logo mobile 2024

Kapan Waktu Ganti Oli Gardan Mobil? Ini Fungsi & Tanda Oli Harus Diganti!

Memilih waktu ganti oli gardan mobil yang tepat merupakan bagian penting dari maintenance kendaraan Anda. Oli atau pelumas gardan memiliki peran krusial dalam menjaga kinerja transmisi, sekaligus untuk mencegah kerusakan pada perangkat penting mesin kendaraan.

Ketahui apa saja fungsi oli dan kapan waktu ganti oli gardan mobil yang tepat.

Apa Itu Oli Gardan?

harga oli gardan 

Oli atau pelumas gardan merupakan sejenis cairan khusus yang digunakan di dalam bagian mobil yang disebut gardan.

Pelumas ini bertugas untuk memastikan semua bagian di dalam komponen gardan tersebut bisa bekerja dengan baik tanpa gesekan yang bisa merusak. Ia seperti sejenis minyak yang membuat mesin-mesin tetap dingin dan tidak kering.

Ada perbedaan oli mesin dan oli gardan yang cukup signifikan, namun yang utama adalah pelumas mesin untuk melumasi bagian dalam mesin. Sementara pelumas gardan biasanya untuk bagian yang mengontrol distribusi tenaga ke roda.

Tanpa pelumas ini, bagian-bagian metal di dalam gardan bisa bergesekan langsung, menimbulkan suara berisik, dan membuatnya cepat rusak karena panas dan aus.

Harga oli gardan bervariasi, tergantung dari jenis yang Anda pilih. Namun sebaiknya jangan memilih harga ganti oli gardan yang terlalu murah karena bisa jadi kualitasnya tidak terjamin.

Fungsi Oli Gardan

fungsi oli gardan 

Pelumas merupakan elemen kunci dalam menjaga kinerja transmisi pada kendaraan Anda. Secara khusus, ini beberapa peran penting pelumas pada kendaraan Anda:

1. Pelumasan Gear Ratio

Pada transmisi otomatis, rasio gigi amat mengandalkan kehadiran fluida ini untuk pelumasan yang memadai. Prosedur pelumasan ini esensial untuk mencegah kerusakan pada perangkat transmisi, sekaligus untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara beragam perangkat mesin.

Selain membantu menjaga transmisi agar bekerja dengan lancar ia juga memelihara komponen mesin untuk memperpanjang umur pakainya.

2. Pengurangan Gesekan pada Komponen Gardan

Perangkat di dalam gardan selalu bergerak dan saling bersentuhan, proses ini bisa menimbulkan gesekan. Pelumas ini berperan dalam mengurangi gesekan dan memastikan bahwa perangkat tersebut bekerja dengan efisien dan tidak cepat mengalami keausan atau kerusakan.

3. Pengaturan Kecepatan pada Putaran Roda

Ketika Anda berbelok, roda pada satu sisi mobil akan berputar lebih cepat daripada sisi yang lainnya. Pelumas ini akan memastikan bahwa perbedaan kecepatan ini diatur dengan baik, sehingga mobil dapat berbelok dengan lancar dan tidak kasar.

4. Mencegah Panas Berlebih

Proses gesekan yang terus terjadi dan berlebihan antara perangkat di dalam mesin kendaraan dapat menimbulkan panas berlebih pada mesin.

Pelumas ini membantu mencegah hal seperti ini dengan mengurangi gesekan yang terjadi, sehingga mesin kendaraan akan tetap berada pada suhu operasional yang optimal dan terhindar dari kerusakan akibat panas berlebih.

5. Meminimalkan Korosi dan Keausan

Pelumas ini juga melindungi perangkat seperti gear dan bearing dari korosi dan keausan. Proses pelumasan yang optimal akan membantu menjaga setiap perangkatnya dalam kondisi prima, hingga dapat memperpanjang umur pakainya.

6. Penyalur Tenaga

Pelumas gardan tidak hanya bertugas melumasi saja, tapi juga memiliki peran dalam proses penyaluran tenaga dari mesin ke roda. Proses ini memungkinkan sebuah kendaraan untuk bergerak maju atau mundur dengan tenaga yang disalurkan secara efisien.

Dengan demikian, pelumas gardan memainkan peran krusial dalam memastikan bahwa proses transmisi otomatis kendaraan Anda dapat beroperasi dengan efisien.

Memonitor jangka waktu oli gardan mobil adalah bagian penting dari proses maintenance kendaraan untuk memastikan kinerja dan keamanan berkendara yang optimal.

Tanda-Tanda Oli Gardan Harus Diganti

waktu penggantian oli gardan mobil 

Berikut beberapa tanda berikut menunjukkan waktu penggantian oli gardan mobil:

1. Suara Berisik

Jika Anda mendengar suara gemeretak, aneh atau berisik dari bagian bawah mobil saat berakselerasi atau berbelok, ini bisa menjadi indikasi bahwa pelumas gardan sudah kotor atau berkurang.

2. Vibrasi

Getaran yang terasa kasar, dan tidak biasa Anda rasakan pada saat mengemudi, terutama pada kecepatan tinggi, juga bisa menjadi tanda pelumas ini perlu Anda periksa.

3. Perubahan Warna

Pelumas gardan yang sehat biasanya memiliki warna cokelat muda hingga keemasan. Jika pelumas ini berubah menjadi hitam atau terlihat kotor, ini juga bisa menandakan sudah waktunya untuk menukar pelumasnya dengan yang baru.

Waktu Tepat untuk Ganti Oli Gardan

waktu ganti oli gardan mobil

Waktu yang optimal untuk mengganti pelumas ini pada kendaraan Anda tidak selalu sama.

Hal ini dapat berubah tergantung pada ragam faktor, karena setiap kendaraan mungkin memiliki jadwal ganti yang berbeda. Namun secara umum, Anda perlu menjadwalkan ganti oli dengan memperhatikan beberapa faktor berikut:

  • Jika sebuah kendaraan telah menempuh jarak antara 30.000 hingga 60.000 kilometer, sebaiknya Anda menjadwalkan segera mengganti oli.
  • Faktor-faktor lainnya seperti jenis kendaraan, bagaimana cara mengemudikan, hingga kondisi medan yang Anda hadapi sehari-hari dapat memengaruhi seberapa sering Anda perlu mengganti oli.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana cara Anda berkendara dan lingkungan tempat Anda mengemudikannya. Dua hal ini akan membantu Anda untuk menentukan jadwal ganti baru pelumas gardan yang paling sesuai untuk menjaga kendaraan Anda tetap dalam kondisi optimal.

Selalu konsultasikan dengan mekanik profesional untuk mendapatkan saran yang paling akurat, agar Anda tidak menemui kendala di lain hari. Mengganti pelumas pada waktu yang tepat merupakan investasi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kendaraan Anda.

Sebagai pelengkap untuk menjaga kendaraan Anda dengan maksimal, Anda dapat menggunakan GPS Tracker untuk memantau kendaraan Anda setiap saat dengan akurat.

Dengan memperhatikan tanda-tanda kapan waktu ganti oli gardan mobil yang tepat dan menggunakan GPS Tracker pada kendaraan, maka Anda dapat membantu memastikan bahwa kendaraan Anda dapat beroperasi dan terpantau dengan lancar dan efisien.

Baca juga

CLAIM PROMO

Dapatkan Promo Special untuk Pengguna Baru GPSKU