logo mobile 2024

Peran GPS Tracker di Era Saat Ini, Ketahui Sejarahnya

Di era globalisasi saat ini, hampir semua orang sudah mulai mengenal teknologi yang dapat memudahkan manusia dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Salah satunya adalah GPS. GPS merupakan sebuah teknologi dengan menggunakan sinyal dari satelit sebagai alat yang dapat membantu manusia dalam mengontrol keamanan kendaraannya, seperti untuk mengetahui posisi dengan cepat, menentukan rute perjalanan, bahkan untuk melihat situasi lalu lintas terkini. Sederhananya, GPS merupakan aplikasi penunjuk jalan. GPS tidak hanya berbentuk aplikasi ada juga yang berbentuk seperti handphone yang dapat kalian temui di toko-toko yang jual GPS Tracker terbaru.

Sejarah Perkembangan GPS

sejarah gps

GPS (Global Positioning System) merupakan sebuah sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS mendapat sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. perkembangan sistem global atau teknologi dengan sistem navigasi menggunakan satelit di Amerika Serikat bermula ketika terinspirasi dari negara Uni Soviet.

Pada tahun 1957, Negara Uni Soviet meluncurkan satelit, yang mana satelit tersebut merupakan satelit mereka yang pertama dengan sebutan Sputnik.

Kemudian sistem ini dirancang oleh Jabatan Amerika Serikat sejak tahun 1973. Sistem ini merupakan hasil gabungan program U.S. Navy TIMATION dan proyek U.S. Berbagai macam teknologi telah diuji coba, pada akhir tahun 1973 akhirnya Departemen Pertahanan AS memberikan izin atau persetujuan untuk melaksanakan uji coba satelit yang bernama satelit Navstar.

Maka, terbentuklah teknologi Global Positioning System yang dibentuk, diciptakan, digunakan, dibiayai, serta dikelola oleh Departemen Pertahanan AS sebagai sistem navigasi kemiliteran AS.

Pada awalnya, penggunaan sistem ini ditujukan bagi pihak tentara Amerika Serikat saja tetapi setelah diluluskan pada Kongres Amerika Serikat, penggunaan sistem penentuan posisi ini terbuka untuk umum pada 17 Juli 1995.

Generasi pertama dari satelit GPS yaitu satelit Navstar. Yang mana sistem ini merupakan gabungan dari program US. Diciptakan untuk menentukan posisi yang dibantu dengan satelit dan merupakan langkah awal perubahan dalam bidang pengukuran posisi dan navigasi.

Pada tahun 1978, Satelit Navstar diluncurkan pertama kali oleh Rockwell International.  Yang dibuat oleh Lockheed Martin (IIR/IIR-M) dan Boeing (IIF). Tahun 1983 Ronald Reagan menjabat sebagai presiden AS memberikan informasi bahwa sistem GPS apabila sudah selesai dibuat dapat dipakai oleh rakyat sipil.

Baca Juga: 3 Tempat Terbaik untuk Memasang GPS Tracker di Mobil

Pada tahun 1985 sepuluh satelit percobaan Block-I GPS diluncurkan dengan tujuan untuk menguji konsep tersebut kemudian pada tanggal 14 bulan Februari tahun 1989 satelit modern Block-II pertama kali diluncurkan. Pada April 1995 NAVSTAR dideklarasikan sebagai satelit yang memiliki kemampuan untuk beroperasi secara penuh.

Pada tanggal 2 Mei 2000 ketersediaan selektif diberhentikan sebagai hasil dari Peraturan Pemerintah Amerika Serikat tahun 1996 dan memungkinkan pengguna untuk menerima sinyal tidak bertingkat secara global.

Perkembangan sistem pemosisi global terus berlanjut di mana pada tahun 2004 pemerintah Amerika Serikat melakukan perjanjian dengan komunitas Eropa. Kemudian di tahun 2005, satelit GPS pertama yang sudah dimodernisasi diluncurkan dan meneruskan sinyal sipil kedua (L2C) agar manfaat bagi pengguna sipil semakin meningkatkan.

Rencana Evolusi Arsitektur yang baru di bidang ini dirilis pada tanggal 14 September 2007 dan secara sah menggantikan peraturan Sistem Pengendalian Segmen Pusat. Pada tahun 2014 hingga saat ini, GPS menjadi standar pada semua mobil dan telepon seluler baru. Untuk menemukan GPS Tracker yang canggih dengan berbagai macam harga dan kualitas yang berbeda Anda dapat dengan mudah menemukan di toko yang jual GPS Tracker terbaru.

Di GPSKU jual GPS Tracker terbaru Anda akan mendapatkan solusi yang tepat, cepat, murah, dan akurat. Serta pelacakan terbaik menggunakan alat yang canggih dan berteknologi tinggi untuk melihat lokasi terkini dan memastikan keamanan semua kendaraan anda berjalan dengan aman, lancar, dan juga terkendali, GPSKU memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun sebagai penyedia GPS dengan harga termurah yang juga berkualitas dukungan platform GPS terbaik nomer #2 di Indonesia.

GPSKU jual GPS Tracker terbaru paling baru dan canggih dengan beragam produk terlengkap termurah serta bergaransi. Lindungi semua aset yang Anda miliki dari berbagai resiko akan pencurian dan penyalahgunaan, yang dipadukan dengan alat dengan berbagai platform yang terkini. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan perangkat terbaik di GPSKU!

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU