Waktu yang dibutuhkan Pemasangan GPS Di Mobil

Salah satu pertanyaan yang sering muncul soal GPS adalah berapa lama pasang gps mobil. Pertanyaan ini sering muncul dari mereka yang hendak memasang GPS di mobil sendiri. Mungkin termasuk bro n sis yang tengah baca artikel ini.  Untungnya, di sini bro n sis bisa menemukan jawaban soal berapa lama pasang GPS di mobil. Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan itu, bro n sis baca langsung saja pembahasan di bawah ini!

pasang gps mobil
pasang gps mobil

Berapa Lama Pasang GPS Di Mobil?

Dari sejumlah referensi, disebutkan kalau waktu memasang GPS di mobil tidaklah lama. Lazimnya, sebuah GPS bisa dipasangkan ke mobil sekitar 45 menit hingga 1 jam lamanya. Kalau nggak mau repot, bro n sis sebetulnya bisa pasang GPS di bengkel mobil terpercaya. Dengan syarat, bro n sis mau keluarin sedikit uang untuk bayar ke pihak bengkel.

Kalau bro n sis nggak mau ribet ke bengkel, bro n sis bisa coba pasang GPS sendiri di rumah. Bro n sis hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam buku panduan GPS.

Jika bro n sis betulan pasang GPS di mobil secara mandiri, bro n sis harus sedikit hati-hati. Terutama, saat hendak memasang kabel GPS ke aki mobil. Pastikan semua kabel yang ada pada GPS terpasang semua pada aki mobil. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerusakan sistem kelistrikan pada mobil bro n sis.

Tempat Strategis Untuk Memasang GPS Di Mobil

Selain memberi tahu berapa lama pasang GPS di mobil, kami juga akan memberi tahu bro n sis tempat yang strategis untuk memasang GPS di mobil. Di antara semua bagian mobil, dashboard mobil adalah bagian strategis untuk dipasangkan GPS. Di bagian itu, sinyal pada GPS bisa bekerja secara maksimal, sehingga GPS pun bisa melacak lokasi tempat mobil berada.

Bro n sis juga bisa memasang GPS di bagian mobil lainnya. Asalkan, bagian itu bisa bikin GPS tidak terlihat jelas, dan bagian mobil tersebut tidak rentan terkena air. Hal tersebut dilakukan agar GPS tidak bisa dilacak oleh maling, serta tidak rusak akibat terkena air.

Cara Melacak Mobil Dengan GPS

Bila sebuah GPS berhasil terpasang di dalam mobil, maka otomatis mobil tersebut bisa bro n sis lacak. Ada dua cara melacak mobil lewat GPS, yakni lewat internet/PC ataupun lewat SMS. Masing-masing cara mesti dilakukan dengan beberapa langkah.

  1. Lewat Internet/PC

Kalau bro n sis mau lacak pake internet/PC, maka bro n sis harus membuka terlebih dahulu situs server GPS. Setelah itu, bro n sis harus login dengan memasukkan username dan password. Pastikan bro n sis udah register akun bro n sis sebelum melakukan cara tersebut.

Bila sudah login, bro n sis bakal melihat tampilan maps serta beberapa fitur bantuan. Bro n sis bisa menggunakan sejumlah fitur itu untuk melacak lokasi mobil bro n sis. Bila berhasil menggunakannya, maka tampilan maps pada server GPS bakal menampilkan lokasi mobil bro n sis berada.

  1. Lewat SMS

Cara ini boleh dikata lebih praktis dibanding cara sebelumnya. Untuk melakukan cara ini, bro n sis harus mengirim SMS dengan format khusus yang telah tersedia dalam manual book GPS. Nantinya, SMS itu dikirim ke nomor yang telah terpasang dalam GPS.

Setelah SMS terkirim, bro n sis bakal mendapatkan balasan dari GPS mobil bro n sis. Balasan SMS sendiri biasanya berisi koordinat peta di mana mobil bro n sis berada. Bro n sis bisa mengakses koordinat peta itu lewat Google Maps atau aplikasi peta digital lainnya.

Cara Kerja GPS Di Mobil

Bahasan soal cara melacak lokasi lewat GPS tak akan bisa lepas dari cara kerja GPS itu sendiri. Adapun cara kerja GPS pada mobil bisa bro n sis simak sebagai berikut.

  • GPS menerima informasi lokasi mobil dari satelit GPS. Tiap GPS biasanya dilengkapi satelit sebanyak tiga buah (jumlah minimal).
  • Informasi tersebut nantinya akan dikirim ke ower server GPS lewat sinyal GPRS.
  • Informasi tersebut nantinya diolah oleh server. Bila berhasil, maka informasi tersebut akan berisi detail lokasi yang hendak dituju.
  • Hasil informasi yang telah diolah itu akan dikirim ke pemilik GPS. Nantinya, pemilik GPS bisa mengaksesnya lewat PC maupun ponsel pintar.

Beberapa Masalah Pada GPS Mobil

Seperti alat lainnya, GPS juga bakal mengalami beberapa permasalahan. Dua di antaranya yang lazim terjadi adalah GPS mati saat aki mobil terlepas, serta sinyal pada GPS tiba-tiba menghilang. Jangan khawatir bila mengalami masalah-masalah tersebut. Sebab seperti kata pepatah, setiap masalah pasti ada solusinya!

  1. GPS Mati Saat Aki Mobil Terlepas

Kekuatan GPS sangat dipengaruhi oleh aki mobil. Bila aki mobil terlepas atau bahkan mati, maka GPS pun juga tidak akan bisa menyala. Bila masalah ini terjadi, bro n sis bisa mengganti baterai GPS dengan baterai cadangan.

Baterai cadangan mampu membantu GPS menyala meski tanpa sokongan aki mobil. Baterai cadangan sendiri bisa membantu GPS menyala tanpa aki mobil hingga 8 jam lamanya.

  1. SInyal GPS Tiba-Tiba Hilang

Selain aki mobil, sinyal merupakan kekuatan penting lainnya yang harus dimiliki GPS. Tanpa adanya sinyal. Permasalahan ini biasanya terjadi pada pengguna jenis GPS tracker. GPS tidak akan bisa membantu bro n sis untuk melacak lokasi mobil bro n sis. Sinyal mobil yang hilang sendiri bisa terjadi oleh beberapa sebab. Salah satunya adalah sinyal GPS yang tidak kuat.

Sinyal GPS yang tidak kuat itu biasanya disebabkan oleh kualitas kartu SIM-nya. Maka dari itulah, coba ganti kartu SIM pada GPS dengan kartu SIM berkualitas. Kartu SiM berkualitas biasanya memiliki sinyal GPRS yang kuat.

Beberapa Aksesoris Audio Mobil Yang Bisa Dipakai Pada GPS Mobil

Salah satu kelebihan GPS mobil adalah bisa dipasangi oleh berbagai jenis aksesoris. Apalagi, jika GPS yang bro n sis pakai adalah jenis GPS tracker. Aksesoris audio mobil salah satunya. kehadiran aksesoris mobil bisa GPS mobil bro n sis tak hanya sekadar lacak keberadaan mobil. Tetapi, juga bisa menjadi sarana hiburan untuk bro n sis.

Ada beberapa aksesoris audio mobil yang bisa bro n sis pasang. Beberapa aksesoris tersebut adalah:

  1. Alpine – IVA W520

Aksesoris audio keluaran Jepang ini punya fitur yang lengkap. Satu di antaranya adalah 2 Din DVD-nya yang sanggup menghasilkan suara yang megah pada mobil bro n sis. Aksesoris mobil ini juga dilengkapi dengan layar LES berukuran 7 inci yang bikin bro n sis bisa muterin video berkualitas bagus.

  1. Viper5701

Selain memiliki fitur audio yang mantap, aksesoris mobil ini juga punya beberapa fitur keamanan yang canggih. Hal itu bikin aksesoris ini bisa bantu GPS bro n sis untuk meningkatkan keamanan mobil bro n sis.

Adapun beberapa fitur keamanan yang dimaksud adalah 2 Way Pager dan Ghost Light. 2 Way Pager merupakan fitur yang bisa menjaga kondisi keamanan mobil bahkan saat kondisi darurat sekalipun.

Sementara itu, Ghost Light merupakan fitur berbentuk lampu yang akan menerangi mobil saat dalam kondisi gelap. Tak hanya menerangi, tapi juga menunjukkan di mana lokasi kendaraan bro n sis. Kurang lebih sama dengan fungsi GPS mobil bro n sis.

  1. Sony Xplod XS-GTX121LS

Aksesoris mobil berbentuk mungil ini dan berdesain slim. Walau bentuknya seperti itu, aksesoris ini justru bisa menghasilkan suara yang yahud; seolah-olah bro n sis lagi ada di klub malam. ini tak lepas dari banyaknya fitur menarik pada aksesoris satu ini. Adapun beberapa di antaranya adalah 1.000 Watt Output Power; Louder Bass; dan 300 Rated Input Power.

Demikianlah ulasan soal berapa lama pasang GPS di mobil beserta informasi penting lainnya. Semoga bisa bikin bro n sis paham berapa lama pasang GPS di mobil. Kalau bro n sis punya pertanyaan ataupun saran, silakan sampaikan kepada kami via kolom komentar. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.