logo mobile 2024

9 Manfaat GPS Tracker untuk Bisnis Sewa Motor

Persewaan motor merupakan salah satu bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan. Apalagi jika Anda menjalankan bisnis ini di daerah dengan banyak destinasi wisata. Sayangnya, risiko motor dibawa kabur penyewa juga besar. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda perlu memahami manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa motor.

Tidak hanya untuk pengamanan motor sewaan, ternyata teknologi ini juga memudahkan operasional dan perawatan motor Anda. Ini dia penjelasan lengkap mengenai apa manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa motor.

1. Pengecekan Posisi Motor

manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa motor

Serupa dengan manfaat GPS tracker untuk bisnis alat berat, GPS yang terpasang di motor fungsinya adalah untuk pengecekan titik keberadaan motor sewaan secara real time. Melalui aplikasi, pemilik rental motor dapat melakukan pemantauan terhadap semua armadanya.

Umumnya, perangkat GPS akan dipasang pada tempat yang tersembunyi. Sehingga, jika penyewa memiliki niat jahat untuk melepas GPS, mereka akan kesulitan menemukan perangkat tersebut.

Bahkan, banyak penyewa yang tidak menyadari bahwa motor yang mereka sewa telah terpasang GPS. Sehingga, Anda bisa leluasa untuk memantau rute perjalanan mereka.

2. Meningkatkan Keamanan

GPS tracker untuk rental motor

Fungsi utama GPS tracker untuk rental motor adalah untuk pengamanan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, risiko pencurian motor oleh penyewa sangatlah besar.

Untuk itu, Anda harus melakukan upaya pencegahan. Salah satunya adalah dengan memasang perangkat GPS pada semua motor yang Anda sewakan.

Ketika motor hilang, perangkat ini memudahkan Anda melacak dan menemukannya dengan cepat. Selain itu, kini beberapa jenis GPS tracker telah memiliki fitur remote untuk mematikan mesin jarak jauh.

Jika ada indikasi motor di bawa kabur, Anda bisa mematikan mesin dengan memasukkan perintah melalui aplikasi smartphone. Saat mesin mati, penyewa tidak akan bisa menghidupkannya kembali.

Selain itu, dengan adanya GPS tracker, penyewa akan lebih berhati-hati karena sadar bahwa pergerakan mereka selalu dalam pantauan. Hal ini akan mengurangi risiko penyalahgunaan motor.

3. Memudahkan untuk Penjadwalan Service

fungsi GPS motor

Fungsi GPS motor selanjutnya adalah untuk memeriksa jarak yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Data ini memudahkan Anda untuk merencanakan perawatan atau service rutin seperti ganti oli dan suku cadang.

Motor rental tentu butuh perawatan ekstra jika dibandingkan dengan motor pribadi karena intensitas penggunaannya yang lebih sering. Untuk itu, jangan sampai lupa melakukan service berkala untuk mencegah timbulnya kerusakan yang lebih parah pada komponen tertentu.

Motor yang selalu dalam kondisi baik akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman bagi penyewa. Dampaknya, pelanggan pasti akan puas dan reputasi bisnis rental motor Anda meningkat.

4. Mengetahui Perilaku Penyewa Saat Berkendara

manfaat GPS motor

Manfaat GPS motor selanjutnya adalah memberikan data mengenai perilaku pengendara. GPS yang terintegrasi dengan sensor kecepatan bisa menampilkan informasi kecepatan, akselerasi, dan pengereman.

Anda juga dapat mengatur batas kecepatan maksimal. Saat pengendara mengebut melebihi batas maximal speed, Anda akan memperoleh pemberitahuan. Jadi, Anda bisa menegur dan memperingatkan pengendara supaya tidak terjadi kecelakaan.

5. Mengecek Kondisi Motor

fungsi GPS tracker pada motor

Beberapa provider GPS menawarkan fitur On Board Diagnostic yang memungkinkan Anda mengecek kondisi motor kapanpun juga. Fungsi GPS tracker pada motor ini membantu mengidentifikasi masalah pada mesin atau komponen lainnya.

Saat Anda menemukan gangguan tertentu, Anda bisa langsung membawa motor ke bengkel untuk mendapat perbaikan. Semakin cepat perbaikan tentu semakin baik karena bisa mencegah kerusakan merembet ke komponen lain.

Dengan kata lain, Anda bisa menghindari adanya pengeluaran biaya perbaikan yang lebih besar di kemudian hari.

6. Kemudahan Memberikan Bantuan saat Kondisi Darurat

manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa motor 

Saat penyewa mengalami situasi darurat seperti motor mogok atau bahkan insiden kecelakaan, Anda dapat langsung mengetahui lokasi kejadian. Sehingga, Anda dapat memberikan bantuan secepatnya.

Saat motor mengalami kerusakan atau mogok, Anda bisa langsung menukar dengan motor lainnya. Sehingga, penyewa bisa melanjutkan perjalanannya. Ini merupakan keunggulan GPS tracker real time.

Kemampuan untuk merespon cepat dalam situasi darurat ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat citra bisnis rental Anda semakin baik.

7. Memastikan Motor Tidak Dibawa ke Luar Daerah

manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa motor

Saat menjalankan bisnis rental motor, pemilik seringkali memberikan batasan geografis ke mana motor bisa digunakan. Sebagai contoh, rental motor Surabaya hanya mengizinkan motor sewaan dibawa keliling area Surabaya saja dan tidak sampai ke luar kota atau bahkan menyeberang Jembatan Suramadu.

Saat motor tersebut melewati batas yang Anda telah tetapkan, Anda akan mendapatkan pemberitahuan. Jadi, Anda bisa segera melakukan tindakan yang diperlukan.

Ini merupakan salah satu keuntungan GPS tracker untuk bisnis sewa motor. Fitur ini bisa mencegah terjadinya pencurian motor. Selain itu, saat motor tetap berada di wilayah yang Anda jangkau, Anda bisa dengan mudah segera memberi bantuan saat terjadi kendala dengan motor tersebut.

8. Melihat History Perjalanan

manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa motor

Kemampuan lain GPS tracker adalah melihat history perjalanan. Anda dapat mengakses rute atau jarak tempuh yang telah dilalui motor. Informasi ini sangatlah berguna untuk berbagai keperluan seperti.

Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan data ini untuk analisis penggunaan kendaraan. Setelah mencapai jarak tempuh tertentu, motor harus segera Anda di service untuk ganti oli atau perawatan lainnya.

Selain itu, jika ada rute yang dapat menyebabkan kerusakan seperti jalan berlubang atau daerah rawan kejahatan, Anda bisa menyarankan pada penyewa untuk menghindari rute tersebut.

Kemudian, pengecekan history perjalanan ini juga bermanfaat saat terjadi perselisihan dengan penyewa. Contohnya, ada kesepakatan denda jika penyewa melanggar batas daerah yang ditentukan. Jika penyewa mengelak, Anda hanya perlu menunjukkan history perjalanan ini sebagai bukti.

9. Peningkatan Layanan Pelanggan

manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa motor

Melalui pemantauan titik lokasi motor secara real time, Anda bisa memperkirakan waktu pengembalian. Sebagai contoh, penyewa mungkin mengatakan akan mengembalikan motor tersebut dalam 15 menit.

Padahal, saat Anda memeriksa lokasinya, penyewa tersebut masih berada di area yang cukup jauh. Jadi, Anda bisa mengatakan pada penyewa berikutnya untuk menunggu sesuai perkiraan waktu tempuh yang sebenarnya.

Selain itu, dengan beragam data yang tersedia, Anda bisa membuat kebijakan yang lebih baik terkait penjadwalan armada, perawatan motor, dan hal lainnya. Dengan begitu, Anda dapat memberikan pengalaman sewa motor yang aman dan nyaman.

Saat pelanggan puas dengan kualitas motor dan pelayanan Anda, pastinya mereka akan berlangganan layanan Anda dan merekomendasikannya pada orang lain.

Singkatnya, pemasangan GPS tracker memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi pemilik bisnis persewaan motor. Mulai dari pengecekan posisi, penjadwalan perbaikan, hingga akses history perjalanan bisa Anda lakukan dengan gampang.

Jadi, apakah Anda ingin memperoleh semua manfaat GPS tracker untuk bisnis sewa motor Anda? Untuk menjalankan bisnis secara efisien, serahkan saja urusan pemasangan GPS ini pada GPSKU. Kami menyediakan perangkat GPS dengan fitur komplit dan terintegrasi untuk memudahkan pemantauan motor Anda.

Tertarik untuk menggunakan layanan kami? Segera kunjungi website resmi GPSKU sekarang juga untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai fitur, harga, dan penawaran uji coba secara gratis.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU