logo mobile 2024

6 Peran Distributor Dalam Bisnis Distribusi

Peran distributor sangat penting dalam berjalannya manajemen rantai pasokan. Tanpa adanya distributor, penyaluran produk akan lebih sulit. Di bawah ini paparan mengenai peran distributor dalam bisnis distribusi, apa saja? Mari simak.

6 Peran Distributor Dalam Bisnis Distribusi

peran distributor

Dalam rantai pasokan, ada tiga pihak yang terlibat, yakni produsen/pemasok, distributor/penyalur, dan konsumen.

Tiga pelaku ekonomi tersebut saling terlibat dalam mengalirkan produk dari hulu ke hilir, ataupun sebaliknya, seperti dalam reverse logistics.

Distributor adalah pihak yang mengalirkan produk dari pemasok/produsen ke pelanggan. Biasanya, pelaku ekonomi satu ini adalah yang paling mengetahui potensi pemasaran di suatu daerah dan kebutuhan customer[1]

Keberadaannya tentu sangatlah penting, yaitu agar produk yang mereka distribusikan bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, kemudahan akses untuk mendapatkan suatu barang juga merupakan salah satu manfaat peran distributor bagi konsumen.

Ada beberapa peran distributor dalam bisnis distribusi, antara lain:

1. Pengambilan Produk dari Penyuplai

Dalam konteks bisnis distribusi, distributor memegang peran yang sangat penting dalam menjalankan berbagai fungsi yang mencakup aspek vital. Peran distributor dalam kegiatan ekonomi yang pertama adalah melakukan pengambilan produk dari penyuplai/produsen.

Dalam hal ini, distributor/penyalur bisa mengambil barang dari lebih dari satu penyuplai, jadi tidak hanya satu saja. Kemudian, untuk kuantitas pembelian ada yang dalam jumlah besar seperti halnya grosir, ataupun dalam jumlah yang lebih kecil seperti distributor eceran.

Jadi, proses ini dapat melibatkan kerja sama dengan berbagai pihak, sehingga memungkinkan penyalur untuk memiliki ragam produk yang luas untuk memenuhi kebutuhan pasar.

2. Mengumpulkan dan Menyimpan Produk Sebelum Masuk ke Penjualan

Begitu berhasil mengambil barang dari berbagai kanal penyuplai, langkah selanjutnya adalah mengumpulkannya pada satu tempat dan menyimpannya hingga nanti saatnya didistribusikan ke tangan customer.

Dalam menjalankan peran ini, distributor perlu melakukan manajemen pergudangan yang baik untuk menjaga kualitas produk selama penyimpanan serta melakukan pemantauan terhadap perubahan permintaan pasar. Dengan memadukan strategi ini, distributor dapat merencanakan distribusi yang optimal.

3. Melakukan Distribusi Produk ke Berbagai Kanal Bisnis

Peran selanjutnya yaitu distribusi itu sendiri. Dalam hal ini, peran perusahaan distributor adalah menjalankan fungsinya untuk memindahkan barang dari produsen ke konsumen. Distributor akan melakukan shipping dan delivery produk ke kanal-kanal penjualan dan ataupun konsumen langsung.

Perbedaan shipping dan delivery sendiri terletak pada prosesnya. Shipping hanya melakukan pengemasan dan pengiriman, sedangkan delivery adalah mengantarkan barang sampai ke tempat tujuan.

Oleh karena itu, pada peran ini melibatkan pengelolaan logistik dan transportasi yang berfungsi untuk mengantarkan barang dan memastikan bahwa produk sampai ke tujuan dengan cepat dan dalam kondisi yang baik.

4. Melakukan Aktivitas Pemasaran

Peran distributor dalam pemasaran yaitu menentukan strategi dan promo secara kreatif agar barang bisa laku terjual. Distributor dapat mengadakan pameran ataupun event yang mengundang orang banyak untuk mengenalkan produk sehingga meningkatkan brand awareness.

Selain itu, distributor juga dapat merencanakan pemasangan iklan di berbagai media agar produk semakin dikenal masyarakat. Hal ini tidak hanya membantu meningkatkan penjualan tetapi juga membangun citra merek di pasaran.

5. Melakukan Penjualan Produk ke Konsumen ataupun Pengecer

Peran distributor selanjutnya adalah melakukan penjualan produk kepada konsumen ataupun pengecer. Di sini distributor sudah mengetahui potensi daya beli dan kebutuhan dari target pasar mereka, sehingga mudah untuk menentukan strategi penjualan dan memberikan penawaran menarik.

Salah satu hal yang perlu distributor perhatikan adalah adanya distributor lain yang menjual barang sama, sehingga harus pandai-pandai dalam mematok harga jual. Jangan sampai distributor mematok harga yang terlalu tinggi dari pasaran karena bisa membuat konsumen berpindah ke tempat lain.

6. Sebagai Pendukung Supply Chain Management

Dalam hal ini, distributor berperan sebagai salah satu pihak yang menjalankan fungsi penting dalam manajemen rantai pasok. Untuk menjalankan peran distributor dalam pelaku ekonomi dengan baik, distributor akan berkoordinasi dengan produsen dan juga konsumen terkait perkembangan arus supply chain.

Distributor akan melakukan pemantauan terhadap ketersediaan barang di pasaran sebagai bahan penentuan waktu pengisian stok produk, selain itu mereka juga akan menangani masalah retur produk yang nantinya dikoordinasikan ke penyuplai. Sehingga, kebutuhan konsumen akan lebih cepat terpenuhi dan tidak perlu menunggu dalam waktu yang lebih lama.

Solusi Mengoptimalkan Manajemen Logistik Distributor

peran distributor dalam pelaku ekonomi

Manajemen rantai pasok merupakan jaringan kompleks yang melibatkan berbagai elemen, dan dalam konteks ini, peran distributor menjadi fondasi yang krusial. Tanpa adanya distributor, produsen akan menghadapi tantangan besar dalam memasarkan produk mereka ke pasar.

Jadi, peran distributor yang mana sebagai perantara yang menghubungkan produsen dengan berbagai titik penjualan dan konsumen sangat penting. Karena keberadaannya membuka pintu bagi produsen untuk menjangkau pasar yang lebih luas, serta memastikan bahwa produk-produk tersebut dapat dengan mudah diakses oleh konsumen di berbagai wilayah.

Dengan peran distributor dalam manajemen rantai pasokan, tentu memerlukan strategi pengelolaan logistik yang handal. Perusahaan distribusi memerlukan adaptasi teknologi untuk mempermudah pekerjaan seperti pendataan, manajemen transportasi logistik, dan sejenisnya.

“Adaptasi teknologi bisa mendatangkan berbagai keuntungan dan membuat pekerjaan berjalan efektif dan efisien.”

Untuk masalah manajemen transportasi, perusahaan dapat mengandalkan GPS Tracker dari GPSKU. Alat ini berguna untuk pengelolaan transportasi logistik dan memiliki berbagai fitur unggulan.

Fitur unggulan yang ada pada GPS Tracker ini yaitu penentuan rute, sistem pelacakan kendaraan, laporan konsumsi bahan bakar, dan masih banyak lagi. Untuk pemesanan bisa klik di sini.

Baca juga :

claim promo pengguna baru
CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special Pembelian GPS Tracker. Klik dibawah ini