Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak

GPSKU – terdapat 2 cara untuk menghidupkan sepeda motor dengan cara menyelah (kick starter) atau dengan cara simple yaitu dengan menekan tombol starter.

Produsen kendaraan mempermudah penggunannya dengan memberika fasilitas elektrik strarter sebagai alternatif utama untuk menghidupkan mesin kendaraan.

Saat sebelum kamu hendak melakukan perbaikan mengaktifkan kamu yang rusak, kamu wajib pula ketahui apa faktor kasus dan isyarat awal pada starter rusak dan tidak berperan.

Permasalah awal apabila kamu menstater, mesin motor tidak hendak menghasilkan suara yang betul- betul agresif dan tidak terdapat suara apapun yang pergi dikala stater di pencet.

Bisa ditentukan itu dampak dari Aki motor kamu yang sudah menyusut. Biasanya, mengaktifkan ruksak ini di pemicunya terdapat 4( 4) bagian yang ruksak.

Ialah relay starter, baterei, dan serangkaian pada starter itu. Kita bahas tahap perbaikan stater motor yang rusak.

4 Cara Memperbaiki Starter Motor tidak berfungsi

cara memperbaiki starter motor yang rusak

1. Cek Aki ataupun baterei

Aki ataupun kerapkali di tuturkan baterei betul- betul amat berperanan berarti buat sepeda motor. Karena, part ini dapat kegiatan menuangkan listrik pada motor, misalnya pada starter listrik.

Apabila kamu menekan tombol starter tetapi tidak berjalan semacam biasanya, kamu wajib check Aki. Caranya kamu wajib maanfaatkan multimeter ataupun bisa jadi dengan Avometer buat memeriksa daya yang di menghasilkan oleh Aki itu.

Apabila Aki kamu sedang baik terdapat pada tekanan dari 12 volt. Sebaliknya jika Aki motor kamu ruksak, tekanan pasti kurang dari 12 volt. Perihal itu 2 faktor ialah pemenuhan ruksak dan Aki itu pula ruksak.

2. Cek serangkaian starter

Bila aki sedang baik, kamu coba lihat desain serangkaian starter. Biasanya terdapat kabel yang putus ataupun soket dan tombol mengaktifkan sudah karatan.

Nah tahap gampang buat check itu seluruh kamu gunakan multimeter, apakah ada listrik ataupun bisa jadi tidak. Apabila kabel terputus usahakan ubah dengan yang terkini ataupun hubungkan jika tempat kabel sedang baik.

Buat tombol mengaktifkan lumayan gampang kamu pakain saja hampelas alus.

Baca Juga Penyebab Rantai Motor Menjadi Kendor

3. Cek pada relay starter

pada bagian ini ialah guna saklar elektromagnetik dapat menghubungkan atau memutus arus listrik pada aki motor lalu starter motor.

Langkah fungsi nya mudah, kamu coba hubungkan kabel aki bermuatan positif dan minus(+,-), jika mucul suara itu tanda- tanda sedang baik,

apabila tidak timbul suara bisa dibilang tanda relay rusak dan mati..Bagian ini tidak dapat di perbaiki sendiri, kamu wajib beli yang anyar.

4. Cek dinamo

pada permasalahn dinamo ini dapat dilakukan pengecekan melalui multimeter. Ialah probe(+) di hubungkan dengan kabel yang ke arah motor starter dan probe bermuatan(-) kamu wajib maanfaatkan massa.

Apabila sudah dipasang kamu coba pencet tombol starter apakah ada listrik yang mengalir, apabila tidak terdapat itu tanda- tanda mengaktifkan motor kamu ruksak.

Ini merupakan pemicu dari kumparan yang sudah terputus.

Bila cuma brush yang rusak, kamu bisa menggantinya dengan brush yang terkini, tetapi tidak dengan kumparan ataupun spul yang sudah putus, kamu wajib membawa dinamo ke bengkel dinamo.

Perawatan kendaraan yang baik dan teratur merupakan peran utama bagi para pemilik, selalu di perhatikan hal – hal kecil yang terjadi pada motor anda.

Cek penyebab terlebih dahulu apabila starter motor tidak berfungsi dengan baik, jangan terlalu terburu-buru membawa ke bengkel ya sobat, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2021 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia