Tarikan Mobil Berat: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat Anda menginjak pedal gas, Anda mengharapkan mobil Anda merespons dengan menambah kecepatan. Kendaraan yang menerima cukup bahan bakar dan penyetelan dengan baik, tentunya akan melaju sesuai harapan. Namun, apa yang terjadi jika ternyata tarikan mobil berat? Apa yang menjadi penyebabnya?

Ada banyak sekali kemungkinan penyebab tarikan awal mobil berat. Mulai dari filter bensin yang kotor hingga catalytic converter yang tersumbat.

Mari simak lebih lanjut!

Penyebab Tarikan Mobil Berat

Penyebab Tarikan Mobil Berat

Jika kendaraan Anda tidak berakselerasi sebagaimana mestinya, hal ini dapat membahayakan Anda. Sebagai contoh saat menyalip, berada di persimpangan atau saat menanjak. Itu sebabnya kendaraan yang tidak melaju dengan baik harus segera Anda perbaiki. Ini masalah yang tidak boleh Anda abaikan.

“Masalah tarikan mobil berat bisa sangat menyebabkan. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Mulai dari kondisi injektor bahan bakar yang kotor hingga masalah pada transmisi.”

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kendaraan terasa lambat saat melaju. Beberapa hal ini bisa jadi adalah faktor penyebabnya. Mari simak alasan kenapa tarikan mobil berat:

1. Injektor Bahan Bakar Kotor

Ini adalah salah satu penyebab paling umum mengapa akselerasi menjadi tersendat. Injektor yang kotor menyebabkan kendaraan Anda kehilangan tenaga saat Anda mencoba melaju.

2. Penyumbatan

Mungkin ada penyumbatan yang menghalangi kendaraan Anda menerima bahan bakar yang dibutuhkan agar dapat berakselerasi. Udara bercampur dengan bensin untuk menghasilkan semprotan yang menggerakkan dapur pacu Anda. Jika ada yang mengganggu ini, kendaraan Anda mungkin kesulitan melaju.

3. Busi yang Sudah Usang

Busi Anda mungkin aus dan tidak dapat menyalakan bensin di piston dengan cukup cepat. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan Anda tidak memulai percepatan dengan dengan. Untungnya, biaya perbaikan dan penggantian busi tidak mahal.

4. Filter Udara Kotor

Filter udara memainkan peran penting dalam menjauhkan polutan dari mesin Anda. Namun, seiring berjalannya waktu, polutan ini dapat menumpuk dan menyebabkan kendaraan Anda tidak dapat melaju dengan baik. Anda cukup melepas dan menyeka filter udara sebelum memasangnya kembali, atau memasang filter udara baru.

5. Silinder Rusak

Jika silinder mesin anda mengalami kerusakan maka hal ini akan membuat tarikan mesin mobil berat dan mengakibatkan dapur pacu mengalami misfire atau macet. Anda sebaiknya memberi tahu mekanik tentang masalah ini agar silinder dapat diperbaiki atau diganti.

Jika tidak, Anda dapat dengan cepat merusak dapur pacu Anda.

6. Masalah Transmisi

Masalah pada sistem transmisi dapat menyebabkan penyaluran tenaga tidak teratur sehingga menyebabkan kendaraan tersentak. Problem transmisi yang umum termasuk tergelincir, kebocoran cairan transmisi, gigi tidak dapat diatur, dan suara bising yang tidak biasa.

7. Masalah Throttle Body

Throttle body merupakan katup yang menyeimbangkan udara yang masuk ke dapur pacu. Menekan pedal gas akan membuka pelat throttle, sehingga meningkatkan aliran udara ke mesin. Throttle body yang rusak juga dapat menyebabkan dapur pacu kasar, lampu periksa mesin menyala, dan jarak tempuh yang buruk.

8. Unit Kontrol Mesin (ECU) Tidak Berfungsi

ECU adalah otak dari mesin kendaraan Anda. Pada akhirnya bertanggung jawab untuk mengendalikan kinerja dan efisiensi dapur pacu Anda. Meskipun ECU jarang mengalami kegagalan, hal ini dapat menimbulkan masalah percepatan, mengaktifkan lampu periksa dapur pacu dan dapat menyebabkan tarikan mobil kurang bertenaga.

9. Cengkraman Rem Berlebihan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyetelan grip rem yang berlebihan bisa menjadi faktor yang membuat kendaraan tidak bisa melaju atau bahkan terasa berat. Biasanya masalah ini terjadi pada unit dengan rem tromol. Solusinya relatif sederhana, yaitu mengatur kembali gaya cengkraman rem tromol.

10. Karburator Rusak 

Karburator bertanggung jawab untuk mengontrol berapa banyak bensin dan udara yang dicampur sebelum masuk ke mesin. Kerusakan pada karburator tidak hanya menyebabkan tunggakan Anda tersentak saat melaju, tetapi juga berdampak buruk pada performa secara umum.

Cara Mengatasi Tarikan Mobil Berat

Cara Mengatasi Tarikan Mobil Berat

Seperti pembahasan di atas, ada banyak kemungkinan penyebab mengapa mobil Anda terasa lambat saat mulai untuk melaju.

Jika Anda tidak yakin apa penyebab masalahnya, bawalah kendaraan Anda ke bengkel dan periksakan. Sementara itu, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba dan memperbaiki sendiri masalahnya :

1. Periksa Level Oli 

Level oli yang rendah dapat menyebabkan penurunan performa dan kerusakan dapur pacu jika tidak segera diatasi. Pastikan level oli Anda berada pada level yang disarankan untuk kendaraan Anda sebelum beralih ke penyebab potensial lainnya.

Jika oli mesin rendah, hal ini dapat menyebabkan masalah. Periksa level oli dan tambahkan lebih banyak jika perlu.

2. Periksa Sistem Bahan Bakar

Jika sistem ini tersumbat, maka akan dapat menyebabkan masalah. Bersihkan filter bensin dan pastikan tidak ada kotoran di saluran tersebut.

3. Bersihkan Busi

Jika busi kotor atau aus, busi mungkin tidak dapat menyala dengan baik. Bersihkan atau ganti busi dan lihat apakah ada bedanya.

4. Cek Sensor Aliran Udara Massal

Sensor ini mengukur jumlah udara yang mengalir ke mesin. Jika kotor atau rusak, bisa jadi penyebabnya. Bersihkan atau ganti sensor yang rusak dan lihat apakah ada bedanya.

5. Amati Sensor Oksigen

Sensor oksigen yang rusak akan mengirimkan pembacaan yang salah ke komputer kendaraan Anda yang dapat mengakibatkan kinerja dapur pacu buruk dan kelesuan. Periksakan komponen ini sesegera mungkin jika Anda menduga ada masalah.

6. Periksa Sensor Posisi Poros Bubungan

Sensor ini memberitahu komputer kapan harus menyalakan busi. Jika salah, hal ini dapat menyebabkan masalah. Ganti sensornya dan lihat apakah ada bedanya.

7. Cek Kebocoran Vakum

Kebocoran pada sistem vakum dapat menyebabkan masalah. Periksa semua selang dan sambungan apakah ada kebocoran.

8. Bersihkan Saluran Bahan Bakar 

Puing atau penyumbatan pada saluran ini dapat menyebabkan penurunan kinerja dapur pacu. Periksakan dan bersihkan sesegera mungkin jika Anda menduga hal tersebut adalah penyebab kelesuan kendaraan Anda.

9. Cek Sistem Pembuangan

Jika sistem pembuangan tersumbat, hal ini dapat menyebabkan masalah. Bersihkan catalytic converter yang tersumbat dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem pembuangan.

10. Periksa Tangki Bahan Bakar

Jika tangki kekurangan bensin, hal ini dapat menyebabkan masalah. Isi tangki dan lihat apakah itu membuat perbedaan.

Mematikan AC saat menyalip atau menanjak di jalan terjal bisa membantu. Namun, hal ini tidak akan menyelesaikan masalah kinerja mendasar apa pun. Jika tunggakan Anda tersentak atau terasa berat meskipun AC dimatikan, Anda harus meminta bantuan mekanik profesional untuk mengatasi masalah tersebut.

Ketika tarikan mobil berat dan terasa lambat, ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu. Maka, sangat penting untuk memahami apa yang menyebabkan kinerja kendaraan Anda buruk.

Untuk itu, pastikan pemeliharaan tidak pernah terlewatkan. Manfaatkan fitur dari sistem GPSKU sebagai alat tracker sekaligus pengingat untuk servis kendaraan. Anda juga bisa mendapatkan fitur berguna lainnya. Anda bisa pasang sekarang juga GPS Tracker Mobil Anda untuk dapat menikmati semua fitur yang ada.

contact-us-donk