Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik

GPSKU – Mengenal oli mesin mobil dulu yaa.. Oli mesin mobil berfungsi sebagai pelumas, lebih tepatnya sebagai pelumas untuk komponen dan setiap partikel yang ada didalam mesin.

Karena fungsinya yang vital maka tak heran jika perlu perhatian lebih terhadap tips memilih oli mesin mobil ini, sebab jika lalai maka akan merusak komponen penting pada kendaraan.

Tips mudah membedakan oli mesin yang masih berkualitas dan yang bukan ialah dengan memperhatikan kekentalan oli mesin mobil itu sendiri, lebih jelasnya akan di bahas pada artikel dibawah ini.

Christiana Yuwantie memberikan sebagian perihal yang butuh dicermati dalam memilah oli mesin yang betul- betul cocok dengan kebutuhan mesin mobil.

3 Tips Untuk Memilih Oli Mesin Mobil Yang Tepat

tips memilih oli mesin mobil filter oli

 1. Cek Detail Kendaraan

Buat mengenali detail oli mesin yang cocok dengan keinginan kendaraan, pemilik, mobil bisa melihat pada buku panduan terpaut saran pemakaian oli mesin.

Di buku manual dan konsultasi dengan bengkel sah, pemilik mobil bisa mengenali tipe serta detail pelumas dengan standar saran pabrik yang cocok.

2. Perhatikan Sertifikasi Pelumas yang Dipilih

Tiap merk yang menawarkan produk oli mesin wajib mendapat permisi ataupun sertifikasi dengan standar terbaik. Sebagian badan yang menghasilkan sertifikasi pelumas kendaraan antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, serta JASO.

Baca Juga Pentingnya Etika Berkendara Di Jalan Raya

3. Cermati Tingkatan Kekentalan Pelumas

Kekentalan oli mesin bisa membuktikan seberapa gampang oli mengalir sampai menyelimuti bagian bagian mesin. Kekentalan pelumas diidentifikasi oleh SAE( Society of Automotive Engineer), serta umumnya isyarat yang diakhiri dengan graf W pada julukan oli dengan nilai yang berbeda- beda membuktikan tingkatan kepekatan pelumas.

Isyarat graf W merupakan kependekan dari Winter yang dipakai selaku referensi kalau oli mengalir dari situasi dingin. Sebaliknya perbandingan nilai membuktikan perbandingan detail serta jadikan mesinnya.

Tingkatan kekentalan oli mesin juga dibagi jadi cair, sedang, serta kental. Kepekatan oli yang kecil ataupun cair membuat oli lebih gampang mengalir buat melumasi alhasil bisa mencegah bagian mesin pada dikala temperatur kecil,

sebaliknya kepekatan oli yang besar umumnya hendak lebih bagus dalam menjaga kemampuan pelumas pada dikala temperatur mesin besar.

Setelah tau cara memilih oli mobil terbaik diatas, sobat jangn lupa untuk selalu menservice atau mengganti oli mesin mobil secara berkala yaa..

Sesuaikan dengan oli masing – masing kendaraan sobat, untuk oli mesin mobil Avanza misalnya menggunakan oli shell helix hx8 SW-30 dan itu yang baik, belum tentu untuk mobil xenia dll. Tetap disesuaikan walaupun banyak jenis oli yang baik diluaran sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia