logo mobile 2024

Apa Itu Lampu BiLED? Kelebihan, Harga, dan Tips Pasang

Lampu adalah salah satu komponen yang paling krusial pada kendaraan. Tanpa lampu depan, pastinya akan sangat berbahaya saat berkendara di malam hari. Agar memperoleh penerangan yang mumpuni saat berkendara, ada beragam jenis lampu mobil dan motor yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah lampu biLED.

Jenis lampu ini digadang-gadang punya banyak kelebihan dibanding lampu bawaan di kendaraan Anda. Tertarik untuk menggunakan bi-LED? Pahami dulu apa itu lampu biLED, keunggulan, harga, dan juga tips untuk memasangnya.

Mengenal Lampu bi-LED

apa itu lampu biled

Bi-LED atau lebih populer dengan sebutan biled merupakan singkatan dari bifunctional LED. Artinya lampu yang menggunakan teknologi LED (light emitting diode) ini memang memiliki 2 kegunaan yakni sebagai lampu dekat dan jauh.

Ini penjelasan singkat mengenai 2 mode pencahayaan tersebut.

  • Lampu dekat (Low beam)

Mode ini digunakan untuk pencahayaan biasa saat berkendara di kondisi normal. Pencahayaan ini tidak akan membuat silau kendaraan lain yang sedang berpapasan.

  • Lampu jauh (High beam)

Mode ini berguna untuk memberikan pencahayaan maksimal saat jalan benar-benar gelap dan tidak ada kendaraan lain di depan. High beam memungkinkan pengemudi untuk melihat lebih jauh ke depan.

Jadi, hanya dengan satu lampu saja, biled mampu memberikan dua manfaat sekaligus. Adapun prinsip kerja lampu biled motor dan lampu biled mobil sama saja.

Jenis lampu ini menggunakan LED yang diletakkan pada modul proyektor. Kemudian, modul ini ditempatkan pada sebuah reflector, sehingga mampu memantulkan cahayanya. Dengan begitu, hasil refleksi cahaya ini menjadi lebih fokus dan lebih terang daripada bola lampu biasa.

Jadi, ketika Anda merasa bahwa lampu mobil redup, pertimbangkan untuk mengganti lampu yang lama dengan tipe biled ini.

Kelebihan Lampu Biled

kelebihan lampu biled

Banyak pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang memodifikasi lampu depan dengan cara mengganti lampu bawaan pabrik dengan biled. Pasalnya, biled menawarkan beragam keunggulan di bawah ini.

  • Hemat Energi

Pertama, keunggulan biled dibanding dengan lampu halogen adalah efisiensi energi yang tinggi. Tipe lampu LED memerlukan daya yang jauh lebih rendah daripada lampu halogen.

Hal ini tentu memberikan dampak positif pada efisiensi sumber energi kelistrikan kendaraan yang bergantung pada aki.

  • Lebih Terang

Selanjutnya, bi-LED mampu menghasilkan pencahayaan yang lebih terang. Cahaya yang dihasilkan juga lebih putih dan mendekati spektrum cahaya alami. Sehingga, lampu ini memberikan visibilitas yang lebih baik khususnya saat berkendara pada malam hari.

Saat Anda memilih mode high beam, bi-LED mampu menerangi jarak yang lebih jauh dan lebih jelas. Hal ini akan meningkatkan keamanan berkendara di jalan yang minim penerangan.

  • Cahaya Lebih Fokus

Lampu depan kendaraan yang biasanya menggunakan reflektor bawaan pabrik sehingga refleksi cahaya tidak maksimal. Hal ini berbeda dengan bi-LED yang menyalurkan cahayanya melalui lensa optik. Cahaya yang diproduksi bi-LED jadi lebih fokus.

  • Tidak Menyilaukan

Meskipun pendar cahayanya lebih fokus, bi-LED tidak akan membuat silau pengendara yang berpapasan dengan Anda. Pasalnya, reflector bi-LED memiliki desain khusus, sehingga dapat memancarkan cahaya secara optimal tanpa menyilaukan mata.

  • Tahan Lama

Kelebihan lain dari tipe lampu ini adalah umur pakainya yang lebih panjang daripada lampu biasa. Bahkan, bi-LED bisa bertahan hingga 20ribu jam.

Tentu lampu ini jadi pilihan bijak bagi pemilik kendaraan yang sering merasa jengkel karena harus mengganti lampu kendaraan yang sering mati.

Harga Bi-LED

harga lampu biled

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki, kira-kira berapa harga lampu biled? Harga lampu ini memang lebih tinggi daripada jenis lampu LED biasa atau lampu halogen. Meskipun begitu, harga ini sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Harga biled bervariasi berdasarkan ukuran, daya, merek, dan jenisnya. Ini beberapa contoh harga bi-LED.

  • Bi-LED AES 2,5 inchi, 35 Watt: Rp645.000
  • Bi-LED AES 3 inch, 42 Watt: Rp850.000
  • Bi-LED AES 3 inch, 45 Watt: Rp1.800.000

Walaupun terbilang mahal, pemasangan Bi-LED merupakan investasi jangka panjang karena menawarkan efisiensi energi, masa pakai, dan juga keamanan berkendara.

Tips Pemasangan bi-LED

cara pasang lampu biled

Cara pasang lampu biled tidak begitu sulit. Anda bisa memasangnya sendiri atau meminta bantuan teknisi. Untuk memperoleh hasil akhir yang optimal, ikuti beberapa tips pemasangan berikut ini.

Pilih Produk Berkualitas

Pilihlah bi-LED dari produsen tepercaya. Produk yang berkualitas mungkin sedikit lebih mahal tapi memiliki daya tahan dan performa yang baik.

Hindari membeli produk abal-abal dengan harga murah karena kualitasnya masih dipertanyakan.

Sesuaikan dengan Ukuran Rumah Lampu

Biasanya pemilik kendaraan juga akan memasang aksesoris tambahan biled berupa shroud. Tameng ini dapat menyala dan berperan sebagai DRL atau lampu senja.

Pemasangan shroud, tentu akan membuat tampilan kendaraan Anda jadi lebih menarik. Sayangnya, beberapa jenis mobil memiliki ukuran rumah lampu agak kecil. Sehingga, rumah lampu tersebut tidak bisa memakai jenis shroud ini.

Sebagai alternatif, gunakan shroud dengan ukuran yang lebih compact dan tanpa lampu aksesoris. Meskipun tampilannya berbeda, pemasangan seperti ini tidak akan mengganggu kinerja biled.

Pilihlah Biled Ukuran Kecil

Untuk jenis kendaraan dengan ukuran rumah lampu yang besar, pilihlah biled dengan ukuran yang kecil. Dengan begitu, Anda bebas menggunakan beragam jenis shroud. Semakin besar ukuran biled, maka pilihan shroud menjadi terbatas.

Bi-LED menawarkan beragam kelebihan yang membuatnya lebih unggul dari jenis lampu lainnya. Dari segi efisiensi, umur pakai, kualitas cahaya, dan desain, lampu ini patut Anda pertimbangkan sebagai pengganti lampu bawaan motor atau mobil Anda.

Dengan memasang lampu biled, Anda bisa meningkatkan keamanan berkendara khususnya pada malam hari. Selain pemasangan biled, pertimbangkan juga untuk memasang GPS tracker untuk kendaraan Anda.

GPS bukan sekadar alat navigasi tetapi juga alat pengaman tambahan. Tertarik untuk memasang GPS tracker? Serahkan saja urusan ini pada GPSKU. Segera kunjungi website GPSKU untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait produk ini.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU