9 Kelemahan Bisnis Rental Mobil dan Permasalahan yang Ada

Bisnis rental atau persewaan mobil masih menarik minat banyak orang karena potensi hadirnya keuntungan yang menjanjikan. Hanya, ada beberapa risiko yang perlu Anda ketahui jika memang berniat terjun dalam aktivitas usaha ini. Apa saja kelemahan bisnis rental mobil?

Nah, untuk Anda yang sedang ingin mencari informasi seputar cara memulai usaha rental mobil dan segala untung rugi di dalamnya, simak artikel berikut.

Peluang Bisnis Rental Mobil

peluang bisnis rental mobil

Berbicara tentang aktivitas ini, memang memberikan potensi keuntungan. Terlebih jika Anda berada di lokasi yang dekat dengan pusat wisata. Kebutuhan transportasi dari para pelancong tentu bisa menjadi peluang tersendiri.

Kemudian, kebutuhan yang sama pula untuk aktivitas di luar wisata pun kini semakin tinggi. Banyak orang yang memilih untuk menggunakan kendaraan sewaan dalam berbagai keperluan.

Peluang berbisnis rental mobil memang menjanjikan. Hanya saja, Anda tetap perlu memahami dan mengetahui resiko apa saja yang mengintai. Bagaimanapun, tetap ada kelemahan dari aktivitas usaha ini.

Apalagi, aktivitas ini bisa Anda kelola dari rumah. Yang Anda perlukan adalah pencarian target pasar hingga strategi promosi, serta antisipasi segala resikonya.

Kelemahan Bisnis Rental Mobil dan Permasalahan yang Ada

Kelemahan Bisnis Rental Mobil

Aktivitas satu ini memang berpotensi menguntungkan. Jika berkaca pada perhitungan bisnis rental mobil, Anda berpotensi cuan jika konsisten mendatangkan klien, dan menerapkan perawatan agar memastikan unit armada tetap berkondisi baik.

Sebagai contoh, Anda membebankan biaya Rp450 ribu untuk setiap transaksi, dengan asumsi perawatan Rp1 juta. Sedangkan dalam 1 bulan Anda bisa memperoleh 10 kali transaksi, maka pendapatan Anda pun cukup menjanjikan.

Namun demikian, ada berbagai resiko yang mengintai, sebagaimana aktivitas usaha pada umumnya. Apa sajakah kelemahan rental mobil itu?

Nah, agar Anda dapat menghindari sesuatu yang tidak Anda inginkan dalam menjalankan aktivitas ini, ketahui beberapa hal berikut ini.

1. Penipuan dan Pencurian

Salah satu resiko bisnis rental mobil ini adalah rawan penipuan dan tindak pencurian oleh pihak penyewa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu mempersiapkan diri. Misalnya dengan menempatkan alat pelacak pada unit kendaraan Anda.

2. Kerusakan

Unit yang Anda sewakan kemungkinan juga akan mengalami kerusakan lantaran digunakan banyak orang dan karakteristik berbeda. Bagaimana jika terjadi hal tersebut?

Terkadang kerusakan juga dapat terjadi lantaran adanya kelalaian dari pemilik dan kondisi unit yang sebenarnya kurang layak pakai. Namun bagaimanapun juga, Anda harus mengambil langkah pencegahan. Termasuk mendaftar pada layanan asuransi untuk memberikan perlindungan.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat proteksi dari segala kondisi, lewat fitur klaim pada layanan tersebut.

3. Penggunaan Melebihi Perjanjian

Hal lainnya yang menjadi hambatan bisnis rental mobil adalah orang menyewa unit lebih lama dari perjanjian. Alasannya bisa saja karena kemacetan atau kondisi lainnya. Untuk mengantisipasinya, Anda harus memperketat aturan. Jika melebihi batas waktu, Anda bisa menerapkan denda dengan nilai tertentu.

Pastikan Anda dan klien sudah menyepakati klausul tersebut dalam surat perjanjian awal.

4. Tidak Membayar Sewa

Kendala bisnis rental mobil yang bisa saja terjadi adalah klien tidak membayar biaya. Mereka bisa saja lari dari tanggung jawab dengan berbagai alasan.

Maka, buatlah antisipasi dengan membuat aturan pembayaran dengan uang muka di depan. Termasuk memberikan syarat pemberian jaminan untuk menghindari kemungkinan klien tidak bertanggung jawab. Bila perlu, buat aturan resmi dengan memberikan tambahan materai.

5. Kompetitor Tinggi

Seperti telah disebutkan di atas, aktivitas ini memang sangat menjanjikan. Terlebih melihat tingginya kebutuhan moda transportasi. Di kota besar, umumnya sudah ada begitu banyak usaha semacam ini. Artinya, ancaman bisnis rental mobil berupa persaingan yang ada semakin ketat.

Tidak jarang banyak penyedia layanan yang membanting harga demi memperoleh klien. Hal ini memang dapat merusak standar biaya di pasaran.

6. Investasi Awal yang Tinggi

Memulai bisnis persewaan memerlukan investasi besar dalam pembelian armada kendaraan, ruang kantor, dan personel.

7. Penyusutan Nilai Kendaraan

Nilai unit roda empat terdepresiasi seiring berjalannya waktu, yang dapat mengakibatkan biaya pemeliharaan yang tinggi dan menyulitkan mempertahankan bisnis menguntungkan.

8. Biaya Operasional Besar

Mengelola unit roda empat dan menyediakan layanan tambahan seperti asuransi dan bantuan pinggir jalan bisa memakan biaya yang besar, sehingga dapat berdampak pada profitabilitas.

9. Permintaan Musiman

Permintaan sewa unit roda empat cenderung lebih tinggi selama musim, seperti liburan dan lebih rendah selama periode di luarnya. Hal ini dapat mengakibatkan fluktuasi pendapatan sepanjang tahun.

Cara Mengurangi Resiko Bisnis Rental Mobil

resiko bisnis rental mobil

Setelah Anda mengetahui beberapa kelemahan dari aktivitas tersebut, saatnya Anda mencari strategi untuk mengantisipasinya. Ikuti beberapa tips berikut ini untuk Anda terapkan.

1. Jangan Asal Terima Klien

Sebelum sepakat dalam bertransaksi, tidak ada salahnya Anda melihat calon klien. Anda bisa melihat bagaimana dirinya bersikap, hingga cara berkomunikasi mereka. Kemudian, tanyakan tujuan mereka untuk mendapatkan jasa Anda.
Dengan begitu, Anda bisa menilai sendiri apakah calon klien ini aman atau tidak.

2. Perketat Syarat

Anda juga bisa memperketat syarat jasa layanan. Salah satunya dengan menyerahkan kartu tanda pengenal. Jika calon klien bersedia, maka Anda sudah cukup aman jika tersedia sesuatu di luar kehendak. Anda setidaknya sudah mengantongi identitas mereka.

Jika mereka tidak setuju, jangan paksakan untuk tetap menerima konsumen.

3. Atur Administrasi

Meski terlihat sederhana, namun hal ini tetap penting. Jika perlu, tugaskan orang khusus yang menangani hal tersebut. Sehingga segala bentuk pencatatan tidak mengalami kendala.

Catatan tersebut mencakup beberapa hal. Antara lain daftar klien, tagihan hingga pembayaran.

4. Gunakan Asuransi

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah Anda perlu mengambil layanan asuransi untuk proteksi armada Anda. Daftarkan unit Anda agar mendapatkan perlindungan jika terjadi segala sesuatu. Sehingga, Anda tetap tenang dalam menjalani aktivitas usaha.

Aktivitas usaha butuh adanya keberanian secara mental untuk menghadapi segala sesuatunya. Termasuk untung rugi bisnis rental mobil, di tengah persaingan yang ketat.

Potensi berupa kerusakan atau yang terparah seperti pencurian bisa saja terjadi. Maka, Anda harus mengantisipasinya sejak awal.

Itulah beberapa hal tentang kelemahan bisnis rental mobil dan segala permasalahan di dalamnya. Selain memberikan potensi keuntungan, Anda tetap harus melihat segala resiko di dalamnya, agar tetap mampu bertahan.

Selain itu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya memperhatikan sisi keamanan pada unit roda empat Anda. GPSKU bisa menjadi pilihan terbaik, dengan produk yang bisa mendukung kenyamanan dan keamanan kendaraan. Anda dapat menghubungi Customer Care 24 jam di nomor 0811 24 01 123 atau via email di hello@gpsku.co.id untuk informasi lebih lanjut seputar ketersediaan produk.

Copyright © 2008 - 2024 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | PT.GPSKU Karya Indonesia