logo mobile 2024

6 Cara Melacak Motor Hilang Tanpa GPS Tracker

GPS merupakan peranti yang berguna untuk melacak keberadaan kendaraan. Salah satunya, jika terjadi kondisi kendaraan hilang. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki peranti itu? Bagaimana cara melacak motor hilang tanpa GPS?

Kehilangan kendaraan bermotor tentunya bukan hal yang diinginkan oleh semua orang. Sementara, tidak semua orang menggunakan alat untuk menelusuri keberadaan tunggangannya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mencari keberadaan kendaraan tanpa alat tersebut.

Simak artikel berikut hingga tuntas untuk mendapatkan jawaban cara melacak motor hilang tanpa GPS.

Apa Itu GPS?

Perangkat GPS

Sebelum mengulas lebih lanjut, Anda perlu memahami tentang GPS. Istilah ini merujuk pada peranti Global Positioning System, yakni sebuah teknologi untuk memperoleh perkiraan posisi sebuah objek.

GPS menjadi perangkat penting untuk memberikan proteksi terutama membantu ketika jadi kehilangan pada unit tunggangan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menelusuri keberadaan kendaraan Anda tanpa alat tersebut.

Peranti ini juga kerap tersemat pada unit kendaraan. Tujuannya untuk memberikan proteksi hingga navigasi. Beberapa unit transportasi kelas premium umumnya sudah memiliki teknologi ini. Sementara, bagi yang belum memiliki, tidak jarang juga memasangnya secara mandiri.

Nah, peranti ini dapat Anda manfaatkan ketika terjadi musibah seperti motor yang hilang. Anda bisa mengaktifkan fiturnya kemudian melacak keberadaan tunggangan Anda.

Cara Melacak Motor Hilang Tanpa GPS Tracker

cara melacak motor yang hilang tanpa gps

GPS tentunya menjadi peranti paling efektif untuk menelusuri posisi kendaraan yang menjadi sasaran aksi kriminal.
Sayangnya, tidak semua orang punya kesadaran atau menginvestasikan dananya untuk keamanan unit tunggangan mereka.

Padahal, bahaya seperti aksi kriminalitas terus mengintai. Alhasil, ketika terjadi aksi pencurian, cara untuk menelusuri keberadaan kendaraan mereka pun lebih sulit. Seandainya menggunakan teknologi pelacak, proses pencarian kemungkin pun lebih cepat.

Namun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menelusuri unit Anda yang dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab. Lantas, apa saja langkahnya? Simak panduan cara melacak posisi motor tanpa GPS berikut ini.

1. Cek Lewat Kamera Pengintai

Cara melacak motor tanpa GPS pertama, ketika terjadi aksi pencurian, langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek rekaman pada kamera pengintai. Cobalah untuk memeriksa keberadaan CCTV pada lokasi dekat tempat kejadian pencurian.

Anda bisa meminta izin pemilik kamera untuk memperoleh rekaman. Jika aksi terlihat di dalam rekaman tersebut, Anda bisa menyampaikannya ke pihak berwajib.

2. Sebar Informasi di Media Sosial

Seperti halnya kehilangan barang lainnya, Anda juga bisa menyebarkan informasi pada media sosial. Bagikan informasi lengkap tentang unit Anda yang hilang, kemudian minta pertolongan pengguna jika mereka memperoleh informasi.

Informasi sekecil apapun akan sangat berguna dalam proses penelusuran. Berikan kontak pribadi Anda agar mempermudah pengumpulan informasi penting.

3. Menggunakan Plat Nomor

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) adalah berguna untuk identifikasi unit oleh polisi. Anda bisa menggunakannya untuk menelusuri informasi motor lewat situs resmi E-Samsat setempat.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs E-Samsat berdasarkan wilayah registrasi unit kendaraan
  • Isi formulir berupa plat, nomor seri dan rangka
  • Klik “Cek Sekarang
  • Akan muncul informasi tentang unit Anda.

Setidaknya, dari informasi tersebut Anda bisa memperoleh petunjuk untuk melakukan penelusuran. Sehingga menjadi titik untuk pencarian Anda. Anda juga bisa saja mendapatkan lokasi terakhir unit Anda berada.

4. Aplikasi Temu Hilang Ranmor

Aplikasi ini berguna untuk membantu pelaporan dan pencarian. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Unduh lewat Play Store atau App Store yang ada di ponsel Anda
  • Buat akun dengan isi informasi seperti nama, email dan telepon
  • Laporkan unit Anda yang hilang dengan masuk ke menu Laporkan
  • Isi informasi lengkap

Sebagai catatan, aplikasi ini baru ada di wilayah operasi Polres Payakumbuh, Sumatera Barat.

5. Google Maps

Anda juga bisa menggunakan situs atau aplikasi ini untuk menelusuri keberadaan unit Anda yang hilang. Begini caranya:

  • Buka aplikasi atau akses lewat browser Anda
  • Masukkan nomor kendaraan dalam kolom pencarian
  • Tekan Cari
  • Informasi lokasi terkini akan muncul, termasuk rute yang sudah dilalui terakhir kali

6. Lapor Pihak Berwajib dan Lacak Nomor Polisi

Cara melacak motor yang hilang tanpa GPS terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pelacakan pada nomor polisi kendaraan Anda. Nomor tersebut punya banyak informasi yang berguna, kemudian dapat Anda gunakan dalam proses penelusuran tunggangan hilang.

Plat tersebut merupakan sebuah identitas dari unit kendaraan. Kemudian juga dapat memudahkan petugas yang berwajib dalam melakukan pencarian. Mereka akan melakukan identifikasi dalam proses tersebut.

Yang tidak kalah penting, sampaikan juga nomor rangka pada unit tunggangan Anda. Sebab, tidak jarang pencuri juga menyamarkan unit yang mereka curi dengan mengganti plat nomor. Sehingga, akan memberikan informasi tambahan yang berguna bagi para petugas kepolisian dalam pelacakan.

Segera laporkan jika Anda mengalami kejadian tersebut. Sebaiknya jangan coba melakukan pengejaran sendiri meski memungkinkan. Sebab, hal ini dapat berbahaya untuk keselamatan Anda sendiri.

Tips Mengantisipasi Motor Hilang

tips agar motor tidak hilang

Lantas, bagaimana cara untuk mengantisipasi adanya tindak kriminalitas terhadap unit kendaraan Anda? Simak beberapa tips berguna berikut ini.

1. Pasang GPS Tracker

Anda bisa menggunakan teknologi ini untuk berjaga-jaga jika kemungkinan buruk terjadi. Apalagi kini sudah tersedia begitu banyak produk yang bisa Anda pilih. Teknologinya pun semakin canggih dan dapat membantu Anda dalam banyak hal. Termasuk mematikan mesin dari jarak jauh secara otomatis.

Yang terpenting, dapat membantu Anda dalam menelusuri keberadaan tunggangan Anda jika terjadi aksi kriminal.

2. Hindari Meninggalkan Motor di Tempat Terbuka dan Sepi

Hal penting berikutnya adalah tidak meninggalkan unit tunggangan Anda di tempat terbuka dan sepi. Ada baiknya untuk area yang aman, tertutup dan memiliki perlindungan cukup.

Jangan tinggalkan di tempat yang sepi karena membuat para maling lebih leluasa. Usahakan untuk meninggalkan di tempat yang sedang ditempati banyak orang.

3. Pasang Alarm

Yang tidak kalah penting adalah menggunakan sistem alarm untuk memberikan proteksi tambahan. Ketika seseorang mengotak-atik unit Anda, maka suara alarm akan membuatnya panik. Suara ini akan memberikan peringatan yang membuat orang di sekitarnya tahu bahwa sedang terjadi aksi kriminal.

Semua orang tentunya tidak ingin mengalami kehilangan unit tunggangannya. Namun, musibah bisa saja muncul kapanpun. Namun, Anda harus tenang jika mengalami kejadian tidak mengenakkan tersebut. Anda tetap bisa mendapatkan cara melacak motor hilang meski tanpa bantuan GPS.

Yang jelas, hindari kepanikan berlebihan. Bersikaplah tenang dan tetap menjaga kepala agar dingin. Tujuannya agar situasi tidak semakin memburuk. Sehingga Anda bisa mengatasi masalah tersebut dan mencari jalan keluarnya.

Jangan biarkan situasi semakin rumit. Ambil nafas dan ingat lagi kondisi terakhir sebelum kejadian, lalu coba cari bantuan. Hindari tindakan yang tidak masuk akal seperti mencari dukun atau hal-hal berbau klenik lainnya. Sebab, tidak akan memberikan jawaban yang logis.

Nah, itulah beberapa cara melacak motor hilang tanpa GPS. Salah satu cara di atas bisa juga Anda gunakan untuk melacak posisi mobil. Tetap tenang, berpikir logis dan senantiasa waspada agar Anda selalu aman.

Untuk Anda yang ingin melengkapi unit kendaraan dengan GPS, dapat produk terbaik di GPSKU. Tersedia jenis pelacak terbaik dengan harga terjangkau, server terbaik hingga pemasangan oleh teknisi handal. Anda bisa menghubungi Customer Care 24 jam atau via email di hello@gpsku.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU