang sudah banyak GPS motor yang cocok untuk motor Beat.

GPS motor Beat sendiri bisa bro n sis dapatkan di sejumlah bengkel motor ternama. Untuk harga, Gps motor Beat cukup bervariasi. Namun, bila disimpulkan, harga GPS motor Beat biasanya berkisar di harga Rp. 950 ribu hingga Rp. 1,5 juta.

Harga GPS motor Beat yang bervariasi itu amat bergantung pada beberapa faktor. Mulai dari merek, kualitas, hingga support service dari GPS tersebut.

Kalau nanti bro n sis tertarik beli GPS motor, pastikan agar GPS-nya punya beberapa hal penting berikut ini.

  • Baterai Cadangan

Walaupun GPS memiliki charger, kehadiran baterai cadangan tetap dibutuhkan. Apalagi, jika GPS motor bro n sis kehabisan baterai saat bro n sis ada di jalan raya, serta nggak ada tempat untuk men-charger GPS milik bro n sis.

  • Data Record Signal LBS

Ini adalah fitur GPS yang bisa menyimpan data motor bro n sis. Terutama, jika bro n sis berada di tempat minim sinyal, atau saat GPS bro n sis mati mendadak.

  • Alarm GPS Motor
Baca Juga :  Cara Memilih GPS Mobil Portable Terbaik Untuk Tracker Mobil

Fitur ini sangat membantu bro n sis untuk mengingatkan bila ada kondisi yang nggak diinginkan. Semisal saat kendaraan ada di luar jalur atau di tikungan tajam, atau saat kendaraan berpotensi mengalami benturan. Fitur ini juga bakal memberitahu bro n sis kapan bro n sis harus melakukan servis GPS milik bro n sis.

  • Garansi GPS Motor

Akan ada saat-saat tak tertuga yang bikin GPS bro n sis rusak. Kala keadaan itu tiba, keberadaan garansi menjadi sangat krusial. Untuk itu, pastikan GPS yang bro n sis dilengkapi dengan garansi.

Bila menemukan sejumlah hal di atas dari GPS yang bro n sis beli, berarti GPS yang bro n sis beli merupakan GPS motor Beat berkualitas.

GPS Motor Scoopy

Motor Scoopy sebetulnya punya sistem keamanannya sendiri. Sistem keamanan itu berupa sistem sensor pada bodi motor Scoopy yang akan berbunyi, jika ada orang asing yang memegangnya. Atau, karena adanya getaran di sekitar motor tersebut.

Sayangnya, sistem keamanan itu nggak bisa bikin bro n sis melacak keberadaan motor kalian. Jadi, kehadiran GPS untuk motor Scoopy tetaplah dibutuhkan. Ada beberapa merk khusus GPS motor Scoopy yang bisa dibeli bro n sis. Adapun dua di antaranya adalah:

  1. GPS Motor ID200

Ini adalah GPS motor Scoopy yang sudah terintregasi dengan sistem GSM/GPRS. GPS ini punya tingkat akurasi yang tinggi. Adapun tingkat akurasinya sendiri mencapai 5 hingga 10 meter. GPS ini mampu memberikan informasi soal lokasi motor secara detail. Mulai dari jalan yang ditempuh motor, hingga lokasi terakhir motor berada.

gps tracker motor id200

Semua informasi yang diberikan GPS bisa diakses di mana saja. Entah itu lewat ponsel, tablet, maupun komputer. Masih ada beberapa kelebihan lainnya dari GPS ini. Adapun beberapa kelebihan itu adalah:

  • Penyadap suara yang memungkinkan GPS merekam suara pencuri motor bro n sis.
  • Overspeed Alarm yang bisa memperingatkan bro n sis bila kecepatan motor sudah melampaui batas kecepatan.
  • Geofence Alarm yang memberitahu bro n sis kalo bro n sis sudah melewati area yang telah dituju.
  • Penyimpanan riwayat perjalanan yang mampu menyimpan data perjalanan motor selama 30 hari ke belakang.

Tak hanya untuk motor Scoopy, GPS ini juga cocok untuk kendaraan bermotor lainnya. Semisal mobil, bus, dan truk. Satu set GPS ini dijual dengan kocek Rp. 1,8 juta. Bro n sis bisa mendapatkannya di sejumlah bengkel terdekat. Atau, bisa juga di beli di sejumlah toko belanja online.

  1. GPS Tracker Motor ID311
Baca Juga :  Ciri Mobil di pasang GPS atau Tidak Serta Cara Mengetahuinya

gps untuk motor (anti air) yang satu ini punya ciri khas berupa bentuknya yang kecil. Bentuknya yang kecil itu membuat alat ini bisa disimpan di tempat yang tersembunyi. Sehingga, orang yang mencuri motor bro n sis pun nggak sadar kalo motor yang mereka curi udah dipasang GPS.

gps tracker id311

Kelebihan lainnya GPS ini adalah bisa dipakai untuk jenis kendaaan lainnya. Seperti halnya jenis GPS motor Scoopy sebelumnya. GPS ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik. Mulai dari soket power, hingga relay pemutus. Satu set GPS ini bisa bro n sis dapetin dengan harga yang murah. Yaitu, hanya sebesar Rp. 799 ribu saja,

Masih ada berbagai jenis GPS motor Scoopy yang bisa dibeli. Bila bro n sis ingin membeli GPS di luar dua jenis di atas, maka kami akan berikan sejumlah tips buat bro n sis. Tips-tips yang kami kasih bertujuan agar bro n sis bisa memilih GPS motor Scoopy yang asli dan berkualitas. Sejumlah tips yang kami maksud itu bisa kalian simak sebagai berikut:

  • Perhatikan Sistem Monitoring Dan Tingkat Aksesibilitas GPS

Pastikan GPS yang bro n sis beli dilengkapi dengan sistem monitoring yang user friendly. Sistem yang user friendly akan sangat memudahkan kalian dalam memahami cara kerja GPS serta informasi yang disampai GPS tersebut. Pastikan pula GPS yang bro n sis kirim juga bisa diakses di berbagai media. Semisal ponsel, tablet, ataupun laptop.

  • Perhatikan Pula Tracking System Dari GPS Yang Bro N Sis Beli

Tips ini berlaku bila kalian beli GPS bertipe tracker. Bro n sis harus memastikan kalo GPS yang dibeli punya tracking system yang lengkap. Mulai dari sistem pemantauan kendaraan, hingga sistem pencatatan data rute perjalanan, kecepatan, hingga penyadapan suara.

  • Pastikan Reputasi Perusahaan Dapat Dipercaya

Kalau mau beli GPS motor Scoopy, pastikan GPS tersebut dibuat oleh perusahaan terpercaya. Hal itu dilakukan agar GPS yang bro n sis beli punya kualitas yang baik, serta bisa dipertanggungjawabkan bila GPS-nya mengalami kerusakan.

  • Pastikan Pula Izin Resminya

Nggak hanya reputasi perusahaan, izin resmi GPS yang hendak dibeli patut diperhatikan. Sebisa mungkin GPS yang dibeli udah dapet izin resmi dari pemerintah. Khususnya dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sekian informasi-informasi menarik soal GPS motor. Bagaimana, sudah siap beli GPS untuk motor bro n sis? Kalau ya, produk GPS motor apa yang mau dibeli? Yuk ceritakan ke kami via kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.