logo mobile 2024

SPK Mobil adalah: Pengertian dan Istilah Penting dalam Pembelian

Ketika Anda ingin membeli mobil baru, ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui terkait dengan proses pembayaran. Salah satu istilah yang sering terdengar mengenai SPK mobil. SPK mobil adalah salah satu dokumen resmi dari Dealer untuk melengkapi persyaratan pada proses pembelian kendaraan baru Anda.

Artikel ini akan menjelaskan informasi seputar SPK mobil adalah salah satu istilah yang wajib Anda pahami, dan apa saja istilah penting lainnya.

Simak penjelasannya di bawah ini.

SPK Mobil Adalah?

SPK adalah

SPK adalah singkatan dari Surat Pemesanan Kendaraan. Sebagai informasi, dokumen SPK ini merupakan bentuk dokumen resmi yang akan Anda dapatkan sebagai pembeli dari Dealer atau Showroom. Proses ini menandakan bahwa langkah pembayaran dapat segera dimulai.

Terdapat berbagai data di dalam dokumen SPK mobil adalah persyaratan wajib yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya seperti data diri pembeli kendaraan, jenis mobil dan informasi seputar kendaraan yang Anda pesan, harga, bagaimana cara pembayaran, dan jangka waktu pengiriman. Kemudian, dokumen SPK mobil adalah berfungsi sebagai tanda jadi atau bukti pemesanan yang sudah Anda dan penjual sepakati.

Untuk mendapatkan SPK mobil adalah membayar booking fee atau uang tanda jadi. Berbeda dengan DP atau uang muka, booking fee adalah sejumlah uang yang Anda bayarkan dan serahkan pada penjual untuk memberikan sinyal bahwa Anda serius dalam melakukan transaksi pembelian kendaraan mobil.

Di dalam prosesnya, tidak ada jumlah pasti untuk besaran nominal booking fee. Karena hal ini bervariasi dan akan bergantung pada jenis atau merek mobil yang Anda pilih. Akan tetapi, pada umumnya besaran nominal ini ada di angka Rp5-10 juta.

Istilah Penting Saat Proses Pembayaran

SPK adalah 

Di samping SPK mobil adalah dokumen yang harus Anda miliki, Anda juga harus mengetahui beberapa istilah lain yang tak kalah penting pada saat proses transaksi pembelian dan pembayaran sebuah kendaraan.

Berikut ini beberapa di antaranya:

Down Payment (DP) atau Uang Muka

Istilah yang pertama ini sudah tak asing di masyarakat, DP mobil adalah sejumlah uang yang harus pembeli serahkan setelah menyelesaikan booking fee. Besaran DP akan bervariasi tergantung dari berbagai faktor dan kesepakatan di antara pembeli dan penjual.

Sebagai gambaran, jumlah DP mobil di Indonesia biasanya sekitar 25-30% dari harga jual mobil.

Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah, nominal DP yang Anda bayarkan akan berpengaruh pada jumlah angsuran dan bunga yang berlaku pada angsuran kendaraan Anda.

Total Down Payment (TDP) atau Total Uang Muka

Istilah penting kedua pada saat proses pembelian mobil adalah TDP. TDP mobil adalah jumlah DP yang diakumulasikan dengan tambahan biaya lainnya. Contohnya seperti biaya biaya jasa kredit, biaya administrasi, biaya asuransi, dan biaya angsuran pertama.

Sama seperti DP, TDP juga memiliki nominal yang berbeda, tergantung dari beberapa faktor dan kesepakatan di antara pembeli dan juga penjual. Ketika sudah menyelesaikan DP, maka Anda sebagai pembeli harus menyerahkan TDP pada saat mengambil mobil dari dealer atau showroom mobil yang Anda tentukan.

Leasing atau Lembaga Pembiayaan

Kemudian ada istilah leasing pada proses transaksi pembelian kendaraan.

Leasing adalah istilah dalam bahasa inggris yang berarti juga sebagai lembaga pembiayaan. Perusahaan ini bekerja dengan menyediakan layanan cicilan atau kredit bagi para nasabahnya untuk pembelian kendaraan, baik itu mobil atau motor.

Peran leasing dalam pembelian kendaraan baru akan menyediakan dan memudahkan proses kredit.

Saat ini Anda dapat menemukan dengan mudah perusahaan leasing  yang sudah memiliki kerja sama dengan dealer mobil yang resmi. Karena itu Anda dapat dengan mudah memilih program dan paket yang mereka tawarkan untuk kenyamanan cicilan Anda.

Hal yang perlu Anda ingat, perusahaan leasing akan membebankan biaya denda dan bunga jika Anda terlambat membayar angsuran atau macet dalam mencicil kendaraan Anda.

Asuransi atau Perlindungan Kendaraan

Istilah penting yang terakhir pada artikel ini adalah asuransi.

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan istilah ini. Asuransi mobil atau kendaraan merupakan bentuk perlindungan dari kejadian yang tidak terduga dan merugikan Anda. Seperti kehilangan kendaraan, kecelakaan, bencana alam, dan masih banyak lagi.

Di dalam asuransi kendaraan, Anda dapat menemukan dua jenis asuransi yang berbeda. Yaitu asuransi all risk dan total loss only. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, sebaiknya Anda memahami perbedaan tersebut untuk memilih asuransi yang cocok untuk Anda.

Kesimpulan

TDP adalah

Setelah menyimak artikel di atas, dapat kami simpulkan bahwa SPK mobil adalah dokumen resmi yang berfungsi sebagai bukti tanda jadi dalam sebuah proses pemesanan mobil dan dapat memulai proses pembayaran.

Terdapat beberapa istilah penting yang harus Anda ketahui yang berkaitan dengan SPK mobil adalah booking fee, DP, TDP, leasing, dan asuransi.

Jangan lupa untuk memasang GPS Tracker pada mobil Anda untuk meningkatkan keamanan kendaraan Anda. Beberapa pilihan terbaiknya dapat Anda lihat di sini.

SPK mobil adalah salah satu dokumen pada proses pembelian mobil. Dokumen ini mampu mendukung proses pembelian kendaraan Anda agar berjalan lebih lancar dan tanpa hambatan.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU