Penyebab dan Cara Mengatasi GPS Tracker Tidak Membalas SMS

Saat ini, penggunaan GPS pada kendaraan Anda merupakan sebuah hal yang penting untuk Anda lakukan. Hal ini tentu saja untuk menjaga agar kendaraan Anda terpantau secara realtime dengan aman. Namun, terkadang ada momen di mana GPS tracker tidak berfungsi atau GPS tracker tidak membalas SMS.

Artikel ini akan menjelaskan apa saja yang menjadi penyebab GPS tracker tidak membalas SMS dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab dan juga solusinya.

Penyebab GPS Tracker Tidak Membalas SMS

GPS tracker adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk melacak lokasi kendaraan, barang, atau orang dengan menggunakan sinyal satelit GPS. Biasanya, GPS tracker dapat Anda kontrol dan pantau melalui SMS atau aplikasi secara online.

Namun, terkadang GPS tracker offline atau mengalami masalah seperti tidak membalas SMS ne yang dikirim oleh pengguna. Hal ini tentu akan sangat mengganggu, terutama jika kita membutuhkan informasi sebuah lokasi secara mendesak.

1. Pulsa atau Kuota Kartu SIM Habis

sim card habis kuota

Salah satu penyebab paling umum ketika GPS tracker tidak membalas SMS adalah pulsa atau kuota kartu SIM yang Anda gunakan habis. GPS tracker membutuhkan pulsa atau kuota untuk mengirim data lokasi melalui SMS atau GPRS.

Cara cek GPS mobil lewat HP tidak bisa Anda lakukan jika pulsa atau kuota Anda habis. Akhirnya, GPS tracker tidak akan dapat mengirim data yang diperlukan sehingga tidak bisa membalas SMS.

Solusi:

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengisi ulang pulsa atau kuota kartu SIM yang digunakan pada GPS tracker.

Pastikan kartu SIM Anda memiliki saldo yang cukup untuk menerima SMS dan memiliki sinyal GPRS yang aktif. Jika perlu, aktifkan paket data yang sesuai dengan kebutuhan GPS tracker.

2. Sinyal GPS atau GSM Lemah

sinyal gps atau gsm lemah

Penyebab lain ketika GPS tracker tidak membalas SMS adalah sinyal GPS atau GSM yang lemah. Sinyal GPS adalah sinyal yang diterima oleh GPS tracker dari satelit untuk menentukan lokasi kendaraan Anda.

Sedangkan sinyal GSM adalah sinyal yang diterima oleh kartu SIM dari operator seluler untuk mengirim dan menerima SMS atau GPRS. Jika sinyal GPS atau GSM pada perangkat Anda lemah, maka GPS tracker akan kesulitan mendapatkan data lokasi pengguna.

Solusi:

Solusi untuk masalah ini adalah dengan memastikan bahwa GPS tracker berada di tempat yang memiliki penerimaan sinyal yang baik. Hindari meletakkan GPS tracker di tempat yang tertutup, seperti di bawah jok, di dalam tas, di dalam terowongan, di garasi, atau di tempat parkir bawah tanah.

Letakkan GPS tracker di tempat yang terbuka dan mudah terjangkau oleh sinyal satelit dan juga seluler. Jika perlu, gunakan antena eksternal untuk meningkatkan kualitas sinyal agar dapat berfungsi dengan lebih baik.

3. Pengaturan APN Salah

pengaturan apn hp

Penyebab lain ketika GPS tracker tidak membalas SMS, atau nomor GPS mobil tidak aktif adalah karena setting APN GPS tracker yang salah. APN adalah singkatan dari Access Point Name, yaitu nama titik akses yang digunakan oleh kartu SIM untuk terhubung ke internet.

Setiap operator seluler memiliki APN yang berbeda-beda. Jika APN yang digunakan oleh GPS tracker tidak sesuai dengan APN operator seluler, maka GPS tracker tidak akan dapat mengirim data melalui GPRS atau membalas SMS.

Solusi:

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengatur APN yang benar sesuai dengan operator seluler kartu SIM Anda.

Berikut setting APN pada operator seluler di Indonesia:

  • APN123456 internet (jika menggunakan Telkomsel)
  • APN123456 www (jika menggunakan XL)
  • APN123456 indosatgprs (jika menggunakan Indosat)

4. Perangkat GPS Rusak

perangkat gps yang rusak

Penyebab terakhir dari GPS tracker yang tidak membalas SMS adalah perangkat GPS yang rusak. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti kualitas perangkat yang buruk, kerusakan fisik, kelembaban, suhu yang tidak sesuai, atau kesalahan instalasi.

Jika perangkat GPS rusak, maka GPS tracker tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Solusi:

Solusi untuk masalah ini adalah memeriksa kondisi fisik perangkat GPS dan memastikan tidak ada kerusakan yang terlihat. Jika terlihat kerusakan, segera bawa perangkat GPS ke tempat servis yang resmi atau terpercaya.

Penyebab GPS tracker Anda bermasalah dan tidak mengirimkan SMS ada berbagai faktor. Anda dapat mencoba beberapa cara di atas untuk menangani masalah yang Anda hadapi.

GPSKU adalah sebuah perusahaan yang memiliki pilihan produk GPS mobil tercanggih dan GPS tracker portable. Anda dapat mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi dan spesifikasi selengkapnya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi GPS tracker tidak membalas SMS. Beberapa penyebab mungkin masih bisa diatasi sendiri. Tapi untuk kasus yang lebih serius seperti perangkat yang rusak sebaiknya langsung ditangani oleh teknisi yang lebih berpengalaman.

Copyright © 2008 - 2023 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia