Cara Merawat Motor Yang Jarang Dipakai

GPSKU – Merawat motor menjadi tanggung jawab pemilik motor, apalagi motor yang jarang dipakai, perlu perhatian serta perwatan rutin untuk menghindari kerusakan komponen vital pada motor.

Apabila motor tidak dipakai selama 3 bulan dan masih terus belum ada perawatan, bisa terjadi kemungkinan oli dan bensin yang didalam motor akan mengendap, dan parahnya akan terjadi pengkaratan pada komponen penting lainnya.

Jangankan motor yang tidak dipakai 3 bulan,  motor tidak dipanaskan sebulan saja akan mengalami kerusakan apalagi yang lebih dari tiga bulan.

Lalu waktu yang pas untuk me panaskan motor berapa lama ? untuk standar pada keseluruhan motor memanaskan motor dikisaran 5 – 10 menit, dan tidak disarankan juga lebih dari itu.

5 Pengecekan Dan Cara Merawat Motor Di Rumah Yang Jarang Dipakai

cara merawat motor yang jarang dipakai klasik

1. Rutin Memanaskan Mesin Motor

Memanaskan motor dengan cara teratur tiap hari sepanjang 5- 10 menit membuat oli jadi bergerak alhasil bagian- bagian yang yang terdapat di dalam mesin jadi terlumasi serta mesin bisa bertugas dengan cara maksimal.

Memanaskan motor pula berguna buat memuat kembali energi baterai ataupun aki motor supaya tidak gampang drop ataupun soak.

2. Lihat situasi Oli & Aki

Teratur memeriksa situasi oli serta aki bisa meminimalisir terbentuknya malfungsi motor, spesialnya kala mau dikendarai sehabis lama tidak digunakan.

Pada sebagian motor- motor yang telah dilengkapi dengan fitur Y- Connect semacam All New NMAX 155 Connected serta All New Aerox 155 Connected, pemerikasan oli serta aki bisa dicoba dengan gampang lewat aplikasi di handphone pintar pengemudi.

Baca Juga Mengenal Komponen Busi Motor Dan Fungsinya

3. Berikan Pelumas

Kala motor tidak sering dipakai, umumnya sebagian komponen yang tadinya dilumasi jadi kering alhasil kinerjanya jadi tidak maksimal. Buat itu, sepanjang motor terparkir di rumah bagus teratur dilumasi sebagian bagian dengan oli ataupun gemuk cocok kebutuhannya.

Bagian komponen motor yang lazim dilumasi oli merupakan kabel gas, kabel kopling, kaitan serta per standar sisi. Sedangkan buat grease ataupun gendut umumnya digunakan di zona yang tertutup semacam bearing komstir, laher as roda, as roda, ataupun di laher swing arm.

4. Lihat Tekanan Angin Ban

Bagian lain yang butuh dicoba pengecekan merupakan ban. Kala motor tidak sering dipakai serta lebih kerap terparkir di garasi rumah, tekanan ban kerap menurun ataupun kempis alhasil kala dipakai ajakan motor terasa berat serta boros bensin.

Dikala meningkatkan angin, yakinkan pula tekanannya cocok dengan dimensi standar yang diperlukan oleh ban. Sebab bila berlebih serta ban sangat keras hingga hendak kurangi traksi ataupun cengkramannya ke aspal alhasil riding jadi kurang aman.

5. Jalani Jasa Rutin

Melakukan pemeliharaan ataupun jasa teratur sepeda motor dengan cara teratur cocok imbauan yang terdapat pada buku petunjuk jasa jadi perihal harus yang wajib dicoba oleh konsumen sepeda motor. Tidak hanya melindungi situasi motor senantiasa awet, pula membuat penampilan mesin jadi maksimal.

Motor jarang dipakai perlu ganti oli ketika ingin di pakai kembali, terlebih jika motor sudah dalam kondisi lama disimpan dan tidak dipanaskan, ini di karenakan oli yang motornya tidak atau jarang dipanaskan akan mengendap dan tidak lagi memiliki kekentalan yang pas seperti oli yang baru.

Pada dasaranya, cara merawat motor matic dan cara merawat motor kopling memiliki tips yang sama yaa, ini dikarenakan komponen dan sistem nya memiliki kesamaan diantara keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia