Tips Aman Melewati Genangan Air Banjir

GPSKUMusim hujan telah tiba dan di berbagai daerah banyak terdampak banjir di jalanan, tentunya ini akan menyusahkan bagi para pengendara yang melintasi genangan air. apalagi bagi kendaaraan mobil dengan transmisi matic, tentunya perlu diperhatikan saat melewati banjir, jangan sampai melebihi batas aman ya…

Selain menghambat perjalanan, air banjir juga dapat merusak kendaraan yang melintasinya khususnya pada bagian mesin dan komponen lainnya. Untuk menanggulangi hal tersebut, kali ini GPSKU memberikan tips aman melewati banjir

5 Tips Aman Untuk Melewati Banjir Saat Musim Hujan

tips aman melewati genangan banjir

1. Cermati Besar Genangan Air

Besar genangan air yang nyaman merupakan maksimum separuh dari besar ban mobil karena ketinggian air sedang di dasar intake mesin, aki, serta sistem kelistrikan di ruang mesin.

Patokan yang lain merupakan pembatas jalur di tengah ataupun kaki lima. Jika sedang nampak, maksudnya nyaman buat dilewati. Tetapi apabila telah tidak nampak, cobalah yakinkan seberapa besar kubangan saat sebelum dilewati.

2. Memilih Rute Jalan dengan Cermat

Pastikan rute yang mau dilewati dengan memilah kubangan yang sangat kecil dan leluasa dari halangan semacam polisi tidur, jalur rusak, ataupun yang lain.

Ini dapat diamati dari pergerakan mobil lain di posisi banjir. Janganlah sangat ke pinggir sebab terdapat resiko turun ke pundak jalur yang kecil ataupun apalagi masuk ke dalam lubang selokan.

Buat jalur yang terdiri dari sebagian rute, sangat nyaman merupakan ambil rute tengah ataupun sangat kanan sebab relatif lebih besar dibanding rute yang lain. Buat mudahnya, cermati mobil lain di depan yang telah melewati.

Tetapi dengan catatan, hendaknya tidak memaksakan buat melampaui jalur banjir bila ketinggiannya telah serupa ataupun apalagi lebih dari besar ban mobil sebab kemampuan mesin kerasukan air amat besar.

 3. Jaga Jarak Aman

Kecepatan konstan amat berarti buat membenarkan tidak terdapat air masuk ke dalam ruang mesin. Oleh karena itu, piket jarak nyaman dengan mobil di depan.

Jalankan mobil sehabis lumayan percaya mobil di depan tidak bakal membatasi laju selaku tahap prediksi apabila mobil di depan macet serta sedang dapat melakukan manuver menjauh.

4. Jauhi Arus Air Banjir

Sebagian banjir diakibatkan oleh bengawan besar yang meluap. Umumnya banjir semacam ini diiringi dengan arus air yang mengalir kencang memotong rute jalan jalur.

Janganlah sempat sepelekan arus air yang kencang sebab dapat menarik mobil. Urungkan hasrat menerjang banjir jika suasana semacam ini.

Baca Juga Tips Memanaskan Mesin Mobil Yang Jarang Di Pakai

5. Perhatikan Dan Tetap Menjaga Kestabilan Putaran Mesin

Jangan memaksakan untuk menerjang banjir ketika mesin berada pada putaran yang besar, hanya dengan alibi agar air tidak masuk kedalam mesin supaya tidak mudah mati, atau agar air banjir tidak dapat masuk melalui lubang knalpot.

Perihal ini malah memperbesar energi isap hawa ke mesin serta air dapat turut masuk yang berakhir pada water hammer.

Tidak perlu menjalankan mesin dengan putaran yang besar, cukup dengan putaran kecil pada kisaran 1.500 – 2.000 rpm.

Tidak hanya itu, jaga putaran mesin supaya tetap konstan alhasil mobil tidak maju sangat cepat serta gampang dikendalikan.

Sebisa bisa jadi lepaskan injakan dayung kopling serta perkenankan mesin melampiaskan mobil dengan cara konstan.

Kuat posisi transmisi di gigi 1 serta piket supaya laju mobil tidak tersendat alhasil kehabisan momentum.

Buat mobil transmisi otomatis, cukup dengan masukkan gigi transmisi ke- 1 ataupun L ( Low). Janganlah memacu ataupun menghentikan laju mobil dengan cara seketika yang bakal menyebabkan air masuk ke dalam mesin.

Banjir di jalanan kota khususnya memang sulit untuk di hindari Ketika kita sedang berada dalam perjalanan. Namun sobat tidak perlu khawatir untuk tetap melanjutkan perjalanan Ketika sduah mengetahui tips melewati genangan banjir, asal dengan tetap berhati – hati dan aplikasikan informasi di atas yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia