Tips Cara Merawat Ban Mobil Agar Nyaman

Merawat Ban Mobil – Ban mobil sebagai komponen vital pada kendaraan terlebih pada mobil memiliki fungsi sebagai penopang berat kendaraan, selain itu banyak fungsi ban mobil yang dimiliki beberapa diantaranya ialah sebagai penyerap guncangan jalan agar perjalanan menjadi nyaman dana aman, mengirimkan traksi dan torsi serta pengereman dan mempertahankan ataupun mengubah arah perjalanan yang di kontrol oleh stir mobil.

Dikarenakan kerja ban yang bersentuhan langsung dengan jalanan, maka sobat perlu mengetahui cara merawat ban mobil kesayangan dengan baik, ini akan menjadikan ban mobil awet dan terawat dengan baik, jika lalai dengan komponen yang satu ini, misal kurang nya angin atau ban mobil sudah mengalami aus atau botak dan dipaksa terus berjalan, besar kemungkinan akan menyebabkan bahaya.

Dengan melakukan perawatan secara berkala, maka fungsi kemudi akan menjadi lebih maksimal yang dapat dikontrol melalui kemudi atau stir, tanpa adanya ban maka kemudi tidak akan bisa melakukan fungsi nya, sobat di rumah harus mengetahui tekanan ban yang sesuai dengan tipe mobil masing-masing untuk tetap mendukung kinerja ban yang berat, umur ban mobil akan sangat terpengaruhi dari bagusnya perawatan dan pengecekan sobat secara berkala.

Lalu bagaimana cara merawat ban mobil agar memiliki ban mobil yang awet serta umur yang panjang? Tenaangg,, pada artikel ini GPSKU akan membahas dan memberikan tips caranya untuk sobat dirumah agar bisa lebih memahami perawatan mobil dengan baik.

3 Tips Cara Merawat Ban Mobil Yang Benar Agar Awet

tips merawat ban mobil agar nyaman

1. Cek Selalu Tekanan Ban

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara sederhana seperti mengecek tekanan ban dan menyesuaikan dengan tipe mobil masing-masing, cara mudahnya cukup dengan mengecek satu persatu ban yang kempes atau kurang angin atau bahkan ada yang botak, dengan teratur menjaga tekanan ban yang sesuai maka akan memperpanjang umur ban mobil serta akan jauh lebih membuat bahan bakar menjadi irit.

Jika perawatan tidak dilakukan dengan berkala, misal ban mobil sudah tipis atau kempes maka resiko paling berbahaya nya adalah pecah ban di tengah jalan, ini diakibatkan karena dinding samping ban dipaksa untuk menopang beban berat mobil yang dimana ban bersentuhan langsung dengan jalan yang beraneka ragam.

2. Rotasi Ban Mobil

Pada jarak yang sudah di tentukan, diharapkan untuk melakukan rotasi pada ke empat ban mobil dianjurkan per 10.000 km, ini bertujuan agar tingkat keausan ban mobil merata dengan menyeluruh, rotasi ban artinya melakukan perpindahan posisi empat ban mobil secara berkala, ini dilakukan agar kenyamanan saat berkendara bisa tetap terjaga dengan baik, pastikan disesuaikan dengan jenis ban yang dipakai untuk melakukan rotasi ban ini.

Baca Juga 6 Bahaya Ketika Ban Mobil Kurang Angin

3. Rutin Melakukan Spooring-Balancing

Selain rotasi ban, diharapkan untuk melakukan spooring-balancing atau pelurusan kembali posisi ban mobil ke setelan pabrikannya, ini bisa dilakukan dengan interval km per 10.000 bersamaan dengan rotasi ban agar kestabilan ban tetap presisi dan lurus.

Istilah Spooring adalah untuk mengembalikan dudukan posisi ban mobil ke setelan pabrikan atau semula seperti baru, sedangkan balancing adalah proses untuk menyeimbangkan kembali putaran roda keempat ban mobil.

Tanda-tanda mobil perlu melakukan spooring-balancing adalah ketika kemudi atau stir mulai terasa berat, serta ketika berda di jalanan lurus serta permukaan yang alus tapi kemudi condong ke kiri atau kanan itu artinya dudukan dan keseimbangan roda bermasalah, ini akan menyebabkan terganggunya kenyamanan saat berkendara.

Ketiga tips dan cara merawat ban mobil agar awet diatas bisa anda aplikasikan pada mobil kesayangan anda, perhatikan kenyamanan karena ban mobil membawa bobot mobil yang berat, dan juga selalu perhatikan muatan beban jangan sampai melebihi kapasitas yang dianjurkan, ini akan memberatkan kerja ban bahkan lebih bahaya lagi ketika ban mobil kurang perawatan maka akan mengganggu fungsi pengereman juga.

Tingkatkan kenyamanan dengan melakukan perawatan ban secara rutin, kemananan mobil andapun jangan dilupakan, salah satu caranya adalah dengan memasang gps mobil terbaik yang bisa anda kontrol penuh hanya melalui smartphone, anda bisa mematikan, melacak mobil anda serta banyak lagi fitur andalan dari gps ini, ayoo segera pesan dengan cara menekan tombol chat dibawah ini yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2008 - 2022 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | GPS Tracking Indonesia