logo mobile 2024

7 Manfaat Sensor Kecepatan Kendaraan pada GPS Tracker

Saat ini GPS tracker bukan hanya sekadar alat pelacak lokasi. Banyak penyedia GPS yang menawarkan integrasi perangkat ini dengan sensor kecepatan untuk memperoleh beragam data yang lebih akurat. Lantas, apa saja manfaat sensor kecepatan yang terintegrasi dengan GPS?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang manfaat, simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai sensor kecepatan.

Mengenal Sensor Kecepatan

sensor kecepatan adalah

Untuk mengetahui kondisi kendaraan dengan lebih seksama, pemilik biasanya akan memasang berbagai alat tambahan seperti sensor kecepatan dan sensor tangki bahan bakar.

Sensor kecepatan adalah suatu komponen yang berfungsi untuk mengukur kecepatan kendaraan. Umumnya, komponen ini dipasang pada roda depan dan akan menghitung laju kendaraan berdasarkan kecepatan putaran roda.

Adapun manfaat sensor kecepatan motor maupun mobil sebenarnya sama saja. Tidak hanya berguna untuk memberikan informasi kecepatan pada speedometer. Alat ini juga membantu sistem ABS dan kontrol traksi untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Fungsi tersebut merupakan contoh sensor kecepatan pada ABS yang berguna untuk mencegah roda mengunci saat pengereman keras yang dapat menyebabkan hilangnya kontrol kendaraan.

Selain itu, pemilik kendaraan juga mengintegrasikan sensor ini dengan GPS untuk meningkatkan akurasi data mengenai lokasi dan pergerakan kendaraan tersebut.

Manfaat Sensor Kecepatan

manfaat sensor kecepatan pada kendaraan

Ternyata, kegunaan sensor kecepatan tidak cuma sekadar merekam laju kendaraan saja. Berikut ini merupakan berbagai manfaat sensor kecepatan pada kendaraan.

1. Akurasi yang Lebih Tinggi

Salah satu fungsi sensor kecepatan yang terintegrasi dengan GPS adalah dapat memberikan informasi mengenai lokasi dengan akurasi yang lebih tinggi. Ada kalanya GPS tidak presisi karena beberapa faktor.

Di antarannya karena sinyal yang hilang atau jaringan internet yang lamban. Namun, dengan adanya sensor kecepatan, alat ini akan tetap menghitung pergerakan kendaraan.

Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa lokasi yang ditampilkan oleh tracker benar-benar akurat.

2. Menghitung Kecepatan dalam Berbagai Kondisi

Keunggulan GPS tracker real time adalah kemudahan untuk mengecek lokasi kendaraan kapanpun dan dimanapun. Sayangnya, pemantauan ini dapat terkendala sinyal yang buruk atau pada saat kendaraan berada pada kawasan di luar jangkauan sinyal.

Tapi, adanya sensor kecepatan dapat terus menerus menyediakan data kecepatan dan informasi yang diperlukan. Sehingga, dapat dipastikan bahwa data kecepatan tetap akurat.

3. Mengoptimalkan Rute Perjalanan

Rangkaian sensor kecepatan juga dapat membantu sistem navigasi untuk perencanaan rute yang lebih efisien. Sehingga, hal ini dapat mengurangi waktu perjalanan dan juga konsumsi bahan bakar.

Sistem dapat memantau kecepatan kendaraan dan memberikan saran rute lain untuk menghindari kemacetan. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi perusahaan logistik, sehingga dapat mendistribusikan barang dengan cepat.

4. Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan

Data kecepatan yang akurat memungkinkan sistem untuk mendeteksi perubahan kecepatan yang tidak normal. Misalnya, peringatan akan muncul saat kendaraan tersebut melaju melebihi batas kecepatan yang seharusnya.

Peringatan ini bisa berupa notifikasi pada dashboard maupun suara untuk memperingatkan pengemudi. Fitur ini sangat berguna untuk mencegah pelanggaran lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan akibat kecepatan berlebih.

Selain itu, sensor juga terhubung dengan sistem pengereman anti-lock. Jadi, pada saat terjadi pengereman mendadak, roda tidak akan terkunci, sehingga terjadinya selip atau hilangnya kontrol kendaraan bisa diminimalisir.

Tentunya, hal ini bisa meningkatkan keselamatan pengendara.

5. Memantau Kinerja Kendaraan

Manfaat sensor kecepatan mobil selanjutnya adalah untuk memantau kinerja kendaraan. Data mengenai kecepatan, jarak tempuh, dan juga waktu perjalanan semuanya akan terekam.

