logo mobile 2024

Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Mobil Brebet

Mesin mobil mengalami gangguan tersendat dapat terjadi kapan saja. Namun hal yang paling mengkhawatirkan adalah jika terjadi saat Anda sedang mengemudi. Mesin mobil brebet saat sedang melaju dapat membahayakan Anda, penumpang, dan semua orang di jalan di sekitar Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang dapat menyebabkan kendaraan tersendat. Anda juga perlu memahami apa yang harus Anda lakukan jika hal tersebut terjadi. Serta bagaimana cara mengatasi masalah mesin brebet secepat mungkin.

Penyebab Mesin Mobil Brebet

Penyebab Mobil Brebet

Berkendara secara nyaman dan aman hingga tujuan tentunya adalah harapan semua pengendara. Namun, tidak jarang terjadi sesuatu di luar kendali yang menyebabkan aktivitas tersebut terganggu.

Ciri ciri mobil brebet adalah tidak dapat berakselerasi dengan baik. Kemudian, tarikan gas pun tidak lancar, seperti seolah-olah mesin hendak mati.

kendaraan Anda bisa tersendat karena sejumlah alasan berbeda. Maka, mengetahui penyebabnya dan mengetahui cara mencegah situasi tersebut adalah cara terbaik untuk meningkatkan keselamatan. Mari kita lihat beberapa alasan mengapa kendaraan Anda tersendat.

1. Masalah Baterai

Anda sudah tahu bahwa baterai Anda memainkan peran penting dalam membantu menghidupkan dapur pacu. Hanya saja, tugasnya belum selesai begitu mesin menyala. Sekalipun kendaraan Anda dihidupkan, jika baterai Anda mulai habis, hal ini dapat mengakibatkan dapur pacu bermasalah saat Anda sedang mengemudi.

“Mesin mobil brebet tentu saja sangat mengganggu aktivitas berkendara. Ada beberapa faktor penyebab masalah ini. Mulai dari kesalahan sistem bahan bakar hingga sumbatan pada filter.”

Namun, meskipun aki Anda tidak rusak, kendaraan Anda bisa tersendat jika terminal aki terkorosi atau perlu Anda ganti. Karena dapur pacu Anda bergantung pada baterai untuk menggerakkan sistem kelistrikannya, terminal terkorosi mencegah dapur pacu mendapatkan tegangan cukup.

Pastikan juga untuk memeriksa kabel baterai Anda untuk mengetahui adanya gejala kabel baterai yang buruk untuk memastikannya

2. Kesalahan Sistem Bahan Bakar

Pompa bahan bakar Anda melakukan tugas penting untuk mengirimkan bahan bakar yang cukup ke dapur pacu. Namun, jika mesin berhenti melakukan tugasnya, kemungkinan dapur pacu Anda mungkin kekurangan bensin. Hal ini menyebabkan pembakaran tidak dapat terjadi dengan baik.

Itu bukan satu-satunya cara sistem tersebut dapat mempengaruhi kinerja kendaraan Anda. Jika pengisian bensin berlebihan, hal ini dapat mengirimkan terlalu banyak bensin dan menyebabkan mesin kebanjiran.

Jadi dalam hal ini, Anda sebaiknya memeriksa apakah ada kerusakan pada injektor. Jika kendaraan Anda tersendat saat menaiki atau menuruni bukit, kemungkinan besar penyebabnya adalah tekanan bensin yang rendah.

Keretakan pada saluran, campuran air pada bensin, dan saluran yang tersumbat juga bisa menjadi penyebab dapur pacu Anda mati.

3. Masalah Sistem Kelistrikan 

Ada beberapa hal berbeda yang dapat menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan. Mulai dari kabel buruk yang tidak tersambung dengan benar atau longgar hingga kabel yang mulai terkorosi.

Terlepas dari sifat masalah kelistrikan, hal ini perlu ada pemeriksaan oleh montir mobil profesional untuk menentukan dan mengatasi penyebab masalahnya.

4. Filter Udara Tersumbat

Kotoran dan serpihan lama kelamaan menumpuk di penyaring udara, sehingga mengakibatkan kurangnya udara di ruang bakar. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar kendaraan Anda akan tersendat karena campuran bensin dan udara harus tepat agar pembakaran dapat terjadi.

5. Filter Bahan Bakar Tersumbat

Sebelum bensin mencapai ruang bakar mesin Anda, bahan bakar tersebut harus disaring terlebih dahulu dari kotoran dan serpihan yang dapat menyebabkan kerusakan.

Seiring waktu, penyaring Anda bisa tersumbat, dan jika ini terjadi, jumlah bensin yang bisa mencapai ruang akan berkurang. Jika tidak cukup, kendaraan Anda akan tersendat karena kekurangan tenaga.

6. Bahan Bakar Terkontaminasi

Meski sangat jarang terjadi di zaman sekarang, bensin yang terkontaminasi merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kendaraan Anda tersendat. Apalagi jika Anda baru saja mengisi bensin di tempat pengisian tidak resmi atau eceran yang rentan terhadap hal tersebut.

Seringkali, kendaraan Anda akan dapat menggunakan bensin yang terkontaminasi tetapi berjalan sedikit lebih kasar hingga Anda mengisi bensin lagi. Jika kontaminasinya cukup parah, Anda mungkin perlu mengosongkan tangki bensin sepenuhnya dan mengisinya dengan bensin baru.

Cara Mengatasi Mesin Brebet

Cara Mengatasi Mobil Brebet

Setelah mengetahui beberapa alasan penyebab mesin mobil ngadat, kini saatnya mencari solusinya. Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini jadi terjadi masalah pada kendaraan Anda :

1. Nyalakan Lampu Hazard

Jika kendaraan Anda tersendat saat Anda sedang mengemudi, maka ada baiknya anda menepikannya ke lokasi yang aman. Tindakan pertama Anda adalah mengarahkan kemudi ke sisi jalan. Usahakan memarkir kendaraan Anda sejauh mungkin dari jalur lalu lintas.

Setelah Anda berhenti dengan aman, nyalakan lampu hazard dan coba hidupkan mesin lagi. Untuk kendaraan dengan transmisi otomatis, pindah ke posisi Berhenti. Sedangkan untuk kendaraan dengan transmisi manual, pindahkan ke Netral.

Jika mesin tidak mau hidup, tetaplah berada di dalam kendaraan, terutama jika Anda terjebak di jalur lalu lintas. Setidaknya di dalam kendaraan, Anda akan terlindungi.

Jika Anda tidak dapat menghidupkan ulang, hubungi montir atau teman yang memiliki kabel jumper untuk meminta bantuan. Jika kabel jumper tidak berhasil menyalakan dapur pacu yang mati, Anda mungkin mengalami masalah lain yang memerlukan perbaikan.

 2. Cek Mesin dan Sistem Bahan Bakar

Periksa sistem bahan bakar termasuk saluran, filter dan pompa untuk memastikan tidak tersumbat atau kotor dan tidak mengeluarkan suara. Periksa busi ruang bakar karena busi yang rusak dapat membuat mobil terhenti setelah mendapatkan bensin.

Anda juga harus memastikan tidak ada kotoran di dalam sensor aliran udara massal karena dapat mematikan dapur pacu. Jika iya, Anda harus mengganti sensor yang rusak tersebut.

Kebanyakan masalah gas mobil brebet terjadi lantaran kurangnya kualitas bensin akibat katup pembersih yang buruk. Anda mungkin juga perlu mengganti filter karena penyaring yang rusak dapat menyebabkan hilangnya tekanan bensin secara signifikan.

Langkah pembersihan filter dan pemeriksaan pompa juga dapat membantu mengatasi masalah.

3. Periksa Baterai

Baterai yang rusak atau aus dapat mati setelah diisi bensin karena baterai tersebut perlu memberikan tegangan. Jika sudah mendapatkan aliran yang diperlukan maka akan mampu untuk menghidupkan kendaraan secara stabil. Masalah dapat terjadi jika baterai tidak dapat memberikan tegangan yang mesin butuhkan.

Dalam hal ini, Anda harus mengganti baterai yang terkuras untuk mencegah kerusakan mesin.

Sudah tahu kan penyebab dan cara mengatasi mesin mobil brebet? Masalah kendaraan tersendat bisa terjadi karena sejumlah alasan berbeda. Maka, mengetahui beberapa penyebabnya dan mengetahui cara mencegah terjadinya situasi tersebut adalah cara terbaik untuk meningkatkan keselamatan Anda.

Selain itu, memastikan unit kendaraan Anda mendapatkan perawatan rutin adalah keharusan. Lebih baik mencegah sejak awal daripada Anda harus mengalami masalah ketika berada di tengah jalan.

Nah, pastikan jadwal perawatan Anda tidak pernah terlewatkan. Memanfaatkan fitur GPSKU yakni GPS Tracker Mobil akan memastikan Anda selalu ingat tugas tersebut.

GPS Tracker Mobil ini tidak hanya berfungsi menelusuri keberadaan kendaraan Anda. Namun juga beberapa fitur bermanfaat untuk menunjang kenyamanan berkendara. Jangan tunggu nanti, pasang GPS Tracker Mobil Anda sekarang juga!

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU