Kenali Tanda Air Radiator Mobil Habis

GPSKU – Hampir semua mobil saat ini mengggunakan bantuan air radiator sebagai sistem pendingin untuk mesin, untuk menghindari kerusakan pada mesin atau bahaya lainnya, pengemudi harus bisa mengenali tanda ari radiator mulai habis.

Air radiator mobil memiliki fungsi fital pada kendaraan, jika tidak ada air radiator atau air radiator habis atau kurang maka akan menyebabkan mesin menjadi overheat sampai menyebabkan mesin mobil mati mendadak.

Indikasi paling berbahaya adalah ketika air radiator bocor, ini bisa terjadi karena beberapa faktor salah satunya ialah selang air radiator pecah atau selang penghubung terlepas, jika ini terjadi segera cek dan bergegas untuk menggantinya dengan yang baru.

Maka dari itu air radiator harus rutin di cek sebelum melakukan perjalanan, apalagi perjalanan yang jauh, terdapat beberapa tanda yang harus di perhatikan guna mengenali air radiator mulai habis atau kurang.

5 Tanda Air Radiator Mobil Mulai Habis Dan Harus Di isi Ulang

tanda air radiator mobil habis

1. Muncul Suara Mesin Yang Kasar

Tanda ketika air radiator mobil mulai habis ketika terdengar suara mesin yang berisik ketika dihidupkan atau sedang jalan, ini di sebabkan karna sistem pembakaran pada mesin terganggu dan mengalami overheat diakibatkan air radiator yang mulai habis atau volume air radiator kurang.

Pembakaran pada mesin menjagi lebih cepat dari biasanya, ini membuat suatu knocking di mesin yang membuat nya bergerak lebih cepat dari keadaan normal, dan menjadikan pembakaran tidak sempurna.

Dan ketika suara tersebut muncul pada mobil anda, segera hentikan kendaraan dan mulai untuk mengecek pada bagian kap mesin untuk mengecek air radiator, perlu di ingat pengecekan air radiator ketika sedang dalam perjalanan harus dilakukan ketika mesin sudah mulai dingin, dan mengisinya kembali adalah solusi untuk permasalahan ini.

2. Ac Mobil Menjadi Tidak Dingin

Tanda yang lainnya ketika air radiator sudah mulai habis ialah dengan mengetahui bahwa Ac mobil menjadi kurang dingin, padahal sudah dinyalakan dengan durasi yang cukup lama, ini cukup mudah dikenali karena bisa anda rasakan ketika berada di dalam kabin mobil.

Hal pertama yang anda lakukan ketika ac kurang dingin ialah pasti mengecek freon ac, namun jika itu bukan menjadi penyebab permasalahan maka besar kemungkinan air radiator mobil anda sudah mulai habis atau bahkan kurang, ini disebabkan karena putaran kompresor ac berhenti karena mesin menghentikan nya dengan otomatis di akibatkan mesin panas berlebih.

Yang bisa anda rasakan jika masalah ini terjadi hanyalah hawa panas yang keluar dari blower ac dan tidak menimbulkan kesejukan pada kabin mobil, jika ini terjadi sebaiknya anda menghentikan kendaraan anda dan mengecek volume air radiator sudah mulai habis atau bahkan kurang.

Baca Juga 2 Bahaya Ketika Air Radiator Mobil Habis

3. Indikator Suhu Mesin Hampir Mendekati Warna Merah

Pada bagian cluster mete mobil, terdapat beberapa indikator mobil yang akan muncul, selain RPM anda juga bisa melihar indikator suhu udara, tandanya ialah dengan melihat jarum, ketika suhu mesin stabil atau normal maka jarum indikator berada ditengah.

Namun ketika jarum tersebut sudah menyentuh warna merah bahkan hampir menyentuh warna merah, tandanya adalah air radiator sudah mulai habis ataupun berkurang, sebaiknya rutin untuk mengecek dan memperhatikan jarum pada cluster mobil ini ketika sudah mulai mengendarai mobil beberap menit.

Dan apabila terjadi perubahan arah jarum ke titik merah, ini berindikasi bahwa sistem pendingin pada mesin tidak bisa menstabilkan panas secara keseluruhan, jangan menunggu jarum sampai ke warna merah, segera tambahkan air radiator sebelum jarum menyentuh warna merah.

4. Munculnya Uang Dari Dalam Kap Mesin

Tanda lain dari air radiator mobil habis adalah munculnya uap dari dalam kap mesin, ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan mesin menjadi mati mendadak di tengah perjalanan.

Uap ini muncul di akibatkan karena penguapan dari air radiator yang terlalu berlebihan, mayoritas faktor tersebut disebakan karena adanya kebocoran pada air radiator.

Uang yang muncul dari kap mesin karena air radiator yang bocor sehingga air radiator tersebut mengenai bagian mesin yang panas dan memunculkan penguapan air yang keluar dari dalam kap mesin.

Kebocoran bisa terjadi karena beberapa faktor, diantarnya berasal dari selang radiator  yang pecah atau bahkan sambungan dari selang radiator yang lepas atau kebocoran pada water pump, semua itu bisa menjadi penyebab munculnya uang air pada kap mesin mobil.

Hal tersebut bisa anda hindari, dengan rutin mengisi dan mengecek kondisi air radiator maka anda dapat meminimalisir terjadi kebocoran pada air radiator yang menyebabkan terjadinya penguapan air dari kap mesin.

5. Terjadi Penurunan Tenaga Mesin

Tanda lain yang bisa dirasakan adalah hilang atau turunnya tenaga mesin mobil ketika menginjak RPM tinggi, hal ini bisa anda rasakan dengan mudah ketika sedang mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Inidikasi ini dapat anda rasakan ketika mobil terasa lebih berat dan tidak bertenaga padahal anda sudah menginjak pedal gas yang dalam, salah satu akselerasi pada mobil yang tentunya akan mengganggu anda ketika dalam perjalanan dan mengganggu performa kendaraan.

Namun apabila sudah di isi kembali volume air radiator mobil anda, dan masih terjadi penuruan tenaga, maka bisa disimpulkan bahwa telah terjadi kerusakan pada komponen yang lainnya. Segera datangi bengkel resmi untuk tindak lanjut lebih dari ahlinya.

Lima tanda air radiator mobil habis di atas dapat menjadi referensi untuk anda agar selalu rutin mengecek dan mengisi ulang kembali air radiator mobil, segera lakukan perawatan apabial terjadi kerusakan pada selang atau waterpump yang bisa berbahaya untuk mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lets Chat 24H
1