Wireless Tracking: Pengertian & Manfaatnya untuk Bisnis

Banyak orang yang ragu saat membeli alat pelacak posisi armada kendaraan. Misalnya, harus memilih mana yang cocok, GPS kabel atau wireless tracking. Artikel ini akan mengulas seputar perangkat nirkabel tersebut untuk menjadi fitur pelacak armada Anda.

Mengenal Wireless Tracking Device

Mengenal Wireless Tracking Device

Pelacak GPS adalah unit portabel yang memungkinkan Anda memantau dan melacak lokasi sebuah objek. Perangkat ini paling sering digunakan pada kendaraan sebagai sistem pelacakan mobil.

Meskipun alat tersebut serupa dengan sistem navigasi dalam mobil, terdapat beberapa perbedaan utama. Sistem navigasi menunjukkan lokasi pengemudi pada peta digital dan kemudian memberikan instruksi mengemudi untuk mencapai titik tertentu.

Di sisi lain, alat penelusuran ini memiliki fungsi GPS fleet management, yaitu untuk pengelolaan armada, pelacakan lokasi saat ini, dan riwayat perjalanannya. Data tersebut kemudian dapat Anda akses pada gadget mulai dari laptop hingga ponsel.

Sementara itu, perangkat navigasi nirkabel menjadi semakin populer karena pemasangan yang relatif mudah. Alat ini tidak memiliki sambungan eksternal, sehingga tidak dapat memperoleh catu daya eksternal. Ini sebabnya, masa kerja penggunaan perangkat terbatas oleh satu daya internal.

Masa pakai baterai alat ini berdasarkan frekuensi penentuan posisi oleh pemiliknya. Maka, semakin tinggi frekuensi penentuan posisi, semakin pendek masa pakai baterai.

Oleh karena itu, jenis alat penelusur ini umumnya berjenis siaga sangat lama dan dapat Anda gunakan langsung selama 3-4 tahun tanpa penggantian baterai atau pengisian daya.

Fungsi GPS Wireless Tracking Device

Fungsi GPS Wireless Tracking Device

Fungsi dari alat navigasi didasarkan pada satelit. Kinerjanya bergantung pada waktu dan posisi satelit. Satelit mentransmisikan sinyal radio secara berkala membawa informasi berguna. Penerima harus memantau data dari beberapa satelit untuk mengidentifikasi lokasi yang tepat.

Informasi ini tersimpan di server khusus dan Anda dapat mengakses informasi ini sesuai dengan kebutuhan.

Fitur terbaik dari alat ini adalah Anda tidak perlu menyambungkan kabel di armada seperti alat lainnya, sehingga mengurangi kerumitan pemasangan. Dalam keadaan normal, jika Anda tidak memerlukan sambungan, ada banyak tempat untuk menempatkan peranti ini.

Peranti ini biasanya hadir dengan fungsi magnet yang kuat. Kebanyakan pelacak GPS dengan sambungan tidak mudah Anda sembunyikan karena terhubung ke antarmuka armada.

Sedangkan peranti tanpa sambungan memiliki magnet kuat, anti deteksi, berukuran kecil, mudah Anda sembunyikan, dan tidak mudah ditemukan orang lain.

Baca juga GPS Live Location Tracker, Lacak Lokasi secara Realtime

Kelebihan GPS Wireless Tracking

Kelebihan Wireless Tracking

Karena tidak ada kabel, maka pemasangan peranti ini tidak harus berdasarkan pada batasan tata letak kendaraan. Namun Anda dapat meletakkan di posisi mana pun dengan bantuan magnet yang kuat.

Pemasangannya dapat dilakukan secara gratis. Anda bahkan bisa memasangnya sendiri, dengan posisi sesuai selera Anda. Yang terpenting, Anda dapat menempatkannya dengan tetap mempertimbangkan kekuatan sinyal.

Nah, berikut adalah beberapa kelebihan dari penggunaan peranti ini :

1. Tidak Menggunakan Bantuan Mekanik

Saat Anda membeli peranti ini, Anda tidak perlu mencari mekanik untuk pemasangannya. Karena tidak ada sambungan, sehingga Anda tidak perlu mencari mekanik untuk pemasangannya. Anda dapat memasangnya di seluruh bagian armada di mana pun Anda suka.

2. Mudah Anda Sembunyikan

Sebagai peranti portabel, maka Anda dapat menyembunyikannya, bahkan di tempat yang sempit sehingga tidak terlihat oleh siapa pun. Anda dapat menyembunyikannya di mana pun Anda mau.

3. Bisa untuk Melacak Apa Saja

Berbeda dengan peranti pelacak dengan sambungan, Anda dapat menelusuri barang apa pun, seperti perhiasan hingga tas. Anda bahkan dapat melacak keberadaan orang dengan bantuan perangkat ini.

Sementara pada peranti yang menggunakan kabel, Anda tidak dapat melacak apa pun kecuali kendaraan Anda seperti mobil atau sepeda motor.

4. Keamanan Ganda

Bagi pemilik armada, sangat penting untuk melakukan pengiriman ke klien tepat waktu. Untuk itu, mereka menggunakan alat navigasi sebagai peranti untuk pemantauan. Hanya saja, fungsi tersebut sangat terbatas karena ada sambungan yang menyulitkan fleksibilitasnya.

Sementara itu, pada perangkat tanpa sambungan, Anda bisa menggunakan untuk banyak hal. Tidak terbatas pada kendaraan saja, namun juga untuk objek aset berharga Anda. Alat ini jelas bisa memberikan proteksi ganda.

Kekurangan GPS Wireless Tracking

Kekurangan GPS Wireless Tracking

Ketimbang peranti dengan sambungan, fungsi navigasi nirkabel relatif sederhana. Informasi posisi yang muncul oleh alat ini adalah informasi posisi dari penentuan posisi sebelumnya. Artinya, berbeda dengan GPS live location tracker, bukan informasi lokasi real time yang disajikan alat ini.

Selain itu, sinyal perangkat ini juga sedikit lebih buruk. Karena tidak ada sambungan pada armada, beberapa perubahan kondisi tidak dapat Anda deteksi, dan ketepatan waktu juga buruk.

Berikut adalah kekurangan lainnya :

1. Tidak Ada Peringatan

Jika Anda memasang alat nirkabel di sepeda atau mobil, perangkat tersebut tidak akan memberikan peringatan secara langsung bahkan ketika seseorang mencoba mencuri kendaraan Anda. Peringatan juga akan muncul ketika Anda keluar jalur, seperti halnya fitur geofence GPS.

Memang, alat ini memberi Anda peringatan, tetapi hanya setelah pencuri menempuh jarak tertentu, yang tidak dapat membantu pengguna lebih banyak.

2. Pengisian Daya Reguler

Untuk wireless GPS car tracker, Anda harus mengisi daya pada alat Anda pada periode waktu tertentu. Setelah itu, Anda baru bisa menggunakannya setiap hari. Oleh karena itu, Anda harus mengeluarkannya dari armada atau aset Anda secara teratur untuk mengisi daya, yang dapat sedikit merepotkan Anda.

3. Ukuran Lebih Besar

Peranti yang menggunakan sambungan umumnya memiliki berat sekitar 26 gram, sehingga mudah dan ringkas untuk Anda pasang di bagian mana saja. Namun untuk alat tanpa sambungan, umumnya memiliki bobot lebih besar hingga 250 gram.

Alat ini bisa Anda gunakan untuk beberapa kebutuhan seperti kendaraan sewa, mobil pribadi, pelacakan dan investigasi, logistik, transportasi umum, kargo dan industri lainnya.

Perbedaan Wireless GPS Device dan GPS Kabel

Perbedaan Wireless GPS Device dan GPS Kabel

Perbedaan terbatas antara kedua peranti ini adalah ada pada jalur. Alat navigasi dengan sambungan harus terhubung dengan daya mobil agar dapat Anda operasikan.

Sedangkan alat pemantau tanpa sambungan memiliki kelebihan berupa pemasangan yang fleksibel. Anda hanya perlu menempelkan ke medan yang dapat menempel dengan magnet.

Peranti dengan sambungan terhubung dengan daya mobil sehingga akurasinya lebih tinggi. Tanpa adanya baterai internal, membuat ukurannya lebih kecil dan membuatnya tidak memakan banyak ruang. Hanya saja, kurang fleksibel karena mengandalkan daya dari armada lewat sambungan listrik.

Jika Anda tidak mempertimbangkan masalah baterai, peranti dengan sambungan mungkin akan menjadi pilihan anda. Namun, jika Anda ingin lebih fleksibel, maka peranti tanpa sambungan adalah jawabannya.

Dalam beberapa jenis armada dan skenario tertentu, Anda harus memilih peranti navigasi yang sesuai. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan dua opsi sekaligus, sehingga memberikan perlindungan ganda. Sebab, keduanya memiliki fitur dan keunggulan yang saling berkesinambungan.

Nah, itulah pembahasan seputar wireless tracking untuk Anda ketahui. Apakah Anda berniat menjadikan peranti ini sebagai bagian sistem pelacak armada Anda? Jika iya, Anda bisa mendapatkan produk terbaik lewat situs GPSKU yang menyediakan beragam produk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Copyright © 2008 - 2024 All Right And Reserved GPSKU GPS Tracker | PT.GPSKU Karya Indonesia