Harga Toyota GR Yaris 2023, Ternyata Cuma Segini

Anda barangkali kerap mendapati Toyota GR Yaris melesat di jalanan. Atau mungkin anggota keluarga, teman, bahkan rekan sekantor Anda mengendarai mobil ini, lalu tumbuh minat dalam diri Anda untuk meminangnya juga. Namun, berapa kira-kira harga GR Yaris sekarang?

Mengingat mobil ini punya sederet titel bergengsi—“Hot Hatch of The Year” oleh majalah Inggris What Car? dan “UK Car of the Year” pada tahun 2021[1][2]—tidak aneh kalau mayoritas orang beranggapan jika harga GR Yaris mestilah dibanderol dengan harga selangit. Apa iya?

Nah, jika Anda penasaran berapa harga GR Yaris di Indonesia, pastikan untuk menyimak ulasan berikut sampai akhir! Namun, tidak buruk juga apabila Anda berkenalan dulu dengan sport compact car kebanggaan Toyota ini.

Toyota GR Yaris

spesifikasi Toyota GR Yaris

GR Yaris mendominasi Tokyo Auto Salon 2020, dan alasannya sederhana saja. Adalah hatchback “super”, GR Yaris diperkuat dengan mesin 3 silinder baru bertenaga 268 hp dengan turbocharger, sistem GR-FOUR All-Wheel Drive yang terinspirasi dari monster reli, serta suspensi yang sudah teruji di lintasan balap. Inilah mahakarya yang telah mengantarkan Toyota GAZOO Racing menjadi juara di World Rally Championship. (Toyota)

Toyota tidak mengada-ada saat mendeskripsikan GR Yaris sebagai “buah inspirasi monster reli”. Faktanya, GR Yaris mula-mula memang didesain untuk memenuhi persyaratan homologasi kompetisi balap tahunan kelas dunia. Barangkali karena engineering khusus itulah yang menjadikan mobil ini “raja” di berbagai medan.

GR Yaris memiliki bagian-bagian tertentu dari rangkanya yang terbuat dari bahan-bahan berbobot ringan seperti aluminium dan Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) untuk atapnya. Penggunaan bahan-bahan ini tak hanya membuat mobil gesit namun juga anti korosi dan stylish. Mari kenali tipe, fitur dan interior dari GR Yaris berikut:

Tipe GR Yaris

Untuk memenuhi preferensi dan demand konsumen yang beragam, Toyota merancang tiga versi berbeda dari GR Yaris: RC, RS, dan RZ, dengan RZ menjadi yang paling eksklusif berkat sejumlah fitur tambahan.

Fitur GR Yaris memiliki mesin turbocharge 3 silinder berkapasitas 1,6 liter yang senyap namun powerful dengan bagasi relatif besar. Berbeda dari Yaris “standard”, pintu belakang absen sepenuhnya, sementara atap terbuat dari material serat karbon yang mengurangi bobot total hampir 3,6 kilogram.

Alih-alih murni menerapkan sistem FWD, sistem AWD juga diimplementasikan untuk cengkeraman yang mantap. Selain itu juga dilengkapi teknologi canggih, mulai dari infotainment hingga fitur kenyamanan pengemudi. Kemudian, disempurnakan dengan fitur keselamatan termutakhir, termasuk peringatan lintas belakang, blind-spot monitoring, dan sensor parkir depan serta belakang

Interior

Desain interior GR Yaris selaras dengan konsep sporty yang diusung. Hal ini sangat kentara terutama di sekitar kokpit pengemudi. Dari segi layout, cluster instrumennya masih sama seperti Yaris “standard”. Namun, Toyota menyematkan fitur tambahan untuk menunjang performa GR Yaris.

Keseluruhan interior berwarna hitam dengan aksen perak di sekitar gagang pintu, konsol tengah, setir, dan lubang ventilasi samping.

Sementara itu, kursi depan memiliki ketinggian dan kemiringan yang pas untuk handling yang nyaman. Untuk mengurangi pressure di bawah pangkal panggul, pad uretan yang lebih tebal digunakan di bawah bantalan. Sebaliknya, bantalan di bawah pangkal tulang belakang dibuat lebih tipis.

Agar akses ke kursi belakang lebih mudah, sudut miring kursi depan diatur lebih besar. Dua sandaran kursi belakang memiliki rasio fungsi lipat 60:40. Selain itu, tersedia pengait untuk bangku anak di bagian ini. Melongok jauh ke belakang, Anda akan mendapati kompartemen bagasi dengan kapasitas 174 L.

Spesifikasi GR Yaris

Torsi Maksimal360 Nm
Daya Maksimal261 ps
SilinderIn-line 3 cylinder
Isi Silinder1.618 cc
Transmisi6-speed manual
Kapasitas Tangki50 L
Kecepatan Maksimal230 km/jam
Rata-Rata Konsumsi BBM8,3 L per 100 km
Suspensi DepanIndependent McPherson
Suspensi BelakangDouble Wishbone
Jangkauan602 km
Dimensi (PxLxT)299,5 cm x 180,6 cm x 146,1 cm
Ukuran Ban225/40 R18
Wheelbase255,8 cm
Berat1.280 kg
Kursi5
Variasi WarnaPlatinum White Pearl MC

Emotional Red

Harga GR Yaris

berapa harga Toyota GR Yaris

Anda pasti sudah tidak sabar ingin mengetahui berapa harga GR Yaris yang dijuluki sport car yang What Car juluki “special machine” ini. Sayangnya, Anda sepertinya akan kecewa karena harga GR Yaris baru tidak lagi tersedia. Penyebabnya tak lain adalah lantaran Toyota sudah menghentikan produksi mobil ini.

Lantas, berapa harga GR Yaris? Sebagai referensi, harga GR Yaris saat launching adalah sekitar Rp475 jutaan rupiah. Dengan mempertimbangkan tingkat inflasi, maka harga GR Yaris pertama kali tersebut sekarang setara dengan Rp538 jutaan rupiah.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu berkecil hati. Apabila Anda masih bersikeras, mengapa tidak mempertimbangkan untuk membeli mobil seken? Menurut hasil pantauan pada salah satu website otomotif, harga GR Yaris bekas bervariasi antara Rp1,2 hingga Rp1,3 miliar rupiah.[3]

Besarnya nominal tersebut lumrah mengingat ketersediaannya yang langka di pasaran. Anda pun harus bersedia merogoh kocek dalam-dalam jika benar-benar ingin membawa pulang GR Yaris seken berkondisi bagus dan berkilometer rendah. Ditambah lagi, nilai tersebut pasti akan terus menanjak seiring berjalannya waktu

Namun, jika Anda merasa banderol tersebut di luar jangkauan Anda, harga All New Toyota Yaris yang start dari Rp407.700.000,00 mungkin masih bisa Anda tolerir.[4]

Meskipun demikian, berinvestasi pada GR Yaris bekas bukanlah keputusan buruk. Apalagi apabila Anda adalah seorang kolektor yang menghargai fungsionalitas dan nilai seni tinggi. GR Yaris akan menjadi item sempurna untuk menyemarakkan koleksi mobil Anda.

Mengutip dari situs web Zigwheels, Anda harus menyiapkan down payment sebesar Rp320.000.000,00 untuk membawa pulang satu unit GR Yaris 2021.[5] Sementara itu, biaya harga GR Yaris dengan sistem cicilan 60 kali (5 tahun) adalah sekitar Rp27.500.000,00 per bulan.

Penutup

Meski bereputasi bagus, bukan berarti GR Yaris punya segalanya. Misalnya, segi keamanannya yang sebatas pada penyediaan fitur-fitur dasar masihlah kurang. Padahal, sebagai konsumen, Anda pasti menginginkan yang terbaik.

Untuk itu, Anda jangan khawatir, karena GPSKU hadir dengan solusi yang Anda butuhkan. Dengan pengalaman 15 tahun di bidang tracking, kami percaya diri dengan teknologi yang kami usung. Faktanya, tracker kami telah membantu lebih dari 10.000 brand kenamaan di Indonesia dalam mengamankan armada mereka.

Kalau begitu, tunggu apa lagi? Setelah puas mengetahui harga GR Yaris, segera hubungi customer service GPSKU sekarang untuk mendapatkan tracker bermutu tinggi.

Artikel terkait :

CLAIM DISCOUNT NOW

Dapatkan promo special pembelian GPS Tracker untuk Pengguna Baru. Klik dibawah ini

claim promo pengguna baru