Apa Itu Transportation Management System (TMS)

Proses pengiriman barang atau logistik pada sebuah perusahaan seringkali mengalami banyak kendala karena kurangnya koordinasi atau hal lain. Di sinilah Transportation Management System dibutuhkan karena dapat membantu mengatur proses tersebut secara baik baik dalam skala kecil maupun besar.

Sistem manajemen transportasi Ini tidak hanya berfungsi meningkatkan produktivitas sebuah perusahaan tetapi juga dapat memangkas biaya. Jadi, tidak heran jika sistem ini menjadi jawaban terbaik bagi berbagai permasalahan logistik yang ada.

Mari kita simak lebih lanjut mengenai sistem manajemen ini dan berbagai informasi penting lain terkait dengan Transportation Management System dalam perusahaan.

Mengenal Transportation Management System (TMS)

Transportation Management System 

Transportation Management System adalah sebuah program berupa perangkat lunak (software) yang berguna untuk mengatur fungsi logistik dan kendaraan dari suatu perusahaan agar hasilnya efektif dan optimal.

Secara luas tujuan dari sistem ini antara lain untuk meningkatkan efisiensi pengiriman, mengurangi biaya, memperoleh visibilitas rantai pasokan secara real time serta memastikan kepuasan pelanggan.

Jadi, sistem manajemen transportasi ini paling baik digunakan oleh perusahaan yang melakukan pengiriman dan barang secara reguler.

Simak beberapa jenis perusahaan yang paling sesuai menggunakan platform ini sebagai berikut:

  • Industri kesehatan dan obat-obatan
  • Industri ritel, manufaktur dan otomotif
  • Perusahaan penyedia logistik
  • Restaurant dan layanan makanan
  • Organisasi keamanan, pemerintah
  • Perusahaan penerbangan dan lain sebagainya

Mengapa TMS Penting Untuk Perusahaan?

Mengapa TMS Penting Untuk Perusahaan?

Transportation management system penting karena membantu memaksimalkan proses transportasi perusahaan dengan cara memangkas biaya dan menaikkan tingkat efisiensi pada rantai pasokan mereka.

Dengan sistem ini sebuah perusahaan dapat melakukan berbagai kegiatan secara otomatis misalnya melakukan pelacakan pengiriman, memilih layanan pengiriman dan lainnya. Alhasil, mereka dapat menghemat waktu dan biaya untuk hasil terbaik.

Apalagi Transportation Management System di Indonesia ini memberi banyak data dan masukan yang bermanfaat bagi perusahaan. Alhasil, mereka dapat mengambil keputusan mengenai logistik dan transportasi dengan baik dan bijak.

Manfaat Transportation Management System

Jika Anda mempertanyakan apa kegunaan dari sistem manajemen transportasi maka ulasan berikut dapat menjadi jawaban bagi pertanyaan Anda tersebut:

1. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Manfaat Transportation Management System

Di era digital sekarang ini pelanggan menginginkan pengiriman barang yang mereka beli secepat kilat bisa sampai. Dengan menerapkan transportation and Logistics Transportation Management yang tepat maka Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai penyesuaian kapan saja.

Alhasil, pengiriman ke pelanggan lancar dan mereka puas. Di sisi lain perusahaan juga mendapat untung karena tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi membuat mereka menjadi pelanggan loyal.

2. Memudahkan Pelacakan Kiriman

Manfaat Transportation Management System 

TMS dapat membantu melacak pengiriman setiap saat sehingga dapat segera mengetahui ketika kargo mengalami keterlambatan pengiriman atau sudah tiba di tempat tujuan.

Dalam hal ini TMS menjadi penting karena perusahaan dapat segera melakukan tindakan antisipasi apabila terjadi kendala pada pengiriman.

3. Meningkatkan Produktivitas Gudang

Manfaat Transportation Management System

Manajemen sistem transportasi penting karena mempermudah perusahaan dalam mengatur seluruh operasi gudang termasuk mengelola line haul dan kargo.

Selain itu, sistem ini juga memperkecil kemungkinan terjadinya human error dalam pengolahan data di gudang. Alhasil, produktivitas dan efektivitas kinerja di gudang meningkat sementara biaya bisa ditekan.

4. Mengurangi Biaya Pengiriman

orklift dengan uang

Penggunaan Transport Management System yang tepat sangat penting karena dapat membantu menekan biaya pengiriman. Sistem akan mencari rute pengiriman terbaik sehingga dapat memangkas biaya konsumsi bahan bakar kendaraan.

Selain itu perusahaan tidak perlu membayar uang lembur kepada pengemudi karena jalur yang mereka lalui lebih cepat.

5. Meminimalisir Penggunaan Dokumen Fisik

Manfaat Transportation Management System

Penggunaan TMS dalam mengelola kargo dan transportasi secara digital pastinya membuat penggunakan dokumen fisik berkurang. Pasalnya segala kegiatan dilakukan secara digital dan otomatis sehingga mengurangi faktor kesalahan manusia.

Dengan proses serba digital dan otomatis tersebut maka pekerjaan dapat dilakukan secara lebih cepat dan tepat waktu. Alhasil, karyawan dapat beralih mengerjakan tugas penting lainnya.

6. Memperluas Wawasan Bisnis

 Manfaat Transportation Management System

Dengan kemampuan memonitor segala sesuatu secara real time maka pemilik perusahaan dapat memperoleh wawasan bermanfaat dalam proses pengiriman barang tersebut.

Alhasil, mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik dan bijak berdasarkan data yang ada. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan data yang ada untuk menganalisa rencana pengelolaan di kemudian hari.

7. Meningkatkan Kinerja dan Keselamatan Karyawan

Manfaat Transportation Management System

TMS dapat meningkatkan kinerja karyawan karena adanya pantauan dan informasi mengenai jam kerja pengemudi, pemakaian bahan bakar, perawatan unit kendaraan hingga data emisi kendaraan.

Hal ini tentu saja penting karena akan mengurangi jumlah karyawan yang mangkir kerja atau menilap biaya bahan bakar dan lainnya. Selain itu, perangkat lunak TMS juga dapat memantau perilaku pengendara misalnya berapa kecepatan kendaraan dan lama waktu mengendara.

Hal ini penting terutama untuk long haul transportation yang membutuhkan waktu dan jarak tempuh yang lama. Alhasil, atasan dapat mengatur agar setiap pengendara tidak melewati batas legal jam berkendara demi keamanan bersama.

8. Meningkatkan Efektivitas Rantai Pasokan

Manfaat Transportation Management System

Sistem manajemen yang tepat dapat meningkatkan efektivitas rantai pasokan karena adanya otomatisasi dan proses pengiriman yang optimal. Selain itu, sistem juga dapat memfasilitasi komunikasi antar mitra sehingga memungkinkan untuk memantau dan menjalankan operasi secara real time.

Pertimbangan Ketika Memilih Transportasi Management System

cara Memilih Transportasi Management System

Penggunaan TMS Transportation Management System yang tepat berpotensi memberi keuntungan besar bagi perusahaan pengiriman karena fitur-fitur yang tersedia. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih sistem ini agar dapat memaksimalkan fiturnya untuk keuntungan perusahaan.

Berikut beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih sebuah TMS:

1. Kenali Kebutuhan Bisnis Anda

Dengan mengenal kebutuhan usaha Anda baik masa kini maupun masa depan maka Anda dapat memilih sistem yang paling sesuai. Usahakan memilih sistem yang memungkinkan Anda untuk menambah maupun mengatur fungsionalitas untuk disesuaikan dengan kondisi perusahaan.

2. Integrasi

Pilih manajemen sistem transportasi yang mudah terintegrasi dengan sistem yang Anda gunakan sehingga dapat meningkatkan operasi logistik secara optimal

3. Mudah Digunakan

Sistem yang mudah penggunaannya perlu mendapat perhatian Anda karena akan mempermudah dalam penggunaan dan pengelolaan. Pastikan juga untuk memilih sistem yang mudah Anda sesuaikan dengan kebutuhan agar produktivitas dan efektivitas meningkat. Alhasil, pendapatan perusahaan semakin meningkat.

4. Layanan Customer Service

Pastikan memilih penyedia transportation management system dengan layanan pelanggan yang sigap agar dapat segera mendapat bantuan ketika mengalami berbagai kendala.

5. Biaya

Dalam hal apapun biaya merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian karena harus menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Fitur dan fungsi serta ukuran dan kompleksitas perusahaan Anda berpengaruh terhadap sistem transportation management system yang Anda pilih.

 Penutup

TMS merupakan perangkat lunak yang penting bagi industri yang mengandalkan pengiriman dan transportasi. Sistem ini menawarkan banyak manfaat sehingga pada akhirnya membantu perusahaan mencapai efektivitas kerja dan peningkatan keuntungan.

Memilih Transportation Management System yang terbaik memang tidak mudah, namun dengan memperhatikan hal-hal penting seperti di atas akan sangat membantu. Untuk informasi dan layanan lebih lanjut, hubungi kami.

contact-us-donk