Anda dapat mengakses data-data tersebut guna melakukan analisis kinerja kendaraan. Misalnya, kendaraan yang sering melaju dengan kecepatan tinggi dan seringkali melakukan pengereman tiba-tiba pasti memerlukan perawatan khusus.

Dengan informasi ini, Anda dapat menentukan perawatan yang tepat, sehingga dapat mencegah risiko kerusakan lebih lanjut.

6. Memantau Perilaku Pengemudi

Sensor kecepatan yang terhubung GPS tracker juga sangat berguna bagi para pengusaha rental kendaraan maupun logistik. Adanya sensor ini memudahkan pemilik untuk mengawasi perilaku pengemudi secara langsung.

Anda dapat mengetahui bagaimana pengemudi mengoperasikan kendaraan. Misalnya, Anda bisa mengecek pengemudi tersebut memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan ugal-ugalan.

Data mengenai kecepatan dan pengereman bisa Anda gunakan untuk menilai kinerja pengemudi tersebut. Sehingga, Anda bisa memastikan bahwa pengemudi tersebut mematuhi aturan dan memprioritaskan keselamatan.

7. Menampilkan Statistik Perjalanan

Sensor ini tidak hanya menampilkan data real-time tapi juga merekam dan menyimpan data perjalanan secara rinci. Sehingga, Anda dapat mengaksesnya kapan saja untuk melakukan analisis yang lebih mendalam.

Statistik perjalanan ini bisa Anda pergunakan untuk mengevaluasi efisiensi operasional. Sebagai contoh, jika ternyata statistik menampilkan kecepatan kendaraan sangat rendah karena adanya kemacetan, Anda bisa merencanakan rute lainnya.

Sehingga, perjalanan selanjutnya bisa lebih lancar sehingga waktu tempuh bisa dioptimalkan. Tentu saja, evaluasi ini sangat berguna untuk menekan biaya operasional perusahaan.

Dampak Kerusakan Sensor Kecepatan

manfaat sensor kecepatan mobil

Kerusakan yang terjadi pada sensor kecepatan dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kendaraan dan juga pengemudi. Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin terjadi.

1. Masalah pada Sistem Pengereman

Sensor kecepatan sangatlah penting untuk anti-lock braking system (ABS). Saat sensor ini rusak, sistem ABS tidak akan berfungsi. Akibatnya, roda kendaraan dapat tergelincir di jalan licin atau saat pengereman mendadak.

2. Sistem Navigasi tidak Akurat

GPS tracker yang menggunakan data dari sensor kecepatan mungkin menjadi tidak akurat lagi saat sensor rusak. Hal ini bisa menyebabkan kesalahan dalam perhitungan waktu tiba dan pelacakan lokasi menjadi tidak presisi.

3. Speedometer Tidak Akurat

Ketika sensor kecepatan rusak, speedometer akan menampilkan kecepatan yang tidak sebenarnya. Hal ini akan menyebabkan pengemudi melanggar batas kecepatan berkendara.

Selain itu, risiko kecelakaan akan semakin tinggi karena pengemudi memacu kendaraan pada kecepatan yang tidak seharusnya.

4. Peringatan Batas Kecepatan tidak Berfungsi

Hampir sama dengan poin sebelumnya, beberapa kendaraan biasanya dilengkapi dengan sistem peringatan batas kecepatan. Sistem ini akan memberikan notifikasi apabila kendaraan melaju melebihi batas kecepatan maksimal.

Saat sensor rusak, peringatan ini tidak akan muncul. Sehingga, pengemudi tidak akan menyadari jika ia telah melanggar batas kecepatan.

Umumnya, pada saat terjadi kerusakan pada sensor ini, lampu peringatan ABS pada dashboard akan menyala. Jadi, pastikan untuk melakukan pengecekan dan perbaikan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Untuk kerusakan yang parah pada sensor kecepatan, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru. Anda perlu melakukan perawatan secara berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen ini.

Pastikan sensor selalu dalam kondisi bersih karena adanya kontaminasi dapat memengaruhi kinerja alat ini.

Mengingat pentingnya manfaat sensor kecepatan pada GPS tracker, apakah Anda telah memasang alat ini pada kendaraan Anda? Untuk pemasangan GPS yang terintegrasi dengan iOT, serahkan saja tugas ini pada GPSKU.

GPSKU akan memastikan pemasangan GPS tracker yang akurat baik untuk kendaraan pribadi, rental, logistik, hingga kendaraan umum. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait fitur, detail produk, dan harga, segera kunjungi website resmi GPSKU.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU