8 Manfaat Supply Chain Management Bagi Perusahaan

Apakah Anda mengetahui tentang salah satu faktor kunci yang dapat menentukan kesuksesan atau kegagalan perusahaan di era globalisasi dan digitalisasi saat ini? Jika Anda belum mengetahuinya, mungkin Anda belum mengenal akan manfaat supply chain management dan juga definisinya.

Di dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu supply chain management dan apa saja manfaat supply chain management bagi perusahaan Anda, baik itu perusahaan besar maupun kecil.

Mari kita simak bersama!

Manfaat Supply Chain Management Bagi Perusahaan

supply chain management adalah

Supply chain management adalah proses pengelolaan aliran barang atau jasa dari pemasok hingga pelanggan. Supply chain management akan melibatkan perencanaan, pengendalian, dan koordinasi atas setiap aktivitas yang terkait dengan proses produksi dan distribusi pada sebuah produk atau layanan.

Tujuan supply chain management adalah untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan kepuasan pelanggan, sekaligus mengurangi biaya dan risiko.

Seluruh aktivitas supply chain management memiliki banyak manfaat bagi perusahaan Anda, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Berikut adalah delapan manfaat utama supply chain management bagi perusahaan Anda:

1. Manfaat Supply Chain Menegement untuk Tingkatkan Daya Saing 

manfaat supply chain management 

Supply chain management dapat membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan daya saing dan pangsa pasar dengan menyediakan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan serta menawarkan harga yang kompetitif.

Kemudian, supply chain management juga dapat membantu perusahaan dalam memanfaatkan peluang baru di pasar global dengan memperluas jaringan pemasok dan pelanggan.

2. Meningkatkan Kinerja Operasional dan Keuangan 

tujuan supply chain management 

Supply chain management dapat membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan kinerja operasional dan keuangan dengan cara mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengurangi biaya operasional, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan keuntungan.

Selain itu, supply chain management juga dapat membantu perusahaan mengurangi biaya persediaan, transportasi, inventory, dan penanganan, sekaligus meningkatkan pelayanan dan ketersediaan barang..

3. Meningkatkan Komunikasi dan Kerjasama 

aktivitas supply chain management 

Manfaat selanjutnya, supply chain management dapat membantu sebuah perusahaan dalam meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan pemasok, pelanggan, dan mitra bisnis lainnya.

Supply chain management secara langsung dapat memfasilitasi komunikasi, informasi, dan koordinasi yang efektif dengan efisien antara berbagai pihak yang terlibat dalam rantai proses pasokan logistik.

Tak hanya itu saja, supply chain management juga dapat membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan kepercayaan dan loyalitas serta mampu untuk meminimalisir konflik atau ketidakpuasan dari pihak yang terkait.

4. Meningkatkan Kualitas dan Kepuasan Pelanggan 

contoh supply chain management 

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Dengan supply chain management, Anda dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan.

Caranya, dengan memastikan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan sesuai dengan spesifikasi, standar, dan harapan pelanggan.

Supply chain management secara langsung akan membantu perusahaan dalam mempertahankan konsistensi, akurasi, dan ketepatan waktu pengiriman sehingga pelanggan akan puas.

5. Meningkatkan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

apa itu supply chain management 

Proses supply chain management dapat membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan memperhatikan dampak sosial dari aktivitas rantai pasokan logistik.

Contoh manfaat supply chain management dalam poin ini adalah dengan membantu perusahaan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, konsumsi energi, dan limbah.

Bahkan jika memungkinkan, bisa juga turut serta dalam meningkatkan efisiensi sumber daya, daur ulang, dan penggunaan kembali bahan baku yang sudah terpakai dengan aturan standar pemerintah yang berlaku.

6. Manfaat Supply Chain Management dalam Mitigasi Risiko 

supply chain management 

Supply chain management dapat membantu perusahaan Anda dalam mitigasi risiko dengan mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola berbagai risiko yang dapat mempengaruhi proses kinerja rantai pasokan logistik.

Risiko-risiko tersebut dapat mencakup banyak hal seperti, risiko permintaan, pasokan, operasional, keuangan, hukum, politik, sosial, dan lingkungan.

Dengan proses yang benar, maka supply chain management dapat membantu perusahaan Anda dalam mengurangi risiko, meningkatkan ketangguhan, sekaligus meningkatkan pemulihan dari gangguan, bencana atau krisis yang terjadi.

7. Manfaat Supply Chain Management untuk Pembelajaran Secara Berkelanjutan

manfaat supply chain management 

Proses supply chain management dapat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan pembelajaran secara berkelanjutan dengan mengumpulkan, mengolah, dan membagikan data, informasi atau pengetahuan yang relevan tentang rangkaian proses pasokan logistik.

Manfaat supply chain management juga akan membantu perusahaan dalam mengevaluasi kinerja proses pasokan logistik dan menerapkan cara terbaik yang efektif.

Kemudian, supply chain management akan secara langsung berperan dalam membantu perusahaan untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia yang terlibat.

8. Meningkatkan Nilai Tambah dan Keunggulan

keunggulan supply chain management 

Manfaat supply chain management yang terakhir adalah mampu membantu perusahaan dalam meningkatkan nilai tambah dan keunggulan dengan menciptakan dan memberikan produk atau layanan yang unik namun superior.

Kedua hal ini dapat memenuhi atau bahkan melampaui kebutuhan dan ekspektasi dari pelanggan. Hal ini merupakan nilai tambah yang baik karena mampu mengalahkan pesaing yang lain karena lebih memiliki keunggulan.

Banyak sekali manfaat supply chain management ini. Sebaiknya Anda juga memperhatikan push and pull pada supply chain management ketika hendak mengambil sebuah keputusan. Tujuannya agar ada keseimbangan antara estimasi permintaan dan proses produksi.

Kesimpulan

supply chain management 

Supply chain management adalah sebuah proses penting dari pengelolaan aliran barang atau jasa dari pemasok hingga pelanggan. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan kepuasan pelanggan, sekaligus mampu mengurangi biaya pengeluaran dan risiko.

Beberapa manfaat di atas dapat perusahaan Anda rasakan jika Anda mulai menerapkannya dengan baik dengan standar yang tepat dan efisien. Salah satu cara untuk mendukung efisiensi tersebut adalah dengan menggunakan GPS Tracker pada armada pengiriman barang Anda.

Supply chain management adalah salah satu faktor kunci penting bagi perusahaan Anda yang dapat menentukan kesuksesan atau kegagalan perusahaan di era globalisasi dan digitalisasi saat ini. Sebaiknya optimalkan juga FMCG supply chain agar bisnis semakin lancar.

Karena itu, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan manfaat supply chain management untuk bisnis Anda, agar perusahaan dan bisnis Anda semakin bersaing.

Copyright © 2008 - 2024 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | PT.GPSKU Karya Indonesia