Mengenal Jenis-Jenis Pegas Pada Mobil

Jenis Pegas Mobil – Pegas yang terdapat dibawah badan mobil memiliki hubungan erat dengan sistem suspensi mobil, bedanya jika sistem suspensi mobil sebagai komponen mesin yang bekerja untuk meredam getaran ayun atau naik turun nya mobil ketika melaju di jalanan, sedangkan pegas sebagai peredam pada suspensi mobil, jadi pegas dan suspensi memiliki satu kesatuan yang tak terpisahkan, yuk mengenal lebih dalam jenis-jenis pegas pada mobil.

Karena beda jenis dan tipe mobil maka beda juga pegas yang digunakan lho, misal untuk mobil angkutan seperti truk dan bus memakai jenis pegas daun, jenis pegas daun adalah terbuat dari sepotong baja tipis yang pipih dan panjang, namun walaupun tipis pegas daun dapat menopang berat muat kendaraan dengan kuat karena kelenturannya.

Sistem suspensi pegas ini untuk meredam mobil agar tetap stabil ketika melewati jalanan yang rusak atau bergelombang, bertujuan agar bodi mobil tidak terombang-ambing akibat kontur jalan yang tidak rata.

Mengenal 4 Jenis- jenis Pegas Yang Ada Pada Suspensi Mobil

mengenal jenis pegas mobil torsi per daun

Saat sebelum mangulas mengenai fungsi pegas, terdapat bagusnya bila AutoFamily lebih dahulu memahami jenis- jenis pegas. Tiap jenis mobil umumnya memakai jenis pegas yang berbeda- beda.

Pemakaian pegas pada mobil dicocokkan dengan kebutuhannya. Misalnya, jenis mobil yang mengutamakan kenyamanan dikala berkendara mengarah memakai pegas koil. Supaya lebih mengerti, ikuti sebagian tipe pegas yang kerap ditemui pada kendaraan.

 1. Pegas daun

Untuk Pegas daun ataupun diucap pula leaf spring umum dipakai pada kendaraan berpenumpang ataupun angkutan benda semacam truk ataupun pick- up. Sebagian jenis mobil MPV( multi- purposed vehicle) keluaran terkini terdapat yang memakai pegas tipe ini. Salah satu keunggulan pegas daun merupakan bisa meredam fibrasi tanpa wajib tergantung pada bagian lain.

Baca Juga Kenali Ciri Rusaknya Suspensi Mobil

2. Pegas koil

Berikutnya merupakan pegas koil. Semacam yang sudah disinggung tadinya, pegas koil mengarah lebih kerap ditemui pada mobil yang mengutamakan kenyamanan penumpangnya, semacam mobil sedan. Wujud pegas ini melingkar semacam lilitan besar. Keunggulan pegas koil terdapat pada ketahanannya. Pegas ini sanggup menahan bobot mendadak dengan amat bagus.

3. Pegas batang torsi

Ketiga Pegas batang torsi dibuat dari batang baja spesial. Walaupun dibuat dari baja, pegas ini mempunyai sifat fleksibel serta sanggup menahan puntiran. Umumnya, akhir batang pegas dipasang di bagian bagan yang tidak menyambut puntiran, sedangkan ujung yang lain dipasang berpadu dengan tangan ayun suspensi( lower arm).

4. Pegas udara

Terakhir terdapat pegas hawa. Tipe pegas ini menggunakan hawa buat meresap fibrasi pada kendaraan. Hawa dikompresi dalam suatu kantung spesial yang terhubung pada tangan suspensi. Dengan sedemikian itu, hawa yang terkompresi hendak berperan seperti“ bantalan” dikala kendaraan hadapi getaran.

Dengan sobat mengenal jenis pegas, maka sobat juga memahami kondisi kendaraan yang sobat pakai, berbeda jenis pegas berbeda juga perawatannya ketika mengalami kerusakan, namun umumnya sama perihal perawatan, jangan sampai pegas dan suspensi karatan yang disebabkan karena tidak pernah dibersihkan.

Selain melakukan perawatan secara rutin, menjaga mobil agar tetap aman juga menjadi perhatian penting lho, saat ini banyak jenis mobil yang tidak memiliki sistem keamanan gps bahkan keluaran terbaru pun, untuk alat pelacak mobil sobat harus memasang secara mandiri, tapi jangan khawatir GPSKU menyediakan gps untuk mobil yang terpercaya keakuratannya lho, yuk tekan tombol chat cs dibawah ini untuk berkonsltasi dan melakukan pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia