logo mobile 2024

Simbol Indikator Alat Berat Lengkap Serta Penjelasannya

Selain memiliki SIM alat berat, operator wajib memahami beragam simbol indikator alat berat. Sehingga, operator dapat memantau sistem keamanan, kesehatan mesin, bahan bakar, sistem hidraulik, dan aspek lainnya.

Karena memiliki mekanisme yang cukup rumit, alat berat punya beragam komponen dan sistem yang harus dicek saat pengoperasiannya. Itulah pentingnya memahami simbol indikator alat berat dan fungsinya.

Panel Indikator Alat Berat

indikator panel excavator

Kabin alat berat tidak hanya berisi tuas dan tombol pengatur gerak saja. Dalam ruang kendali ini juga terdapat sebuah layar yang berisikan indikator atau simbol-simbol.

Indikator tersebut memuat informasi tentang kesehatan mesin, sistem keamanan, ketersediaan bahan bakar, sistem pendinginan, dan lainnya. Umumnya, setiap merek alat berat memiliki simbol indikator yang serupa.

Misalnya, simbol indikator alat berat Caterpillar sama dengan simbol indikator excavator Komatsu. Untuk lebih jelasnya, ini dia daftar indikator panel excavator dan alat berat lainnya.

1. Panel Mesin

Agar dapat mengetahui kondisi mesin, operator dapat memeriksa panel indikator mesin. Panel ini memuat beragam informasi krusial seperti temperatur mesin, tekanan oli, dan juga indikator kerusakan mesin.

Selain itu, panel ini juga menginformasikan sisa bahan bakar dalam tangki. Dengan begitu, operator dapat segera melakukan pengisian bahan bakar saat indikator menunjukkan bahwa bahan bakar tersisa sedikit.

2. Panel Hidraulik

Pada alat berat seperti excavator atau breaker, sistem hidraulik sangatlah krusial. Mekanisme ini akan mengatur pergerakan lengan dan bucket. Untuk itu, operator harus memastikan bahwa sistem ini berada dalam kondisi optimal.

Panel hidraulik ini menginformasikan detail tekanan, temperatur, dan juga debit hidraulik. Sebelum mengoperasikan alat, pastikan aspek ketiga aspek tersebut aman dan sesuai spesifikasi agar sistem hidraulik dapat bekerja dengan optimal.

3. Panel Sistem Pendingin

Yang dimaksud dengan sistem pendingin ini adalah status kipas untuk menurunkan temperatur mesin. Pengecekan indikator ini dapat meminimalir terjadinya overheating yang memicu kerusakan mesin.

Selain itu, panel ini juga menampilkan indikator suhu dan level air radiator. Jadi, operator bisa mengetahui kapan harus mengisi ulang air radiator untuk menghindari kekeringan.

4. Panel Bahan Bakar

Sebagai sumber energi alat berat, bahan bakar harus diperiksa ketersediaannya secara berkala. Sehingga, Anda tidak akan mengalami masalah kehabisan bahan bakar saat mengoperasikan alat berat.

Indikator bahan bakar ini memudahkan operator untuk mengecek sisa BBM di tangki alat berat. Tidak hanya itu, panel ini ternyata juga menampilkan konsumsi BBM dalam periode waktu tertentu.

5. Panel Kelistrikan

Sistem listrik ibarat saraf yang mengendalikan fungsi alat berat. Meskipun bahan bakar full tapi kelistrikan bermasalah, alat berat tersebut tidak akan dapat dioperasikan.

Panel kelistrikan ini memberikan informasi detail mengenai status baterai dan generator. Tidak cuma itu, operator juga dapat memeriksa masalah pada arus listrik.

6. Panel Keamanan

Panel ini memuat informasi terkait sistem pengereman, penerangan, dan juga pengaman pintu alat berat. Pengecekan kondisi rem alat berat harus dilaksanakan secara berkala untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Kemudian, sistem penerangan juga tak kalah penting. Pastikan lampu alat berat dapat menyala sehingga operator bisa melihat jelas area sekitar saat alat berat berada di kawasan yang gelap.

Simbol-Simbol pada Panel Indikator

simbol indikator alat berat excavator

Panel di atas menampilkan beragam indikator dalam bentuk simbol-simbol. Nah, agar dapat memahami arti dari simbol indikator alat berat excavator, bulldozer, atau alat lainnya, simak penjelasan berikut.

1. Termometer

Pada panel terdapat beberapa simbol termometer. Simbol tersebut mewakili informasi suhu radiator, mesin, oli hidrolik, dan oli transmisi. Selain itu, ada juga meteran yang menunjukkan temperature.

Jika meteran menunjukkan warna hijau berarti normal sedangkan merah berarti overheat.

2. Petir

Simbol ini menunjukkan kondisi sistem kelistrikan pada alat berat tersebut. Jika muncul peringatan, maka bisa jadi terjadi masalah kelistrikan.

3. Tangki BBM

Sudah jelas bahwa simbol ini menandakan ketersediaan bahan bakar alat berat. Sebelum memulai pekerjaan, pastikan tangki alat berat terisi full agar bisa dioperasikan selama beberapa jam ke depan.

4. Jam Pasir

Simbol ini menandakan hour meter. Adapun fungsi simbol ini adalah menunjukkan berapa lama alat berat tersebut digunakan.

5. Lampu

Tanda ini menunjukkan apakah sistem penerangan pada alat berat berfungsi. Kalau operator akan menjalankan alat ini pada malam hari atau di area yang gelap seperti terowongan, pastikan bahwa seluruh lampu dapat menyala dengan baik.

6. Baterai

Ikon ini menunjukkan kondisi kesehatan baterai alat berat. Simbol ini bisa Anda temukan pada panel sistem kelistrikan.

7. Huruf P dalam lingkaran

Ikon ini menunjukkan status rem untuk parkir. Saat alat berat berhenti, periksalah simbol ini untuk memastikan bahwa rem telah diaktifkan. Hal ini untuk mencegah alat berat bergerak sendiri dan membahayakan orang sekitar.

8. Tanda Seru dalam Lingkaran

Ini merupakan ikon peringatan tentang mesin. Kalau simbol ini muncul pada layar, hal ini menunjukkan kalau terjadi masalah pada mesin.

9. Gelombang air dalam Lingkaran

Ikon ini menunjukkan level air pendingin mesin. Jika air tinggal sedikit, segera lakukan pengisian ulang agar mesin tidak overheating.

10. Segitiga

Simbol segitiga menginformasikan status hazard lamp apakah menyala atau tidak.

11. Roda Gigi

Ikon roda gigi menunjukkan informasi tentang transmisi. Ikon termometer di samping roda gigi menginformasikan suhu oli transmisi. Sementara itu, tanda anak panah di kanan kiri roda gigi menunjukkan tekanan oli transmisi.

Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap terkait simbol pada panel alat berat, Anda bisa mempelajarinya di manual alat berat.

Dengan memahami seluruh simbol pada panel, operator dapat memantau kondisi alat berat. Sehingga, alat berat dapat beroperasi tanpa adanya hambatan.

Selain memahami simbol indikator alat berat, Anda juga perlu meningkatkan keamanan pada alat berat Anda. Caranya adalah dengan memasang GPS tracker. Dengan alat ini, Anda bisa selalu memantau lokasi alat berat secara real-time.

Nah, untuk pemasangan GPS tracker dengan fitur lengkap, percayakan urusan ini pada GPSKU. Segera kunjungi website GPSKU sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait alat ini.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU