Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin
Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

GPS TRacker – Penyebab AC mobil tidak dingin memang menjadi topik yang paling banyak dicari khususnya pemilik kendaraan. Pasalnya, jika udara lembab atau panas didalam mobil tentu terasa tidak nyaman bukan? untuk itu, perlu diketahui apa yang menjadi pemicunya sehingga timbul masalah seperti ini.

AC mobil yang tidak dingin ini bisa terjadi pada beberapa jenis dan tipe mobil. Dan perlu diketahui bahwa masalah ini sudah satu hal yang biasa dan banyak dialami oleh pemilik mobil. Biasanya, AC yang mulai tidak dingin saat Anda merasakan hanya mengeluarkan angin saja sehingga tidak terasa hawa dingin yang dirasakan. Da perlu diketahui bahwa hal ini bukan berarti terjadi begitu saja alias sudah pasti ada penyebabnya.

Lantas, apa yang menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin? Nah bagi Anda yang ingin tahu tak usah bingung karena di artikel ini akan dibahas apa yang menjadi penyebab AC mobil menjadi tidak dingin.

Baca juga GPS Tracker Nganjuk dan Pasang GPS dengan Biaya Gratis

Kompresor Rusak

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin berasal dari bagian kompresor yang mengalami kerusakan. Biasanya, kompresor rusak atau mengalami aus akan terlihat sight glass hitam dan ini pertanda bahwa receiver dryer ataupun expansion valve terkena hambatan kotoran.

Artinya, jika Anda sudah mulai merasakan AC mobil sudah tak lagi dingin serta muncul sight glass hitam, sangat disarankan agar membawanya ke bengkel AC terdekat. Anda perlu melakukan pengecekan lebih intensif, dan apabila memang perlu diganti kompresor AC sebaiknya lakukanlah.

Kondensor Kotor

Yang menjadi penyebab keduanya adalah kondisi kondensor yang amat kotor. Kondisi ini membuat AC dalam mobil Anda menjadi tidak dingin. Adapun fungsi dari kondensor ini memiliki fungsi sebagai pembuang panas yang dilepaskan oleh kompresor.

Umumnya, kotornya kondensor dikarenakan kurangnya kebersihan sehingga membuat kotoran menjadi menumpuk.  Jika kotoran sudah sangat berlebihan, maka proses pembuangan pun menjadi tidak optimal. Hal inilah yang membuat AC mobil menjadi tidak dingin.

Freon Habis

Habisnya Freon menjadi Penyebab AC mobil tidak dingin. Ini menjadi penyebab paling serinng terjadi  apalagi ada kebocoran pada sambungan pipa ataupun selang menyebabkan AC mobil tidak dingin. Biasanya, faktor ini bisa disebabkan oleh sambungannya yang memang sudah lama.  Lalu salah satu hal yang juga menyebabkan freon bocor yaitu kerusakan pada bagian relief valve kompresor.

Evaporator Tersumbat

Tersumbatnya evaporator oleh debu ternyata membuat AC mobil tidak dingin. Apabila debu-debu sudah mulai menyumbat, maka juga dapat dipastikan bahwa aliran udara dari blower terhambat. Kemudian, jika aliran udara yang keluar dari blower terhambat, maka akan membuat sirkulasi AC mnjadi terganggu pula.

Biasanya, kotoran bisa masuk ke evaporator dikarenakan adanya hisapan blower yang terhubung ke evaporator. Selain itu, filter serta AC yang jarang dibersihkan bisa membuat kinerja evaporator terganggu. Jadi, sangat disarankan agar Anda perlu melakukan pembersihan rutin pada evaporator ataupun filter AC.

Disamping selalu melakukan pengecekan dari beberapa elemen diatas guna memastikan agar AC tetap dingin, maka ada satu lagi yang perlu ditambahkan. Yaitu pemasangan alat pelacak atau GPS Tracker mobil. Meskipun fungsi utama dari alat ini adalah mengetahui keberadaa atau posisi kendaraan namun tidak sedikit fitur sudah ditambahkan. Salah satunya adalah mengetahui suhu udara didalam mobil.

Dan untuk memasang GPS tracker ini tidak sulit, karena cukup menghubungi nomor yang tertera pada website maka tim GPSKu akan segera memasangnya. Kami menggunakan peralatan yang canggih dan baru, serta dikerjakan oleh tim yang handal dan profesional. Jadi, tunggu apalagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2020 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia