Transparansi Rantai Pasokan: Pengertian dan Manfaat

Kepercayaan sangat penting dalam membangun karena berperan penting dalam menjaga kelangsungan bisnis untuk jangka panjang. Itulah sebabnya sebuah usaha perlu untuk mengadopsi transparansi rantai pasokan dalam proses operasional mereka.

Hal ini penting karena transparansi dalam rantai pasokan akan membuat konsumen, rekan usaha, supplier maupun investor percaya kepada perusahaan Anda. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai topik ini di artikel berikut.

Pengertian Transparansi Rantai Pasokan

 transparansi rantai pasokan

Secara sederhana kita dapat mengartikan transparansi rantai pasokan sebagai pemahaman yang komprehensif dari perusahaan sebuah bisnis terhadap semua kegiatan dalam rantai pasokan (supply chain) perusahaan tersebut.

Jadi, perusahaan tersebut benar-benar mengetahui asal usul dan cara produksi barang mereka dengan dukungan data yang akurat.

Berikut hal-hal yang perlu mendapat sorotan dalam proses transparansi rantai pasokan:

  • Pemahaman tentang sumber bahan baku
  • Pengenalan akan kualitas dan keamanan produk
  • Ramah lingkungan
  • Praktik ketenagakerjaan dan lain-lain

Kemudian, pihak perusahaan akan meneruskan pemahaman tersebut kepada pihak internal maupun eksternal perusahaan. Pihak eksternal di sini antara lain mitra usaha, investor hingga konsumen.

Jadi, tidak heran jika proses ini melibatkan beberapa hal penting seperti komunikasi yang handal dan jelas. Selain itu, perlu juga adanya informasi akurat mengenai setiap tahapan rantai pasokan dan distribusi secara umum.

Manfaat Transparansi Rantai Pasokan

Manfaat transparansi rantai pasokan

Ketika sebuah perusahaan menerapkan transparansi dalam pelaksanaan strategi rantai pasokan mereka, maka mereka akan mendapatkan banyak manfaat.

Berikut beberapa manfaat supply chain management yang dilakukan secara transparan:

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Banyak konsumen masa kini yang sadar akan perlunya transparansi rantai pasok dan logistik. Alhasil, mereka memilih produk-produk dari brand yang mempraktikkan transparansi tersebut.

Dengan tuntutan semacam itu maka ada baiknya Anda mulai menerapkannya agar kepercayaan konsumen semakin meningkat.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan terhadap Brand Perusahaan

Tidak mudah untuk memperoleh kepercayaan dari konsumen. Namun, dengan supply chain transparency loyalitas konsumen terhadap brand Anda berpotensi meningkat.

Mereka akan dengan bangga menggunakan produk Anda bahkan membagikan pengalaman mereka kepada orang lain. Hal ini menguntungkan Anda karena mendapat promosi dari mulut ke mulut secara gratis. Alhasil, kemungkinan penjualan meningkat sehingga meningkatkan bisnis Anda secara keseluruhan.

3. Membantu Memperkuat Kemitraan

Penting bagi usaha Anda untuk memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan karena dapat meningkatkan penjualan. Namun, Anda juga perlu membangun hubungan yang baik dengan supplier, investor dan vendor.

Dengan kepercayaan dan transparansi yang terbentuk dapat memperpanjang kemitraan dalam jangka panjang.

4. Mendorong Perubahan dalam Industri

Menerapkan transparansi manajemen rantai pasok penting karena membantu membangun reputasi bisnis Anda. Alhasil, perusahaan lain akan memperhatikan kemajuan Anda.

Pada akhirnya mereka berpotensi mengikuti jejak Anda dalam menerapkan transparansi tersebut. Sehingga, nantinya terjadi perubahan di seluruh industri walaupun proses ini membutuhkan waktu lama.

Cara Mencapai Transparansi Rantai Pasokan

Jika Anda memutuskan untuk menerapkan transparansi rantai pasokan, maka Anda harus mempersiapkan dan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Pastikan Bisnis Anda Memiliki Visibilitas yang Tinggi

 transparansi rantai pasokan

Agar dapat mencapai visibilitas rantai pasokan maka Anda tidak hanya memerlukan analisis rantai pasokan tetapi juga alat yang tepat. Jadi, Anda perlu memilih software yang tepat agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Klik link berikut untuk informasi mengenai software yang tepat untuk bisnis Anda.

2. Memastikan Semua Proses Sesuai Standar Perusahaan

transparansi rantai pasokan

Usahakan untuk membuat standar yang baku pada proses manufaktur, inspeksi serta audit agar dapat mencapai kualitas, keamanan kerja dan kepatuhan etika yang baik. Ketika semua proses sudah sesuai standar maka Anda dapat membagikan informasi tersebut kepada pihak luar seperti pemasok, investor bahkan pelanggan.

3. Memetakan Proses Rantai Pasokan

transparansi rantai pasokan

Pastikan Anda mempunyai solusi agar dapat membantu bisnis Anda dalam memetakan proses rantai pasokan secara menyeluruh. Anda sedang mempertaruhkan reputasi perusahaan jika ternyata terdapat beberapa bagian proses yang lepas dari perhatian Anda.

Dengan memetakan proses supply chain Anda maka Anda dapat segera menangani masalah maupun pelanggaran yang terjadi.

4. Buat Penilaian Terhadap Supplier Anda

transparansi rantai pasokan

Dengan bantuan software supply chain yang tepat maka Anda dapat melihat semua informasi proses tersebut secara real time. Alhasil, Anda dapat melakukan penilaian terhadap kinerja supplier Anda sesuai standar yang sudah ditetapkan.

Penilaian tersebut dapat menjadi acuan Anda ketika ingin menetapkan pola kemitraan di masa depan.

Kesimpulan

Transparansi dalam rantai pasokan penting karena dapat menjadi media untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan perusahaan dengan pihak luar. Namun, perlu diingat bahwa transparansi tersebut harus berdasar pada informasi faktual.

Jadi, hindari menerapkan transparansi yang berdasar pada asumsi atau dugaan. Dengan data yang akurat dan faktual maka kepercayaan pihak luar seperti supplier, investor dan pelanggan semakin meningkat.

Dengan mengedepankan transparansi Rantai Pasokan diharapkan akan terwujud keadilan sosial dan kesejahteraan ekonomi. Tidak hanya itu, dalam distribusi juga perlu adanya transparansi. Salah satunya Anda bisa menggunakan GPS Tracker dari GPSKU. Alat ini bisa melacak secara real time. Jadi, Anda dapat memantaunya sepanjang waktu. Klik di sini jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai software pendukung ini.

contact-us-donk