Spooring Adalah: Pengertian, Fungsi, Biaya Kapan Dibutuhkan

Salah satu kewajiban penting para pemilik mobil adalah melakukan perawatan secara rutin. Menyelaraskan roda secara teratur adalah salah satu hal utama yang perlu Anda perhatikan. Spooring adalah prosedur penyelarasan suspensi unit kendaraan.

Mengapa Anda sangat membutuhkannya? Jika tidak dilakukan perawatan yang tepat, hal ini tidak hanya dapat merusak kendaraan Anda, tetapi juga dapat memicu potensi kecelakaan di jalan.

Apa Itu Spooring Mobil

Apa Itu Spooring Mobil

Ban merupakan komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan atau aspal. Sehingga performa ban sangat penting untuk Anda juga.

Penyebab umum suspensi Anda keluar jalur adalah lubang di jalanan. Jika Anda menghajar lubang yang sangat besar, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada kendaraan Anda. Masalah kesejajaran juga bisa timbul jika Anda menabrak tepi jalan atau hambatan lainnya.

Untuk itu, Anda perlu melakukan prosedur penyeimbangan dan penyelarasan. Spooring mobil adalah prosedur yang dilakukan mekanik untuk mengembalikan suspensi kendaraan Anda ke bentuk yang semestinya. Dengan melakukan penyesuaian pada ban dan as, roda kembali sejajar satu sama lain dan dapat bersentuhan kokoh dengan jalan.

Spooring Mobil

“Spooring ban mobil menjadi prosedur untuk memperpanjang umur komponen penggerak kendaraan umum. Fungsi paling utamanya adalah memastikan keselamatan pengendara di jalan lebih terjamin.”

Saat melakukan spooring, mekanik akan mengangkat kendaraan Anda di atas kerekan dan menggunakan mesin penyelarasan yang memiliki perangkat yang menjepit roda. Selanjutnya, mekanik akan melakukan penyesuaian yang tepat pada serangkaian pengukuran agar semuanya selaras dengan sempurna.

Fungsi Spooring Mobil

Fungsi Spooring Mobil

Berikut adalah beberapa fungsi saat Anda melakukan pemeliharaan spooring mobil tersebut :

1. Jaga Ban Tetap Awet

Penyelarasan yang tidak tepat dapat menyebabkan ban Anda aus secara tidak merata dan tipis sebelum waktunya. Selain mempertimbangkan aspek keselamatan dan pengendalian, menjaga kesejajaran yang benar juga dapat memperpanjang umur ban Anda dan mengurangi keausan.

2. Kenyamanan Berkendara

Dengan melakukan penyelarasan maka kenyamanan kendaraan Anda akan lebih optimal. Kemudian, performa kendaraan Anda dapat terkontrol dengan baik. Ketika Anda mengalami kondisi kemudi yang sulit dikendalikan tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

3. Jaga Kestabilan Kendaraan

Nah, fungsi spooring adalah menjaga kestabilan kendaraan, antara lain mengurangi keausan pada roda dan menjadikan kemudi lebih ringan. Termasuk, mencegah kendaraan berputar sendiri saat kemudi dilepas, dan mencegah roda berputar sendiri setelah berbelok.

Fungsi lain dengan menyelaraskan roda kendaraan Anda adalah sebagai berikut :

  • Kendaraan Anda akan stabil di jalan dan dikendalikan dengan lebih baik
  • Meningkatkan umur ban Anda
  • Komponen suspensi dan kemudi akan bertahan lebih lama

Anda dapat memaksimalkan efisiensi bahan bakar kendaraan. Pasalnya, kendaraan yang rodanya tidak sejajar biasanya mengalami penurunan efisiensi bahan bakar sebesar 7%.

Yang tidak kalah penting, jika Anda berkendara dalam kondisi basah, penting agar kendaraan Anda dapat berhenti dengan aman. Tapak pada ban Anda berdampak langsung pada jarak berhenti kendaraan Anda. Jika Anda ingin memperpanjang umur komponen tersebut, Anda perlu menyelaraskan roda Anda secara teratur.

Kapan Harus Melakukan Spooring Mobil?

Kapan Harus Melakukan Spooring Mobil

Lantas, kapan sebaiknya Anda melakukan spooring ban tersebut? Anda sebaiknya segera melakukan perbaikan ketika mobil terasa miring. Terutama jika unit roda empat Anda sering melewati jalan bergelombang atau mengalami kecelakaan, inilah saatnya melakukan penyelarasan.

1. Lebih Sering Jika Melaju di Medan Terjal

Tergantung pada jenis medan tempat Anda mengemudikan kendaraan, Anda mungkin perlu melakukan penyelarasan lebih dari sekali dalam setahun. Hal ini bisa lebih sering terjadi jika Anda berkendara di medan yang kasar.

Roda kemudi Anda harus kembali ke posisi normal atau tengah setelah Anda memutar kemudi. Namun, jika Anda menyadari bahwa hal ini tidak terjadi, hal ini mungkin disebabkan oleh keselarasannya yang tidak tepat. Inilah saatnya Anda perlu melakukan pemeliharaan.

2. Kendaraan Terasa Melayang ke Satu Sisi

Jika Anda menyadari kendaraan Anda melayang ke satu sisi saat mengemudi, mungkin inilah saatnya untuk melakukan perbaikan. Membawa kendaraan Anda ke pusat servis terbaik untuk melakukan hal ini adalah ide terbaik. Karena mekanik yang terampil dan berpengalaman akan dapat memberitahu Anda apakah Anda perlu perbaikan atau tidak.

3. Perawatan 2 hingga 3 Tahun Sekali

Biasanya, tidak ada batasan waktu untuk melakukan perbaikan. Namun, saat Anda membawa kendaraan Anda keluar untuk servis secara rutin, mekanik akan menilai rodanya dan memutuskan apakah perlu perbaikan atau tidak.

Meski begitu, Anda sebaiknya melakukan pemeliharaan setiap 2 hingga 3 tahun sekali. Jika Anda memasang ban baru, Anda juga dapat melakukan penyelarasan pada waktu tersebut.

Harga Spooring Mobil

Harga Spooring Mobil

Biaya jasa perbaikan ini bisa berbeda-beda tergantung dari berbagai faktor. Antara lain seperti lokasi bengkel, jenis kendaraan, dan kualitas jasa yang Anda pilih.

Berdasarkan penelusuran di berbagai layanan jasa pemeliharaan ini di Indonesia, umumnya mematok biaya berkisar antara Rp150.000 hingga Rp175.000 per roda. Harga ini dapat bervariasi tergantung kerumitan penyesuaian yang Anda perlukan dan reputasi bengkel pilihan Anda.

Biaya pemeliharaan ini cenderung lebih terjangkau karena prosedurnya lebih sederhana dan tidak memerlukan peralatan khusus. Selain itu, waktu penyelesaiannya juga lebih singkat, biasanya sekitar 30 hingga 60 menit.

Spooring adalah proses perawatan unit kendaraan yang penting untuk dilakukan namun seringkali diabaikan oleh pemilik. Penyeimbangan merupakan proses perawatan yang Anda butuhkan terutama pemilik kendaraan tua. Karena sebagian besar unit tersebut memiliki ban yang tidak rata.

Jika ban tidak rata akan membuat kecepatan kendaraan menjadi buruk dan membuat mesin bekerja lebih keras. Jika dibiarkan dapat menimbulkan kerusakan lain yang dapat membahayakan keselamatan pengemudi. Oleh karena Anda butuh prosedur pemeliharaan tersebut.

Untuk Anda yang ingin memastikan unit kendaraan Anda selalu dalam kondisi optimal, pasang GPS Tracker Mobil. Alat tersebut bisa Anda dapatkan di GPSKU.

Setelah memasang di mobil Anda, selanjutnya Anda hanya perlu menggunakan fitur Info Perbaikan yang ada pada GPS Tracker tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mengantisipasi segala potensi gangguan pada kendaraan. Yuk pasang GPS Tracker Mobil sekarang juga!

Copyright © 2008 - 2024 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | PT.GPSKU Karya Indonesia